(Tugas) Konsep Konvergensi New Media - Lanjutan dari tugas tentang New Media sebelumnya (Tugas-1, Tugas-2). Kali ini saya akan menjelaskan tentang Konvergensi pada New Media.
Konvergensi media adalah penggabungan atau pengintegrasian media-media yang ada untuk digunakan dan diarahkan ke dalam satu titik tujuan. Konvergensi media biasanya merujuk pada perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan.
Konvergensi jaringan adalah koeksistensi efisien telepon, video dan
komunikasi data dalam satu jaringan. Penggunaan beberapa mode komunikasi
dalam jaringan tunggal menawarkan kenyamanan dan fleksibilitas bukan
tidak mungkin dengan prasarana yang terpisah.
Contoh yang mudah kita lihat adalah salah satu produknya, sebagai hasil perkembangan terkini pada teknologi mobile, Handphone yang dimiliki seseorang sekarang bisa melakukan fungsi kalkulator, juga bisa untuk menonton siaran TV, mendengarkan siaran radio, membaca surat kabar online, menerima dan mengirim e-mail, memotret, merekam suara, merekam gambar video, selain tentunya untuk menelepon dan mengirim SMS.
Contoh yang mudah kita lihat adalah salah satu produknya, sebagai hasil perkembangan terkini pada teknologi mobile, Handphone yang dimiliki seseorang sekarang bisa melakukan fungsi kalkulator, juga bisa untuk menonton siaran TV, mendengarkan siaran radio, membaca surat kabar online, menerima dan mengirim e-mail, memotret, merekam suara, merekam gambar video, selain tentunya untuk menelepon dan mengirim SMS.
MANFAAT KONVERGENSI MEDIA
Manfaat konvergensi media tentu saja memudahkan khalayak dalam
mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak
membutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa
membuat pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang
sudah ada sebelumnya.
Contoh terbesar konvergensi perusahaan adalah merger tahun 2001, antara “media baru” AOL (American Online) dengan ”media lama” Time Warner. Pada saat itu, merger tersebut tampaknya merupakan ide yang baik. Hampir 60 persen rumah tangga Amerika memiliki komputer, dan setiap orang memiliki televisi.
Contoh terbesar konvergensi perusahaan adalah merger tahun 2001, antara “media baru” AOL (American Online) dengan ”media lama” Time Warner. Pada saat itu, merger tersebut tampaknya merupakan ide yang baik. Hampir 60 persen rumah tangga Amerika memiliki komputer, dan setiap orang memiliki televisi.
Para pendukung konvergensi, yang sangat antusias, membayangkan masa
depan di mana setiap rumah tangga akan memiliki koneksi pita lebar
berkecepatan tinggi ke Internet, yang menyediakan TV interaktif, video
sesuai permintaan, majalah online, e-mail, dan jelajah Web (Web
surfing).
Time Warner menguasai konten, dengan deretan majalah, film, dan
program-program televisi yang dimilikinya. Sedangkan AOL memiliki
saluran ke lebih dari 20 juta tempat tinggal di Amerika. Namun, merger
itu kemudian menjadi bencana ketika harga saham perusahaan jatuh lebih
dari 60 persen dalam tahun-tahun berikutnya. Kerugiannya begitu besar,
sehingga ”AOL” secara resmi dihapus dari nama perusahaan pada 2003.
CONTOH TEKNOLOGI KONVERGENSI
1. Broadband
Broadband merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Broadband merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar.
Teknologi Internet broadband secara umum didefinisikan sebagai jaringan atau servis Internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang biasa dijanjikan oleh servis broadband adalah sampai sekitar 128 Kbps atau lebih. Teknologi ini dapat menggabungkan lebih dari satu channel ke dalam transmisi komunikasi. Teknologi yang tergolong dalam jenis ini diantaranya adalah sinyal televisi, televisi kabel, satelit, SONET, dan lain-lain. Broadband dapat dikatakan koneksi yang cukup ekonomis, karena dengan membayar biaya yang relatif murah, kita bisa mendapatkan koneksi Internet yang cukup. Namun kecepatannya tidak terjamin ketika banyak pengguna sedang terkoneksi. Area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya. Area coverage belum bisa terlalu luas karena memang ada keterbatasan teknis.
2. Baseband
Baseband merupakan metode penggunaan media komunikasi dimana frekuensi yang dilewatkan pada carrier hanya satu buah untuk mentransmisikan data. Salah satu contoh pengguna metode baseband adalah ethernet.
3. Bandwidth
Bandwidth merupakan besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal (data center) mereka maupun ke eksternal (internet publik).
