(Tugas) Konsep Desain New Media

(Tugas) Konsep Desain New Media - Kembali ke tugas. Kali ini saya akan melanjutkan membahas tentang New Media (Tugas-1, Tugas-2, Tugas-3), yaitu Konsep Desain New Media. 

Konsep merupakan suatu gagasan atau pemikiran atas sesuatu hal yang bertujuan untuk merancang sebuah platform yang memungkinkan partisipasi interaktif informasi dengan pengguna. Konsep umumnya adalah untuk merancang sebuah platform yang memungkinkan partisipasi interaktif informasi dengan pengguna.

Desain new media sendiri merupakan penciptaan informasi dan  teknologi komputerisasi, jaringan data digital, teknik komputer dan lainnya yang terlibat implementasi terhadap new media. Segala bentuk apapun yang mampu dimanipulasi, jaringan atau di kompresi dianggap seperti new media.

Tahapan-tahapan dalam pengembangan aplikasi New Media antara lain : 
  1. Konsepsi
    Pada tahap ini gambaran mengenai aplikasi yang akan dibuat dibentuk. Gambaran harus dapat menjelaskan poin-poin inti dari aplikasi yang akan dibuat secara umum.
  2. Analisa
    Pada tahap ini konsep yang dibuat dianalisa secara pemrograman untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk mengembangkan konsep menjadi suatu aplikasi serta alur proses pada aplikasi secara jelas.
  3. Simulasi
    Pada tahap ini disimulasikan proses-proses yang akan terjadi pada aplikasi yang akan dibuat. Proses-proses yang disimulasikan melingkupi :
    a. Alur suatu proses dalam berbagai macam kondisi
    b. Keluaran yang diharapkan dari setiap proses
    c. Error-error yang mungkin terjadi
    d. Proses-proses yang bersifat kritis dan sensitif
  4. Algoritma
    Pada tahap ini dibuat algoritma pemrograman yang dapat menerangkan proses-proses secara programatik. Algoritma yang dibuat harus sejalan dengan simulasi yang telah dilakukan.
  5. Konstruksi
    Pada tahap ini seluruh algoritma yang dibuat diimplementasikan pada level pemrograman. Di sini dibuat produk dari konsep yang dibuat sebelumnya.
  6. Evaluasi
    Pada tahap ini dicek secara keseluruhan aplikasi yang telah dibuat. Program harus berjalan sesuai dengan yang telah dicanangkan. Apabila ada kesalahan maka harus dicari tahu di bagian mana kesalahan tersebut terjadi dan ulangi kembali pengembangan aplikasi dari tahap tersebut.
 Lalu untuk proses pengembangan aplikasi New Media antara lain :
  1. Fase requirement atau penelusuran kebutuhan
    Pada fase ini kita mencari tau apa yang dibutuhkan, tujuan dari suatu proyek pengembangan aplikasi, dan hasil yang diinginkan.
  2. Fase Analisa
    Pada tahapan ini kita akan memutuskan seperti apa aplikasi yang ingin dibuat, feature yang diperlukan, masalah yang kemungkinan kita hadapi, apa saja yang kita perlukan dalam proses pengembangan, dsb.
  3. Fase Perancangan
    Pada tahapan ini kita akan membuat rencana atau rancangan mengenai aplikasi yang akan dibuat berdasarkan hasil analisa sebelumnya.
  4. Fase Pengembangan
    Tahapan implementasi hasil dari analisa dan perancangan. Pada tahapan ini kita akan menulis kode program sesuai yang telah direncanakan sebelumnya pada fase perancangan. Pada tahapan ini juga dilakukan pengujian terhadap suatu fungsi apakah telah berjalan sesuai yang diinginkan.
  5. Fase Instalasi
    Setelah memastikan bahwa semua fungsi telah berjalan baik dan telah memenuhi kriteria yang diinginkan pada fase requirement maka aplikasi akan di setup pada server atau komputer yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi.

-----------------------------------------------------------------------

Sumber :
- http://andrianime.blogspot.com/2013/11/konsep-new-media-proses-dan-tahapan.html
- http://anes73.blogspot.com/2012/01/konsep-desain-new-media.html
- http://inibukan-blog.blogspot.com/2012/01/konsep-desain-new-media-dan-konsep.html

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment