(Tips & Trick) All-in-One Final Fantasy Type-0


(Tips & Trick) All-in-One Final Fantasy Type-0 - Sekian lama hiatus, akhirnya ada niat lagi buat nulis. Sekarang saya mau bagi-bagi tips (lagi), dan kali ini soal Final Fantasy Type-0. Karena akhir-akhir ini lagi hype banget berkat rilisnya English Patch buat game yang satu ini, jadi saya mau sekedar sharing apapun yang saya tahu, terutama untuk tips & trick. Apa saja yang akan saya share, check it out~

Update Log : 
05072014 - Tips, Character Review, Trick (Leveling Guide, Final Dungeon Guide)
06072014 - Trick (Bethnel's Grotto Treasure List)
08072014 - Trick (Phantoma Farming Guide, tambah beberapa gambar)
10072014 - Tips (Queen Janus Glasses)
11072014 - Trick (Tower of Agito Guide)
12072014 - Trick (Tower of Agito Guide [FINISHED], 99.999.999 Gil Trick)
24072014 - Trick (Orience Map Guide)
09122014 - Trick (1st Class Mog Quest)
26122014 - Trick (8-arms Gilgamesh Location)

---------------------------------------------------------------------------------
- INDEX -
(Gunakan Ctrl - F, masukan kode untuk pencarian cepat)

1. Tips (x01)
2. Character Review (x02)
3. Trick (x03)
3. [Trick] Leveling Guide (x03a)
4. [Trick] Final Dungeon Guide (x03b)
5. [Trick] Bethnel's Grotto Treasure List (x03c)
6. [Trick] Phantoma Farming Guide (x03d) 
7. [Trick] Tower of Agito Guide (x03e) 
8. [Trick] 99.999.999 Gil Trick (x03f) 
 9. [Trick] Orience Map Guide (x03g)
10. [Trick] 1st Class Mog Quest (x03h)
11. [Trick] 8-arms Gilgamesh Location (x03i)
---------------------------------------------------------------------------------

- TIPS (x01) -

1. Utamakan untuk leveling 1-3 karakter yang kamu suka/sering kamu pakai. Biarkan satu karakter overlevel dari yang lain. Tapi lebih bagus lagi kalau semuanya seimbang hahaha. Jujur aja, AI di Type-0 ga terlalu pinter :v

2. Manfaatkan item buff sebaik mungkin, terutama buat kamu yang nekat jalanin misi dengan level gap yang lumayan jauh (salah satunya saat combat exercise). Itu juga sekaligus membiasakan pindah-pindah menu dengan cepat haha.

3. Maksimalkan penggunaan magic RF, karena mungkin magic jenis RF jauh lebih hemat MP dibanding jenis lain (Fire RF yang saya punya cuma menggunakan 5 MP :v ). Akan jadi magic yang paling berguna + sering digunakan di misi apapun.

4. Sering-sering leveling. Wajib~ Apalagi kalau sudah punya Growth Egg. Untuk guide leveling bisa dilihat dibawah.

5. Siap sedia Potion sebanyak mungkin. Dibanding item healing yang lain (Hi-Potion, X-Potion, Elixir, dll), entah kenapa lebih efektif ini. Murah~

6. Jika ingin menggunakan summon, ada baiknya kalau yang men-summon itu Rem (Don't Die) atau King (Avoid Death). Karena dua karakter itu punya ability reraise, jadi ga perlu mengorbankan karakter satupun.

7. Manfaatkan juga Break-sight dan Kill-sight, karena benar-benar amat sangat super duper berguna (?).

8. Di 2nd Playthrough, akan ada request yang reward-nya "Janus Glasses", ACC esklusif buat Queen. Kalo diliat di deskripsinya sih cuma nangkal efek debuff tertentu. Cuma, coba pakai pas battle, biarkan Queen mati, dan... She'll gonna be psycho-Queen. Makin kuat, makin cepat, cara memegang pedangnya berbeda, dan ketawa psycho-nya itu epic :D.

- CHARACTER REVIEW (x02) -


Note : Semua yang saya tulis ini adalah IMO (In My Opinion). Mungkin pendapat kalian berbeda haha.

1. Ace
Karakter long-range dengan sedikit short-range lol. Well, saya sendiri agak kurang nyaman sih pake Ace, Serangan long-range nya kurang efektif untuk ngincer kill-sight. Cuma serangan short-range nya (yang muter-muter pake kartu banyak) itu sakit haha. Paling enak kalo dipake buat dodge lol.

2. Deuce
Lebih ke karakter support, karena punya ability buff yang bagus-bagus. Mungkin bagi yang awam, Deuce susah banget buat dipake karena ga terlalu enak buat nyerang musuh. Cuma kalo udah biasa dan jago main short-range, she's the strongest woman in this game IMO. Serangannya area (dan cukup luas) dan damage-nya (klo ga salah) mengabaikan defense musuh, berasa banget pas lawan Golem yang defense-nya batu banget, jadi lemes banget sama serangan Deuce lol.

3. Trey
Long-range powerhouse. Mungkin dia karakter long-range yang paling gede untuk masalah damage. Paling enak buat nyerang kill-sight musuh, karena panahnya emang cepet nyampe ke musuh. Skill Charge-nya yang bikin damage serangan Trey gede. Cuma ga disaranin buat lawan musuh yang gerakannya cepet.

4. Cater
Karakter long-range paling lincah, dan larinya mungkin paling cepet dari karakter lain. Serangannya juga cepet. Menggunakan Magic Pistol, jadi ability-nya kebanyakan seperti pengganti magic. Cater juga punya ability Charge juga, sama kayak Trey. Punya ability semacam magic elemen RF kecil, tapi ngasih efek debuff ke musuh, dan sejauh ini debuff-nya pasti kena 100% (untuk musuh normal). Cuma kalo lagi nyerang, dia harus diem dulu, jadi kayaknya kurang cocok buat lawan musuh yang keroyokan haha.

5. Cinque
Karakter yang lebih mengutamakan power dari segalanya lol. Kalo nyerang berat banget, bener-bener ga cocok buat ngincer kill-sight. Cuma kelebihannya selain yang pasti damage-nya gede, serangannya juga ga bisa diganggu sama sekali. Ga bakal mental biar dihajar sama musuh gede sekalipun. Jadi ga perlu khawatir combonya gagal karena mental diserang musuh. Dan yang paling spesial, Cinque punya kemungkinan ngasih Stun ke musuh paling besar dibanding ability chara lain, dan otomatis jadi gampang ngincer break/kill sight. Mungkin bagusnya dikasih aksesoris penambah defense dan HP.

6. Sice
Mungkin salah satu karakter yang punya kekuatan unik dari yang lain. Menyesuaikan dengan senjatanya yang mirip senjata dewa kematian, kekuatan spesialnya adalah menggunakan nyawa musuh untuk melakukan ability khusus miliknya. Ditaindai dengan aura merah di senjatanya. Semakin merah maka semakin kuat. Skill-nya bagus-bagus, banyak yang bisa absorb HP. Serangan kombonya non-stop, alias ga berujung lol. Suka banget sama ability Dark Zone. Damage gede, serangan area, absorb HP pula.

7. Seven
Karakter mid-range, bisa deket dan jauh. Serangan kombonya bagus + area dengan jangkauan yang bisa dibilang paling jauh dari karakter short-range lain, dan gerakan akrobatiknya juga menarik buat diliat lol. Salah satu karakter yang pake short pants ketimbang underwear lol.

8. Eight
Yap, my very favorite character ever~ The Critical Crusher, karakter paling jago soal critical damage, dan mungkin cuma satu-satunya yang punya chance kritikal diatas 80% (dengan menyerang dari belakang). Cuma mengandalkan tangan kosong. Kombo biasanya sih biasa aja, tapi ability-nya yang bikin imba. Semua serangannya bisa divariasikan dengan ability yang berbeda. Dia juga karakter paling lincah untuk short-range dan enak buat ngincer kill-sight. Ability Phantom Rush-nya bisa ngedodge 100% serangan dengan konsumsi OG yang sedikit.

9. Nine
Well, mungkin karakter yang bisa dibilang standar. Kelebihannya yang baru saya dapet sih paling kombonya yang enak banget buat nyerang musuh, area pula. Tipikal karakter FF yang pake tombak, pasti punya skill Jump lol. Bisa merangkap jadi long-range juga kalo udah punya ability Throw Spear.  

10. Jack
Sama seperti Cinque, dia juga salah satu damage powerhouse. Kelebihannya, serangannya paling cepet dari semua karakter (bukan kombo yak), dan paling mudah dapetin critical damage. Kelemahannya, saking cepet serangannya justru ga bisa lari pas mode berantem. Jadi kalo mau ngejar musuh ya mesti main dodge atau switch ke mode biasa.

11. Queen
Penyerang merangkap Mage. Serangannya bagus buat one-by-one, dan punya skill Dash yang bisa nyamperin musuh dalam kedipan mata. Stats magic-nya juga rata-rata bagus, dan juga bisa jadi karakter support, tapi ga sehebat Deuce. Kalau udah dapet Janus Glasses, well... Sudah dijelaskan di bagian Tips diatas.

12. King
Salah satu karakter favorit saya. Bagus karena long-range, dan fleksibel alias bisa nembak sambil jalan-jalan. Cuma ya ada keterbatasan peluru ga kayak Cater, jadi kalo abis ya mesti reload dulu. Serangan biasanya mungkin paling rendah dibanding karakter long-range lain, tapi paling enak buat ngincer kill-sight, walaupun kecepatan pelurunya ga secepat anak panahnya Trey.

13. Rem
She's pure wizard, dibekali dengan kapasitas MP yang ga wajar dibanding karakter lainnya. Bisa dibilang 5 kali lipat dari karakter lain. Gerakannya juga lincah. Punya skill yang bisa dibilang berguna, skill Don't Die yang ngasih efek reraise untuk seluruh party walaupun cuma untuk beberapa detik. Salah satu penyebab kenapa Rem cocok jadi Summoner juga lol. 

14. Machina
Well, karakter yang satu ini saya belum nemu kelebihannya apa. Kombonya cepet, dapet critical damage-nya juga mudah. Kelebihannya mungkin ada di ability-nya, salah satunya Assault Mode yang bikin Machina berserk, serangannya jadi cepet banget kayak pake Haste dan damage-nya pun juga gede, cuma lamanya mode ini bergantung sama banyaknya OG yang kamu punya.
  

- TRICK (x03) -

- LEVELING GUIDE (x03a)

Ga wajib sih, tapi akan lebih cepat jika punya Growth Egg, atau bahkan Mog's Amulet kalau punya. Beberapa cara untuk mendapat Growth Egg :
  
1. Main demo-nya, kemudian New Game di versi full-nya menggunakan save data demo. Otomatis akan langsung mendapat 1 Growth Egg.

2. Tunggu sampai playtime kamu 50 jam, kemudian bicara dengan Moggle dekat pintu Perystilium (Yang ada air mancurnya).  

3. Selesaikan request dari perempuan yang ada di kota Bazz (Bisa diakses di chapter 6-7 lewat combat exercise). Request ini akan muncul lagi di playthrough berikutnya.

4.  Di Tower of Agito lantai 4, ambil di treasure chest.

Rekomendasi tempat-tempat leveling :

1. Corsi Cave - Rubrum Region (Level 15-25)
Musuh : Lesser Coerl
Tempat yang paling bagus untuk awal-awal leveling. Level musuh rata-rata 21.

2. Northern Corridor - North Togoreth Region (Level 25-40 keatas)
Musuh : Bomb, Flan
Tempat leveling paling ampuh dari tempat lain IMO. Musuhnya ga terlalu susah, rata-rata level 31. Tanpa Growth Egg, sekali masuk bisa dapet sekitar 25k EXP :v Kalau ditambah Growth Egg, hitung aja sendiri .

3. Yezzel District Field (Level 40 keatas)
Musuh : Dual Horn
Alternatif selain Northern Corridor. Di sekitar kota Yezzel. Cuma kekurangannya kalo leveling di field, nunggu ecounternya rada males haha.

4. Arena - Mock Combat - Suzaku Perystilium ( Semua level)
Musuh : Imperial Soldier, Enchanced Soldier
Kalau mau leveling solo, arena justru lebih cepet (Kalau ada Growth Egg :v). Gunakan 2 Growth Egg biar lebih cepet. Berdasarkan percobaan saya (menggunakan 2 Growth Egg), 1 level kurang lebih butuh 7 menit.