3. Bandwidth
Bandwidth merupakan besaran lalu lintas data yang diperbolehkan melalui website anda ke seluruh internet. Besaran bandwidth yang bisa disediakan perusahaan hosting ditentukan oleh koneksi jaringan mereka, baik yang melalui internal (data center) mereka maupun ke eksternal (internet publik).
4. Narrowband
Narrowband merupakan pita dengan saluran sempit. Dengan kemampuan kecil. Defenisi dari narrowband adalah saluran nirkabel, narrowbandmenunjukkan bahwa saluran yang digunakan cukup sempit dan respon frekuensi dapat dianggap datar. Narrowband juga dapat digunakan dengan audio spektrum untuk menggambarkan suara yang menempati rentang frekuensi yang cukup sempit.Dalam telepon , narrowband biasanya dianggap untuk menutup frekuensi 300-3400 Hz.Biasanya Narrowband mengacu pada situasi di komunikasi radio dimana bandwidth pesan tidak signifikan melebihi saluran coherence bandwidth. Ini adalah kesalahpahaman umum jika narrowband mengacu ke saluran yang menempati hanya “kecil” jumlah ruang pada spektrum radio.
5. VPN
VPN merupakan sebuah koneksi virtual karena pada dasarnya jaringan ini tidak ada secara fisik hanya berupa jaringan virtual dan disebut private karena jaringan ini merupakan jaringan yang sifatnya private yang tidak semua orang bisa mengaksesnya. VPN Menghubungkan PC dengan jaringan public atau internet namun sifatnya private, karena bersifat private maka tidak semua orang bisa terkoneksi ke jaringan ini dan mengaksesnya. Kegunaan VPN adalah Anda dapat mengakses server tertentu melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya.
KONSEP JEJARING SOSIAL
Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang
memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna
yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung
dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini
menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari
identitas diri dan foto pengguna.
Beberapa jenis jejaring sosial yang terkenal saat ini adalah :
1. Facebook ( http://www.facebook.com )2. Twitter (www.twitter.com )
3. Kaskus ( http://www.kaskus.com )
4. Friendster ( http://www.friendster.com )
5. Kill Hannah Kollective ( http://www.killhannahkollective.org )
6. Yahoo Messenger ( http://www.messenger.yahoo.com )
7. Yahoo Koprol ( http://www.koprol.com )
8. Plurk ( http://www.plurk.com )
9. My Space ( http://www.myspace.com )
10. Flickr ( http://www.flickr.com )
Di Indonesia situs – situs jejaring sosial sangat cepat berkembang
karena kemajuan teknologi dan internet berkembang begitu cepat juga.
Jejaring sosial menjadi gaya hidup dan bahkan telah menjadi kebutuhan
sehari – hari. Bahkan ada yang menganggap jika tidak mempunyai akun
jejaring sosial akan dianggap ketinggalan zaman.
KONSEP PODCASTING
Istilah
“podcasting” pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben
Hammersley di surat kabar The Guardian pada Februari 2004, bersama
dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini.
“Podcast” merupakan lakuran kata “pod” — “playable on demand” (dimainkan
atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang Apple)
untuk merek pemutar media saku (portable media player) iPod — dan
“broadcasting” (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar
dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar media saku lain, isi
kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas
media. Penggunaan istilah “podcast” mendahului adanya dukungan asal
(native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak
Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah “iPod”,
beberapa orang memakai istilah “netcast” sebagai pengganti “podcast“,
seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte. Singkata balik
(backronym) telah diusulkan supaya “podcast” dapat diuraikan sebagai
“personal on demand broadcast” (penyiaran atas permintaan pribadi).
KONSEP RSS
Kita pasti sering mendengar kata atau istilah RSS. RSS biasanya sering
dilambangkan dengan icon seperti di samping. Apa itu RSS? RSS adalah
singkatan dari istilah yang merujuk pada beberapa protokol:
- Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
- Really Simple Syndication ( RSS 2.0 )
- RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 )
- Rich Text Summary ( 0.91 )
- Rich Text Summary ( 0.91 )
RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan konten
yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal
berita, dan lain-lain.
RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan
tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel
lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada hampir semua
situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran,
press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang
membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat
dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu
mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk
berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa beberapa
baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan
umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing
pengelola website tersebut.
---------------------------------------------------------
Sumber :
---------------------------------------------------------
Sumber :
- http://satiya-share.blogspot.com/2014/12/konsep-konvergensi-dari-new-media.html
- http://heriosusanto.blogspot.com/2012/11/konsep-teknologi-konvergensi-new-media.html
- http://jhens-fernando.blogspot.com/2012/10/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
0 komentar:
Post a Comment