(Walkthrough) Final Fantasy Type-0 Final Dungeon


*Pindahan dari note Facebook :D*



WALKTHROUGH LAST DUNGEON


Note : walkthrough ini saia tulis sendiri dan berdasarkan pengalaman saia sendiri. Jadi kalo ada yang salah, mohon dikoreksi.


--- PERSIAPAN ---

1. Di last dungeon, level musuh akan mengikuti rata-rata level semua chara kita. Jadi nggak perlu takut levelnya rendah.

2. Gunakan magic!!! Wajib, karena akan sangat berguna nantinya.

3. Hati-hati dengan musuh yang satu ini (Rurusasu no ****). musuh ini bakal jadi musuh utama kita di chapter ini. Kalau sudah kena hit, maka muncul kill sight pada party. berusahalah menghindar sampai kill sight hilang! dan jangan lupa ambil phantomanya, karena kalau dibiarin, bakal hidup lagi dengan HP full...

4. Pada bagian tertentu, nantinya akan dibagi jadi 2 party, karena nantinya jalan akan dibagi jadi 2.

5. Sediakan banyak potion untuk jaga-jaga dan jadikan shortcut. (kalau bisa max atau 99)

6. Terkadang musuh-musuh disini transparan (tembus pandang), jadi jangan sampai bengong.


--- WALKTHORUGH ---


PARTY 1

1. Giliran party 1. Terserah mau lewat yang kanan atau kiri. (saia ambil kanan untuk contoh)

2. Setelah Lewat gerbang kanan, maka akan ada misi (mirip S.O) : Lawan musuh dalam waktu 10 menit.

3. Jika sudah selesai, masuk ke pintu selanjutnya.


PARTY 2

1. Giliran party 2. Karena party pertama ngambil kanan, maka sekarang ambil yang kiri.

2. Setelah lewat gerbang, akan ada misi : tunggu selama 2 menit 13 detik atau sampai waktu habis. Setelah selesai, masuk pintu selanjutnya.


PARTY 1

1. Setelah masuk, akan ada misi lagi : lawan semua musuh dalam waktu 10 menit. jika sudah selesai, lanjut ke pintu berikutnya.

2. ada yang sedikit tricky, rurusasu disini invicible!! satu-satunya cara adalah menyalakan 6 lampu yang menggantung di pinggir ruangan dengan menyerangnya (pake long range chara pastinya) atau pakai magic. Jika sudah dinyalakan, maka si rurusasu bisa diserang. Jika invicible lagi, berarti ada lampu yang mati.

3. Jika selesai, lanjut ke pintu berikutnya.


PARTY 2

1. Setelah masuk, ada misi lagi : tidak kena damage sampai ke pintu berikutnya. Jangan sampai kena serangan musuh (1 hit sekalipun), karena jika masuk ke pintu setelah kena damage, party akan kembali lagi ke pintu awal dan harus mengulanginya lagi sampai berhasil. Sedikit trik : pakai chara yang larinya cepat, seperti eight, ace, cater, dll. Dan terus tekan X berulang-ulang buat dodge sampai ke pintu selanjutnya.

2. Jika berhasil, maka lanjutkan ke pintu berikutnya.

3. Eiittss.. belum selesai~ ternyata Iron Giant sudah menunggu dibalik pintu. Kalahkan dia (tidak ada batasan waktu). Untuk last hit, harus diserang lewat kill sight.

4. kalau sudah selesai, lanjut ke tempat berikutnya

---------------------------------------

Mulai dari sini, kita disuruh milih, mau jadi L'cie atau ga. Pilih yang pertama, maka kita akan jadi L'cie dan dapet kekuatan crystal (matanya jadi merah kayak sharingan). Kalau pilih yang kedua, berarti kita menolak untuk menjadi L'cie. Masing-masing option punya story yang berbeda, jadi pilih sesuai keinginan.


--- OPTION 1 ---

Jika kamu memilih option pertama, maka kamu akan menerima kekuatan crystal. Setelah event, kamu akan berada di luar gerbang Peristylium Suzaku. Akan ada dua orang murid yang terjebak oleh rurusasu. Kalahkan mereka. Kalau dua orang tersebut tidak terbunuh, maka party akan mendapat exp (klo ga salah) sebesar 1.300.000 exp (1,3 juta) !!!! (Klo di saia, party langsung naik jadi level 83~). But, seperti yang sudah saia jelaskan di persiapan di atas, level musuh akan mengikuti level kita, jadi sama aja...

Kemudian, keluar dari peristylium, kamu akan liat banyak gerombolan rurusasu yang akan menyerang peristylium. Lawan 1 gerombolannya.

Jika sudah, kembali ke peristylium. Kamu akan menemui Rurusasu Ex (ga tau namanya apa. Pokoknya ini perubahan Rurusasu biasa yang lebih ganas). Lawan mereka semua. Kemudian masuk gerbang. Dan, kamu akan terjebak disini oleh Rurusasu Ex sampai... semua party mati. Tidak ada cara lain selain mati, karena Rurusasu Ex akan datang lagi dengan level makin tinggi setelah kamu mengalahkannya. Jika semua party mati, akan ada sedikit event (aricia ngomong sesuatu, ga tau apaan), and.... GAME OVER~ maaf anda kurang beruntung~ pilihan anda salah... silakan ulang dari awal~ =="


--- OPTION 2 ---

setelah event, kita akan kembali menggerakkan party. Mulai dari sini, semua party sudah kembali. Disini akan tersedia Save Point (Ganti party yang biasa kalian pakai). Setelah itu, lanjut ke pintu berikutnya.

Disini kita akan menemui puzzle lagi (lebih tepatnya labirin). Misi selanjutnya adalah : lewati dungeon ini dalam waktu 10 menit.

Masuk ke gerbang pertama, anda akan bertemu dengan rurusasu lagi. Setelah itu, ada 2 gerbang terbuka. Mulai dari sini, pilih jalan sesuai insting anda :D Biar ga bingung, liat minimap dan lihat arah mata angin.

(Bagi yang mau mengikuti jalan yang saia lewati, bisa lihat dibawah.)

Pilih yang sebelah barat. Nanti anda akan bertemu dengan Tonberry. But, don't panic! berbeda dari FF yang sebelumnya, tonberry di sini ga sealot yang biasanya. Gampang kok~ Setelah selesai, pilih gerbang bagian timur. Nanti akan keluar ke tempat pertama. Sekarang ke gerbang timur. Kamu akan ketemu Tonberry. kemudian pilih gerbang utara untuk mengambil mega potion. Masuk gerbang lagi. kemudian pilih gerbang timur dan kamu akan kembali lagi ke tempat pertama. pilih timur, lalu sekarang pilih gerbang barat. kamu akan ketemu rurusasu lagi. Setelah itu, ke gerbang timur. Lawan tonberry lagi. selanjutnya ke gerbang utara, lalu ke gerbang selatan, kemudian kamu akan melawan 2 rurusasu. Kalahkan mereka dan misi selesai, kemudian keluar lewat teleporter.

Mulai dari sini, party akan dibagi lagi menjadi 2. Pilih party sesuai keinginan.


PARTY 1

1. Giliran party 1. Saia ambil contoh untuk ambil kanan. Akan ada misi disini : Keluar dari ruangan dan kalahkan semua musuh selama 6 menit. Tapi hati-hati, lihat lantainya. Kalau lantainya merah, jangan berhenti diatasnya karena bisa meledak.

2. Jika sudah selesai, masuk ke pintu berikutnya.


PARTY 2

1. Sekarang giliran party 2. karena tadi saia ambil kanan, berarti sekarang kiri. Setelah masuk pintu, maka kamu akan berada di tempat yang cukup luas. Ada misi lagi disini : Keluar dari tempat ini dan kalahkan musuh selama 10 menit tanpa serangan fisik. Sesuai misi, JANGAN PAKAI SERANGAN FISIK KARENA AKAN MENYEBABKAN MISI GAGAL DAN KARAKTER YANG KAMU PAKAI MATI SEKETIKA. Disinilah magic berperan penting.

2. Jika sudah selesai, masuk ke pintu berikutnya


PARTY 1

1. Untuk misi kali ini : Keluar dari tempat ini dalam waktu 10 menit. Tempat kali ini lumayan tricky. Pintu keluar dari ruangan ini berputar, dan harus di-stop lebih dahulu di tempat yang tepat. Pertama, kalahkan rurusasu terlebih dahulu karena mungkin akan mengganggu saat men-stop pintu. Jika sudah aman, lihat 4 jalan dari tengah ruangan, 2 pintu yang berputar, 4 pillar merah yang ada di sekeliling ruangan, dan lihat juga ada mata api di salah satu jalan. Kamu harus bisa memberhentikan pintu tepat di depan mata api. Jika salah, maka bukan kita yang bisa keluar, tapi musuh yang akan keluar dari pintu dan menyerang kita. Triknya : Serang 3 pillar terlebih dahulu, kemudian tunggu di dekat mata api. jika pintu sudah di depan mata api, serang pillar yang satu lagi. Pintu akan berputar sedikit, dan pasti berhenti tepat di depan mata api.

2. Jika sudah, masuk ke pintu.


PARTY 2

1. Back to party 2. Misi kali ini : Keluar dari tempat ini dan kalahkan musuh selama 10 menit tanpa magic. Kebalikan misi sebelumnya, JANGAN GUNAKAN MAGIC KARENA AKAN MENYEBABKAN MISI GAGAL DAN KARAKTER YANG KAMU PAKAI MATI.

2. Jika sudah, keluar dari pintu

3. Kamu akan menemui behemoth disini. Jika sudah dikalahkan, masuk ke pintu selanjutnya


-----------------------------------

Party akan berkumpul lagi, dan kamu akam menemukan save point. Pastikan untuk save permainan kamu disini.

Setelah itu, masuk pintu selanjutnya. Sekarang kamua berada di dalam lift. Akan muncul beberapa rurusasu disini. kalahkan mereka semua. Disini pula rurusasu yang biasa kita jumpai akan berubah jadi Rurusasu ex (ga tau nama aslinya apaan). Kalahkan dia. Jika sudah selesai, masuk pintu.

-----------------------------------

Sekarang kamu menemukan save point lagi.

Di ruangan ini ada 4 pintu yang berlambangkan dewa di setiap negara, yaitu SEIRYUU, SUZAKU, BYAKKO, GENBU. Kamu harus menyelesaikan semua misi yang ada di keempat pintu tersebut.


1. SEIRYUU DOOR

a. kalahkan 4 rurusasu ex. lanjut ke pintu berikutnya
b. kamu akan menemui 4 monster (yang mirip zombie di misi concordia) yang ukurannya agak lebih besar. Hati-hati dengan gelembung yang dikeluarkan monster tersebut. Jika kena, kamu akan langsung pingsan dan butuh waktu lebih lama untuk berdiri, dan pasti monster tersebut akan menggigit karaktermu dan... INSTANT DEATH~ Rajin-rajinlah menghindar.


2. BYAKKO DOOR

a. Kalahkan 3 rurusasu ex. Hati-hati, disini rurusasu ex bener2 ga keliatan!! tapi tetep bisa di lock kok. Jadi hati-hati aja.
b. Kalahkan 2 robotnya qator (2 sekaligus!!! udah tau kan lincahnya kayak gimana...)


3. SUZAKU DOOR

a. Kalahkan 2 rurusasu ex
b. Kalahkan beberapa Murid Suzaku Peristylium + Golem (!). Untuk golem, gunakan deuce karena serangannya bisa nembus defense-nya si golem.


4. GENBU DOOR

a. Kalahkan gilgamesh. Disini akan ada yang sedikit mengganggu, karena banyak missile dari luar daerah battle yang mengincar kamu. Sering-sering menghindar.


Jika semua pintu sudah selesai, maka spot save point sebelumnya berubah menjadi teleporter.

Sekarang, misinya adalah : naiki tangga dan keluar dari ruangan dalam waktu 15 menit tanpa membunuh musuh satupun. Lumayan susah, karena tembakan musuh bisa mendorong kita kembali ke belakang. sering-sering menghindar!!!

jika sudah mencapai puncak, bukannya berhasil, justru karakter kita mati... (loh?) But, don't panic~ (sepertinya) emang scenarionya begitu. Sekarang tunggu event yang (sangat) dramatis... T.T

-----------------------------------

Jika sudah, party kamu sebelumnya akan bangkit lagi dalam keadaan lemas dan tidak bisa berlari. cukup ikuti jalan dan dengarkan kata-kata Cid (kalo ngerti...). Ikuti terus jalannya, dan akhirnya... LAST BOSS!!!

-----------------------------------

Sekarang kamu akan melawan Cid yang berubah bentuk menjadi monster besar (tapi entah kenapa kebayang sama emperor FFII ya? soalnya setting tempatnya agak-agak mirip).

Untuk gelombang pertama, kamu harus mati terlebih dahulu. Mustahil dalam keadaan lemas kamu bisa menang.

Di gelombang kedua, barulah pertarungan yang sebenarnya dimulai dan kamu ga akan bisa mati!! (wth) karena kamu dapat kekuatan phantoma dari Rem dan Machina. Tugas kamu sekarang : Ambil semua phantoma punya Cid. Setiap mengambil satu phantoma Cid akan mengorbankan 1 karakter, dan semuanya kedapetan... :D

-----------------------------------

Setelah itu, silakan duduk manis dan nikmati endingnya... syalalala~


(Gambar menyusul)


SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

3 komentar:

  1. Sudah ada versi inggris nya?

    ReplyDelete
  2. Bagus bingit gan tips" nya
    Meskipun aku mainya pakai cheat krn putus hhehehehehehehe

    ReplyDelete