5. Bethnel's Grotto - Meroe Region (Level 50 keatas)
Musuh : Behemoth, King Behemoth
Rekomendasi bagus buat solo leveling. Dan bagusnya lagi, bisa sekalian buat farming cari equip-equip bagus, terutama senjata. Rekomendasi, satu karakter harus ada yang level 55 keatas biar ga terlalu keteteran.

6. [Mission] Magic Armor Destruction Order (Level 50 keatas)
Musuh : Flame Flan
Belum coba sendiri sih, dapet trik ini dari internet. Bisa dibilang ini auto-leveling, karena bisa ditinggal pergi lol. Yang pasti caranya : Wajib ada Deuce (penyerang utama) dan Rem (ability nge-restore MP + Magic Cure), satunya lagi terserah mau siapa. Pas di tempat yang banyak Flan-nya, gunakan Deuce. Tahan tombol attack pake selotip atau apapun atau pake plugin Macrofire biar kepencet terus. Tinggal deh~

7. [Mission] The Battle of the Grotto (Level 40 keatas)
Musuh : Imperial Soldier, Enchanced Soldier, Flame Flan
Misi di Rokol Grotto (Iscah Region). Bisa dibilang gampang, tapi kalo level pas-pasan juga harus hati-hati. Terutama kalo udah lawan Flan. Gunakan Blizzard atau manfaatkan Break/Kill Sight.

8. Genbu Cravesse - Ruin of Lorican (Level 72 keatas)
Musuh : Buer, Deuceratops, Vertigo
Enak buat solo-leveling buat yang levelnya udah gede. Dungeonnya juga singkat. Recommended banget yang mau mentokin levelnya ke 99. Sekali masuk (dengan 2 Growth Egg) bisa dapet kurang lebih 120 ribu EXP. 

9. Berith Desert (Level 50 keatas)
Musuh : Sandworm, Landworm
Mungkin salah satu tempat yang ngasih EXP banyak dengan 2 Growth Egg (sekitar 150 ribu EXP), tapi kalau dapet engage 5x dalam satu ecounter lol. Ingat, bukan lawan yang gede (jalan-jalan di dalem tanah di world map), tapi lewat ecounter. 

*Bakal ditambah lagi nanti*

- FINAL DUNGEON GUIDE (x03b)

Untuk guide di Final Dungeon, bisa dilihat di post saya sebelumnya disini : Klik

- BETHNEL'S GROTTO TREASURE LIST (x03c)


Saya buat ini karena hafal sih, keseringan leveling di tempat ini lol. Tempat ini cocok banget buat yang mau cari ACC magic bagus + Senjata yang lebih bagus dari senjata yang dijual di seluruh kota (tapi bukan yang terbagus). 

Yang belum tau atau lupa, Bethnel's Grotto ada di samping Kota Meroe di Meroe Region.

Note : Semua item dibawah didapatkan secara random dari Treasure Chest.

Senjata :
(Ace) Card : ATK+3
(Ace) Master's Cards : ATK+48
(Deuce) Flute : ATK+3
(Deuce) Thunder Flute : ATK+46, Thunder MAG+15
(Trey) Long Bow : ATK+3
(Trey) Rune Bow : ATK+47, MP+30%
(Cater) Magic Gun : ATK+3
(Cater) Missing Score : ATK+52
(Cinque) Mace : ATK+3
(Cinque) Thunder Mace : ATK+54, efek "Shock"
(Sice) Scythe : ATK+3
(Sice) Persephoene's Scythe : ATK+48, efek "Death"
(Seven) Whip : ATK+3
(Seven) Thunder Lash : ATK+48, efek "Shock"
(Eight) Knuckle : ATK+3
(Eight) Godhand : ATK+53
(Nine) Lance : ATK+3
(Nine) Thunder Spear : ATK+42
(Jack) Tachi : ATK+3
(Jack) Furinkazan : ATK+53
(Queen) Long Sword : ATK+3
(Queen) Thunder Saber : ATK+52, Thunder MAG+20
(King) Handguns : ATK+3
(King) HI-Blow STs : ATK+47
(Machina) Bolt Rapier : ATK+3
(Machina) Icebrands : ATK+50, Ice MAG+30
(Rem) Daggers : ATK+3
(Rem) Thunder Dagger : ATK+46, Thunder MAG+20

ACC (Magic) :
Crystal Ball : MP+30%, All MAG +10
Circlet : MP+40%, All MAG +15
Platinum Gauntlet : DEF+35
Suzaku Army Cap : All MAG +12
Red Cap : All MAG +18
Red Beret  All MAG +26
Magic Mitre : All MAG +38

ACC (Status Resistance) :
Star Pendant : Anti Poison
White Cape : Anti Silence
Hermes Shoes : Anti Stop

ACC (Weather) *Untuk menghilangkan cuaca-cuaca aneh di field* :
Blizzard Mask : Menghilangkan efek cuaca "Snowstorm"
Desert Mask : Menghilangkan efek cuaca "Sandstorm"
Heat Mask : Menghilangkan efek cuaca "Heatwave"
Storm Mask : Menghilangkan efek cuaca "Heavy Rain"
Snow Goggles : Menghilangkan efek cuaca "Snow"
Mist Mask : Menghilangkan efek cuaca "Fog"

Item :
Elixir : Heal semua HP dan MP
Reagan Greens : Pakan Chocobo


- PHANTOMA FARMING GUIDE (x03d)

Note : CMIIW, karena ini hasil percobaan sendiri.

Berawal dari kesulitan saya pas nyari phantoma kuning (thunder), dan susah banget dapetnya, akhirnya saya sadar akan beberapa hal terutama cara mendapatkan phantoma dengan warna sesuai yang kita cari.

Saya kelompokkan dulu jenis Phantoma sesuai warna :
Merah : Fire
Biru : Blizzard
Kuning : Thunder
Hijau : Support
Putih : Netral
Ungu : Multi-elemen
Ada beberapa yang mempengaruhi phantoma yang didapat :
1. Elemen musuh itu sendiri
2. Lingkungan dimana kita ketemu musuh
3. Serangan yang kita gunakan ke musuh (terutama magic)
Kita ambil contoh, Bomb. Sudah jelas Bomb punya elemen api. Berarti kalau ngalahin dia normal bakal dapet phantoma merah. Tapi ada cara buat dapetin phantoma sesuai keinginan kita. Serang aja pake magic yang elemennya sesuai dengan warna phantoma yang kamu cari. Misal pakai Thunder RF, maka akan muncul chance untuk dapat phantoma kuning, mungkin sekitar 30-50%.

Contoh lagi, Imperial Soldier. Dia ga punya elemen, jadi pasti lebih sering dapet phantoma putih. Tapi sesuai yang saya sebutkan diatas, lingkungan juga berpengaruh. Misal kamu lawan Imperial Soldier di Yezzel District yang lingkungannya salju semua, maka bakal ada chance buat dapetin phantoma biru. Tapi bisa diakalin juga sama kayak Bomb diatas, cukup pakai magic dengan elemen yang sesuai dengan phantoma yang dicari.

PENGECUALIAN untuk warna ungu dan hijau. Kalo yang itu saya belum tahu pasti, masih saya anggap cara dapetinnya itu random.

Terus, satu warna phantoma ada macam-macam. Gimana cara dapetinnya? Kalau itu, saya belum pastiin sendiri, tapi mungkin tergantung dari level musuhnya. Saya kelompokkan lagi jenis dari masing-masing Phantoma :
Format :
Warna : Tier 1 > Tier 2 > Tier 3 > Tier 4 > Tier 5

Merah : Red > Magenta > Crimson > Rouge> Cinnabar
Biru : Blue > Cyan > Smalt > Cobalt > Zenith
Kuning : Yellow > Sepia > Ochre > Amber > Gold
Hijau : Green > Emerald > Jade > Celadon >Viridian
Ungu : Purple > Mauve > Peony > Cerulean >Lavender
Putih : White > Pearl > Moon
Dari yang saya coba, perkiraan saya untuk dapetin Tier 1 sampai 4 itu berdasarkan dari level musuh. (Sekali lagi, CMIIW)
*Perkiraan ini sudah saya coba di beberapa tempat*
Tier 1 : Level 1 -24
Tier 2 : Level 25 - 54/60
Tier 3 : Level 55 - 67/70
Tier 4 : Level 70  - 90
Tier 5 : Level 90 keatas

Tapi tidak semua musuh berlaku sesuai perkiraan diatas. Musuh yang ukuran besar terkadang bisa mendapatkan tier diatasnya. Misalkan Bomb, Bomb level 23 akan mendapatkan Red Phantoma, tapi Bomb yang ukurannya lebih besar dari yang normal bisa mendapatkan Magenta Phantoma.

PENGECUALIAN lagi untuk phantoma putih. Untuk Pearl Phantoma, itu emang bener-bener Rare. White bisa dapet dari musuh apa aja, dan Moon bisa dapet dari musuh dewa level 99 yang jalan-jalan di world map.

Sedikit tambahan (walaupun ga terlalu penting), Tier phantoma yang kita dapat bisa dilihat saat ingin mengambil phantoma.

Tier 1, punya 2 sisi di sekitar target-lock.
Tier 2 keatas, punya 4 sisi di sekitar target-lock.

- TOWER OF AGITO GUIDE (x03e)

Untuk Tower of Agito Guide bisa dilihat disini : Klik

- 99.999.999 GIL TRICK (x03f)

Untuk trik Gil, bisa dilihat disini : Klik

- Orience Map Guide (x03g)

Untuk melihat peta Orience bisa dilihat disini : Klik

- 1st Class Mog Quest (x03h)

1st Class Mog Quest bisa dilakukan di depan pintu gedung Perystilium (area air mancur). Untuk menyelesaikan quest, kamu harus memainkan game sesuai dengan playtime yang telah ditentukan. Berikut reward yang kamu dapatkan jika bermain dengan lama playtime tertentu :
- 10 jam : (Magic) Avoid
- 30 jam : Ribbon
- 50 jam : Growth Egg
- 70 jam : Royal Crown
- 100 jam : Magic Mitre
- 200 jam : Soul of Thamasa
- 500 jam: Super Ribbon
- 8-arms Gilgamesh Location (x03i)

Untuk melihat lokasi Gilgamesh bisa dilihat disini : Klik
----------------------------------

*will be updated*

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

58 komentar:

  1. bagus infonya :D cuma mo nanya, fire rf bukannya paling murah 5 mp ya? ente udh max enhancement tp cuma segitu doang....

    ReplyDelete
  2. Oh ya, iya paling murah 5 mp. Pas nulis juga rada lupa soalnya >.< makasih koreksinya

    ReplyDelete
  3. itu maksudnya playthrough 2 apa ya?
    oiya dichapter 4 ada musuh kayak prajurit gitu badannya besar dan pedangnya juga besar trik kalahin dia bagaimana ya, ane lupa namanya hehe

    ReplyDelete
  4. klo udah namatin sekali, pas main lagi namanya playthrough ke-2. klo tamat lagi ya ke-3, ke-4, dst.

    oh iya tau. emang mesti nunggu break sight gan. klo lawan 2 sekaligus bisa pancing aja biar deket2an, nanti mereka saling serang. klo agan dah level gede juga serang biasa sakit kok :3

    ReplyDelete
  5. gan mau tanya lagi dong. kan char ane masih pada cupu nih, mau leveling ditempat recommend agan banyak yang mati-,- cara dapetin phoniex down yang gampang gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 emang buat solo leveling gan, klo rame2 di northern corridor. Tapi cuma sampe lvl 40an, seterusnya udah seret.

      Phoenix down emang susah dapetinnya, dapet dari quest doang

      Delete
  6. itu northen condidor dimana? dari level berapa ya? terus ooiya leveling summon nih gan? apa harus dari mission aja?

    ReplyDelete
  7. Liat aja di guide atas (Orience Map Guide). Levelnya itu udah ada di guide levelingnya. Udah ane tentuin dari level berapa sampe berapa.

    Kalo summon, dimana aja bisa sih. Tapi rada susah, waktunya bentar doang sih. Pake Rem aja, pake skill don't die sebelum summon

    ReplyDelete
  8. buat leveling dinorthen ngga ada tips kill sight buat lawan bomb gan? char ane level 23-25 an rada rada susah kalo ngga pake kill sight. mau fokus ace rem eight sama cater soalnya

    ReplyDelete
  9. emang rada susah sih kill sight nya. pake blizzard aja, ato ane biasanya pake eight. pakein ablility yang bisa nendang muter pake kaki. eight paling gampang buat main critical :3

    ReplyDelete
  10. stuck dengan level ini-_- chapter 5 ini masih level 23-25. pas pake eight lagi pukul pukul eh di pukul bomb lagi fury eightnya bobo-_-

    ReplyDelete
  11. sumpah leveling berjam jam hasilnya susah juga naiknya lama. kalo udah tamat playthgrough 1 nanti yang ke 2 level dan item continue apa ngga?

    ReplyDelete
  12. wkwkwk

    emang berjam2 gan -_- cari growth egg biar gampang dikit wkwk

    playthrough 2 dan selanjutnya masih tetep dibawa kok. item, equip, acc semuanya tetep

    ReplyDelete
  13. alot banget tapi makin suka sama queen wkwk. di altocrystalium itu bagian skill special itu skill apa dan pake phantoma apa ya gan

    ReplyDelete
  14. Special skill itu macem meteor, tornado, invisible, dll. yang ga berelemen. Biasanya yang kuat2.

    phantoma nya biasanya yang level tinggi semua -_-

    ReplyDelete
  15. gan bantu leveling dong-_- sereet bet ini huffttt

    ReplyDelete
  16. bantuin gimana? wkwkwk ane juga sekali leveling sampe 3-4 jam kok :D

    ReplyDelete
  17. ane kirimin file save ane wkwkw ape perlu ke gundar? wkwk

    ReplyDelete
  18. Buset niat wkwk ane aja udah jarang megang psp lagi. sibuk kuliah -_-

    mau main ke gundar? boleh aja klo mau wkwk

    ReplyDelete
  19. boleh tau English Version udah rilis belum ya??
    aku coba beli game di toko dan ternyata ga full di part 6 nyangkut
    add my pin 26563110 butuh info.tq

    ReplyDelete
  20. duh ga punya BBM gan -_-

    full patch english, bukan officialnya. enaknya emang donlot sendiri :/

    ReplyDelete
  21. donlot dimana bro blh minta linknya?? ato boleh minta filenya?? tq sms klo boleh 0819 1664 7992
    ato filenya bisa kirim ke alamat mediacorp_indonesian@yahoo.co.id...terimakasih sebanyak banyaknya

    ReplyDelete
  22. disini gan : http://nicoblog.org/psp-iso/final-fantasy-type-0-psp-english-patched/

    ReplyDelete
  23. gan ane udah sampe last dungeon wkwkw udah ketemu tonberrynya kurasame doi udah gaalak nyerang partyan ane wkwkw

    ReplyDelete
  24. Nais inpoh gan, ane mau nanya nih. item/magic apa sih yang bisa di dapetin dari moogle di depang gerbang peristylium sama playtime yg di btuhin? trs kita bisa nangkep cactuar di peristylium ga gan?sama, agan tau semua lokasi proxyene?
    thanks gan!

    ReplyDelete
  25. mog yg di dket air mancur yak?
    - 10 jam : magic Avoid
    - 30 : ribbon
    - 50 : growth egg
    - 70 : royal crown
    - 100 : mitra magic
    - 200 : soul of thamasa
    - 500 : super ribbon

    nanti ane tambahin deh lol. Klo yang cactuar itu buat quest doang, ga bisa ditangkep. lokasi perystilium sempet buat tapi blom selesai >.< ane lanjutin deh

    ReplyDelete
  26. Gan, ane chap 8 kepentok ama lulusath warrior n g slese" ..klo pake acc stealth robe ngaruh ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lulusath warrior yang ga abis2 itu yak? bad ending itu, ga bakalan menang :v btw curang nih pake steath robe wkwkwk

      Delete
    2. Wkwkwkwk...makanya, karakter tinggal 1 tp g mati"
      Klo gtu caranya nglewatin final trial (as human) gmn? Yg cuma suruh lari sblum ketelen aer.

      Delete
    3. guide nya ada kok diatas buat final dungeon. liat aja :3

      Delete
    4. Wohoho. Thankz gan, sangat membantu n akhirnya tamat. :v

      Delete
  27. Bro Kan Saya Baru lvl 32 Kalo tempat" beli Senjata yg Damagenya Gede dimana aja ya?
    Dan Tempat" cepet Naikin lvl dimna y...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo beli yang paling bagus di Cetme klo ga salah. Tapi klo senjata bagusan dari drop semua, beda jauh sama yang beli -_-

      klo naikin level, liat aja diatas. tetep butuh kesabaran wkwk

      Delete
  28. Ajibb lengkap bgt trick2nya, jadi makin seru nih maen game Final Fantasynya

    ReplyDelete
  29. Itu si Deuce emang paling gahar deh. Kasih magic "Avoid", trus main suling dgn performance Ex maximal, dia bisa bunuh enemies yg punya level 10-30 di atasnya walau harus sabar...

    ReplyDelete
  30. Gan saya mau nanya :v, saya lg di chapter 5 dan lg playthrough ketiga, saya kok nyari gilgamesh ga ada ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udah playthrough ketiga seharusnya dari chapter pertama pun udah bisa ketemu. coba cek semua lokasi gilgamesh dari guide diatas.

      Delete
    2. Kmaren blm di cek semua tempat sih, baru di insmount coast, sama genbu crevasse trus pas liat blom ada

      Delete
  31. Gan mau nanya cara dapetin phanthoma peony di mana ya?

    ReplyDelete
  32. Gan mau nanya cara dapetin phanthoma peony di mana ya?

    ReplyDelete
  33. Gan mau nanya cara dapetin phanthoma peony di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu seinget gw random deh dari semua musuh. emang dropnya rada susah, sekitar 10%

      Delete
  34. weitss ,ada yg senasib ama gw ternyata nyangkut di chapter 6 :v nyesek kamvret gw :v karakter udh pda lv50 up semua , ada yg lv70 malah . eh nyangkut di chapter 6 nya , kamvret emang :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw gan itu yg prlu di download 6 parts ajh kan yh?

      Delete
  35. Mantep
    ngebantu bgt
    smua guide lo ane print smua bro hahaha
    Terima kasih bnyak
    pengen bertapa ne hehehe

    ReplyDelete
  36. bro mau nanya nih,maksudnya itu apakah meraka masih hidup class zero di endingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka semua tetep mati, karena pas lawan boss terakhir mereka memang harusnya mati. Simpelnya sih mereka dikasih kekuatan sama Rem dan Machina yang udah jadi L'cie untuk sementara. Jadi ya di ending mereka udah tau kalo ujung2nya bakal mati juga.

      Delete
    2. tapi di history yang orience itu mereka hidup pakai baju sekolah seperti biasa tidak ada peperangan lagi,berarti mereka masih hidup?

      Delete
    3. Mungkin itu di cycle kehidupan yang lain. Soalnya ceritanya itu emang udah ratusan juta kali diulang. Setau gw itu juga sebenernya teaser Final Fantasy Agito yang sekarang ada di android.

      Delete
    4. ini game katanya ada lanjutan,final fantasy type next,di type 0 aja di historynya ada secret ending,itu lanjutannya ya? kenapa mesti si ace? lalu dimana kah yang lainnya,pas terahir terahirnya ace berkata "we are here"/"we are arrived" gitu?

      Delete
    5. baru sekedar teaser doang, rumornya sih emang sekuel. belum ada info pastinya kayak gimana, tungguin aja.

      Delete
    6. okelah,mimin suka game,/gamers si mimin ini,bisa minta id line..

      Delete
    7. tapi di type next kenapa pemainnya si ace, kan dia dh mati ?

      Delete
  37. min itu janus glasses gimana dapetinnya?oh iya..sama cara bisa lawan nox suzaku gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di 2nd playthrough, ngomong sama Queen di chapter 2. Btw di Type-0 HD namanya Lucid Lenses. Nox Suzaku muncul random kalo udah dapet airship. Kalo pas battle phantoma musuh ga bisa diambil (terbang keatas), balik ke world map, naik airship, nanti keliata di mini map

      Delete
    2. lupa itu nox suzaku muncul pas 2nd play seterusnya ato di 1st play juga muncul haha

      Delete
    3. yah min ini udh 2nd playthrough chapter 5...gk bisa diambil dong misinya -__-?
      ini udh 2nd tapi gk pernah ketemu min nox suzakunya...kyknya 2nd keatas dah...

      Delete