(Review) Brave Story : New Traveler - PSP


(Review) Brave Story : New Traveler - PSP - Review lagi~ Bentar lagi masuk kuliah, dan bentar lagi juga bakal sibuk #gapenting. Oke sekarang saya akan me-review game yang akhir-akhir ini bikin saya kegirangan abis lawan superboss-nya, Brave Story : New Traveler. Seperti apakah game ini? Check it out~

- STORY (4/5)


Cerita dari game ini adalah tentang seorang bocah bernama Tatsuya yang sedang jalan-jalan (kencan?) dengan perempuan bernama Miki. Pada saat itu justru Tatsuya sibuk dengan PSP nya lol. Tiba-tiba Tatsuya melihat katak yang misterius, kemudian mengikutinya. Tak disangka, ternyata katak tersebut mengarahkan ke Miki yang sudah tergeletak tak berdaya di jalan. Sudah di rumah sakit, Tatsuya merasa menyesal dengan kejadian tersebut. Terdengarlah suara misterius yang mengatakan kalau Tatsuya dapat merubah takdirnya. Munculah pintu di depan Tatsuya yang mengawali perjalanannya ke dunia bernama Vision. Bagaimanakah perjalanan Tatsuya untuk menggapai keinginannya untuk mengembalikan keadaan Miki?

Kalau kamu sudah menonton Brave Story Movie sebelumnya, mungkin kamu ga akan terasa asing dengan plot cerita di New Traveler ini. Menarik karena kamu bisa bertemu dengan traveler di movie-nya seperti Wataru, Mitsuru, dan karakter lainnya yang ada di movie. Sepanjang perjalanan mungkin terasa agak datar, hanya saja di akhir cerita dan terutama endingnya benar-benar tidak diduga. Karena takut spoiler, jadi ga perlu dijelaskan. Pengenalan setiap karakter juga dijelaskan dengan cukup baik.

- GAMEPLAY (3/5)


Untuk gameplay, saya rasa tidak terlalu mencolok karena tetap menggunakan sistem RPG klasik. Sistem pertarungannya juga menggunakan turn-based klasik. Kalau kamu pernah main Suikoden series, pasti kamu tidak akan asing dengan sistem Unity attack pada game ini. Unity adalah serangan kombinasi antara Tatsuya dengan karakter lain yang kamu gunakan dalam party. Sangat berguna, terutama untuk musuh yang keroyokan. Beberapa skill Unity juga dapat menyebabkan status negatif dan penurunan stat yang sangat efektif untuk melawan boss yang sulit. Unity (dan skill-skill lainnya) menggunakan Brave Point atau BP (kalau di game lain biasanya MP). Item untuk memulihkan BP bisa dibilang sangat sulit didapat, tapi kamu tetap bisa mendapatkan BP lewat banyaknya damage yang kamu berikan pada musuh.


Kamu tetap bepetualang di world map, mengunjungi kota/desa atau dungeon, muncul random ecounter dengan musuh, mencari quest, sama seperti RPG pada umumnya. Ngomong-ngomong soal musuh, ada yang sedikit unik Musuh bisa berubah menjadi Crazed, atau bisa dibilang marah. Saat kondisi Crazed, ukuran fisik musuh akan menjadi lebih besar dan tentu lebih kuat. Kondisi tersebut tidak terjadi dengan sendirinya, tiap musuh punya syarat yang berbeda-beda untuk berubah menjadi Crazed. Kondisi ini bisa menguntungkan (EXP besar dan item langka), tapi juga bisa menyusahkan karena sangat kuat.

Seperti yang sudah saya jelaskan di bagian Story, kamu akan bertemu dengan hampir semua karakter yang ada di Movie, dan juga memasukkan mereka kedalam party untuk bertarung! Walau cuma sementara lol. Tapi juga jangan khawatir, kalau kamu sudah menamatkan game dan me-load save data yang sudah tamat tadi, akan adda fitur bernama (Lupa) yang bisa menggunakan karakter yang harusnya sementara menjadi permanen, itu berarti bisa kamu gunakan kapanpun!


Satu lagi yang menarik, mini-game. Mini-game disini adalah menangkap Goalfinch, burung semacam anak ayam. Kamu bisa menangkapnya di berbagai dungeon yang tersebar di seluruh Vision. Tidak hanya menangkap, kamu juga bisa mengadu Goalfinch hasil tangkapanmu dengan beberapa NPC di seluruh Vision atau dengan teman kamu yang juga bermain Brave Story lewat koneksi Ad-hoc. Tentunya jika kamu menang, kamu akan mendapat reward berupa Goalfinch feather yang bisa ditukaran dengan item/equip lewat NPC penukaran feather di beberapa kota. Goalfinch memiliki warna yang bervariasi, dan warna tersebut mewakili kemampuan goalfinch itu sendiri.

- GRAFIK (4/5)


Ini yang menarik dan agak ga biasa, karena game yang size datanya tidak lebih besar dari 200 MB ini bisa menampilkan grafik 3D yang menarik dan dinamis. Sangat terlihat saat battle, sudut pandang kamera yang sangat dinamis, efek-efek memukau saat menyerang, dan lainnya. Walau desain UI nya tidak terlalu menarik,

- MUSIC (2/5)

Musiknya terlalu kalem, kecuali buat Battle BGM nya (baik yang normal maupun boss battle). Kesannya datar, rada bikin ngantuk lol Dan satu yang berkesan, lagu OP nya ngingetin sama salah satu BGM di Pirate of Carribean lol Ga tau kenapa... Bagusnya lagi, dub-nya pun bisa diganti jadi English maupun Japanese.

- REPLAY VALUE (4/5)

Brave Story New Traveler cuma punya satu ending, tapi masih banyak yang bisa kamu lakukan setelah menamatkan game ini. Dungeon baru, dua Superboss yang cukup menantang, equipment yang cuma bisa didapat setelah tamat, dan mungkin kamu ingin melengkapi bestiary atau quest. Menarik untuk diteruskan, tapi sepertinya agak ngebosenin kalau untuk dimainkan berulang-ulang.

- OVERALL (3/5)


Kesan pertama saya yang pasti adalah ngagetin. Sudah saya jelaskan di bagian grafik, dengan size yang bisa dibilang dibawah rata-rata game RPG di PSP pada umumnya masih tetap memberikan pengalaman grafik yang bagus. Playtime-nya pun juga lumayan lama (saya menamatkan game ini sekitar 30 jam lebih). Secara keseluruhan, standar sih, ga terlalu spesial, cuma kalo yang biasa dengan sistem RPG klasik, game ini cukup worth kok. Tidak masalah kamu lebih dulu menonton movie-nya atau memainkan game-nya, karena timeline-nya pun sebenarnya sama, dan bahkan saling berkaitan. Movie-nya epic kok, jadi inget kualitas film-film Ghibli :D.

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar: