(Review) Final Fantasy Type-0

Ga ada kerjaan, jadi iseng-iseng aja buat review (dan mudah-mudahan berguna buat yang baca) :D

- FINAL FANTASY TYPE-0 -


Final Fantasy Type-0 masih termasuk dalam satu mitologi, yaitu Fabula Nova Crystallis (satu angkatan dengan FFXIII dan FF Versus XIII). Sebelumnya, FF Type-0 masih bernama Final Fantasy Agito XIII dan masih direncanakan untuk dijadikan game Mobile (yang pastinya untuk HP Jepang ~.~"). Tapi setelah beberapa pertimbangan, akhirnya dibuatlah untuk PSP dengan media penyimpanan sebanyak 2 UMD, tetapi dengan grafik yang tidak mengecewakan (grafik besar membutuhkan resource yang besar pula :D).

- Story


Final Fantasy Type-0 bersetting dalam sebuah dunia yang bernama "Orience" dan terbagi menjadi 4 Negara (Mirip Avatar lol), diantaranya "Suzaku Fiefdom of Rubrum", "Milites Empire", "Lorican Alliance", dan "Kingdom of  Concordia". Masing-masing negara mempunyai sebuah kristal dan memiliki kemampuannya masing-masing. Rubrum dengan Kristal Suzaku memiliki "The Power of Magic", Milites dengan Kristal Byakko memiliki "The Power of Weapon", Lorican dengan Kristal Genbu memiliki "The Power of Shield", dan Concordia memiliki Kristal Seiryuu memiliki "The Power of Dragon".

Sebelumnya, keempat negara tersebut hidup sejahtera dan damai, tetapi semua berubah ketika negara Milites menyerang (loh? XD). Pemimpin Milites, Cid Aulstyne menolak perjanjian damai keempat negara tersebut. Perlahan-lahan negara Milites menyerang ke negara lain dengan teknologi yang mereka miliki dan dibantu oleh kekuatan Kristal Byakko.

Mengetahui hal itu, Suzaku membuat sebuah grup kecil yang berisi murid-murid yang amat sangat terlatih dan hebat dari Peristylium (Class Zero) untuk mengembalikan seluruh kristal dan melawan negara Milites yang ingin menguasai seluruh negara.

Kurang lebih ceritanya hampir mirip dengan Avatar - The Legend of Aang. Bedanya, kalau Avatar, nama negaranya diambil dari nama-nama elemen, seperti Api, Air, Bumi, dan Udara. Sedangkan FF Type-0 mengambil nama dari mitologi 4 penjaga mata angin di Jepang (dan terdapat juga di berbagai negara Asia lainnya seperti China). Suzaku dilambangkan dengan burung Phoenix (burung dengan kobaran api), Seiryuu dilambangkan dengan naga, Byakko dilambangkan dengan Harimau Putih, dan yang terakhir Genbu yang dilambangkan dengan kura-kura.

- Character



Untuk playable character, kita dapat memainkan 12 karakter berdasarkan urutan kartu truf/remi (tanpa nomor 10) ditambah 2 karakter, jadi ada 15 karakter yang dapat kita gunakan. 13 nama karakter tadi diambil dari nama-nama kartu truf, yang juga diambil dari nama-nama huruf dalam bahasa Spanyol dan bahasa Inggris.

Ace (diambil dari nama kartu truf)
Senjata : Kartu (Card)

Deuce ("Dos" dalam bahasa Spanyol yang berarti "Dua")
Senjata : Suling (Flute)

Trey ("Tres" dalam bahasa Spanyol yang berarti "Tiga")
Senjata : Bow

Cater ("Cuatro" dalam bahasa Spanyol yang berarti "Empat")
Senjata : Gun dengan peluru magic (unlimited bullet)

Cinque ("Cinco" dalam bahasa Spanyol yang berarti "Lima")
Senjata : Gada (Mace)

Sice ("Seis" dalam bahasa Spanyol yang berarti "Enam")
Senjata : Scythe

Seven (dari bahasa Inggris, yaitu "Tujuh")
Senjata : Pecut (Whip)

Eight (dari bahasa Inggris, yaitu "Delapan")
Senjata : Bare-handed (Tangan kosong), Knuckle.

Nine (dari bahasa Inggris, yaitu "Sembilan")
Senjata : Tombak (Spear)

Jack (diambil dari nama kartu truf)
Senjata : Katana

Queen (diambil dari nama kartu truf)
Senjata : Pedang (Sword)

King (diambil dari nama kartu truf)
Senjata : Dual-Gun

Machina Kunagiri
Senjata : Dual-Rapier

Rem Tokimiya
Senjata : Dual-Dagger

(will be updated)

- Gameplay

Untuk gameplay, bisa dibilang mirip dengan Kingdom Hearts, yaitu ATB Kai (bisa dibilang Action-RPG) yang telah dikembangkan, hanya saja Type-0 menggunakan sistem party yang dapat membawa 3 karakter sekaligus ditambah 1 guest yang datang sewaktu-waktu. Type-0 juga dapat dimainkan secara multiplayer dengan menggunakan koneksi Ad-hoc pada PSP. 

Struktur game ini menggunakan sistem Mission-based. Story akan berjalan sesuai dengan misi yang kita jalankan. Walaupun begitu, kita tetap bebas menjelajahi World Map, mungkin sekedar untuk leveling, eksplorasi, side quests, dan kegiatan-kegiatan lain di luar misi. Dan pastinya, banyak rahasia yang dapat kita temukan saat mengeksplorasi World Map.



Yang spesial dari Type-0 adalah ada sistem yang bernama "Kill Sight". Sistem ini sangat menguntungkan, karena dapat membunuh musuh dalam sekejap, bahkan 1-hit KO. Kill Sight biasanya terlihat saat musuh menyerang, terdapat lingkaran kuning dan merah pada badan musuh. Bedanya, kalau kuning sekali pukul dapat menghasilkan damage yang sangat besar, sedangkan yang merah cukup sekali pukul, musuh akan mati seketika.


Dan satu lagi yang spesial dari Type-0 adalah "Active World Map", yaitu kita bertarung secara langsung di World Map tanpa perlu ada ecounter terlebih dahulu. Sistemnya agak mirip dengan Dota, yaitu mengambil daerah lawan dengan menyerang anak buah lawan, kemudian menyerang markasnya untuk dijadikan markas kita. Kita juga bisa mengendalikan anak buah kita, yang nantinya juga akan menentukan keberhasilan kita dalam merebut markas lawan. 

Untuk magic, Type-0 menggunakan sistem Crystarium, atau biasa disebut Alto Crystarium. Kita dapat menyesuaikan sendiri kemampuan magic kita. Kita dapat meningkatkan kemampuan magic dengan menggunakan "Phantoma" yang kita dapat saat mengalahkan musuh (bola energi kecil warna-warni). Warna-warna tersebut menentukan elemen magic apa yang dapat ditingkatkan dengan Phantoma tersebut. Contoh, Phantoma merah untuk magic berelemen Api (Fire), Biru untuk Es (Blizzard), Kuning untunk Petir (Thunder),   hijau untuk magic healing (Cure, Heal, dll), dan lain sebagainya.



Untuk serangan Magic, terbagi menjadi berbagai macam tipe serangan. Diantaranya :

  1. Shotgun (SHG) : Serangan menyebar ke depan, jarak tidak terlalu jauh.
  2. Rifle (RF) : Tembakan lurus kedepan dengan jarak yang cukup jauh.
  3. Bomb (BOM) : Serangan di sekeliling karakter.
  4. Missile (MIS) : Serangan yang dapat mengejar musuh
  5. Rocket Launcher (ROK) : Serangan dengan menargetkan satu musuh, kemudian meledak dan melukai musuh di sekitar ledakan.

Sama halnya dengan Magic, Skill setiap karakter pun juga bisa ditingkatkan menggunakan AP yang kita dapat saat bertarung. Tidak hanya meningkatkan skill tersebut agar menjadi lebih hebat, kita juga dapat mempelajari skill-skill baru dengan meningkatkan level skill-skill tertentu. Masing-masing karakter memiliki keunikan skill tersendiri. Tidak salah jika kita juga mencoba-coba karakter lain, atau mungkin bereksperimen. Bisa saja kita menemukan kombo-kombo killer yang efektif digunakan saat bertarung.



Dan satu lagi yang tidak pernah lepas dalam Final Fantasy Series, yaitu Summon. 



Berbeda dengan sistem summon sebelumnya, di Type-0, kita harus mengorbankan salah satu karakter kita untuk memanggil makhluk-makhluk besar nan kuat yang akan membantu kita dalam pertarungan. Makhluk yang kita summon akan mendapatkan EXP dan AP tersendiri.

- Grafik

Untuk masalah grafik, tidak usah diragukan lagi. Kualitas FMV dan in-game bisa dibilang "sempurna" untuk sekelas game PSP. Tidak perlu bingung mengapa Type-0 membutuhkan 2 UMD, karena grafik game ini sangat "wow", sehingga pastinya membutuhkan resource yang besar. 



Tapi yang mungkin saya sendiri sayangkan, yaitu saat event-event tertentu, terlihat statis menurut saya. Ada saat dua orang karakter sedang berbicara, tiba-tiba ada 1 orang lagi berdiri di sebelah, tidak ada pergerakan yang pasti. Tapi secara overall, mantaaaap~ Oh ya, Type-0 juga ada unsur violence-nya, seperti banyaknya adegan berdarah-darah. Jadi game ini mungkin tidak cocok untuk anak-anak dibawah umur (di Indonesia mah ga ngaruh, anak TK aja main GTA lol).

- Music

Music FF Type-0 ditangani oleh Takeharu Ishimoto, yang juga menangani musik pada Crisis Core FFVII dan Dissidia FF + Duodecim. Musik Final Fantasy tidak pernah jauh dari nuansa orkestra-nya, ditambah nuansa perang yang mungkin sangat terasa, membuat Type-0 sangat menarik untuk dimainkan. Dan producer Type-0 sendiri mengaku, bahwa OST dari Type-0, yaitu "Zero" yang dibawakan oleh "Bump of Chicken" merupakan "jantung" dari game itu sendiri. Tanpa lagu tersebut, Type-0 akan terasa hambar.

- Replay Value

Type-0 memaksa kita untuk menamatkan game ini, minimal 2 kali. Kenapa? karena ending yang sebenarnya terdapat di playthrough ke 2 (walaupun ending pertama sudah cukup epic sebenarnya). Dan ada beberapa hal yang hanya dapat didapatkan di playthrough selanjutnya. Dan juga tidak ada salahnya kita melengkapi bestiary kalau bisa sampai 100%. Kesimpulannya, game ini sangat worth untuk dimainkan berulang-ulang.

- Overall

Secara garis besar, game ini termasuk dalam list game yang wajib dimainkan di PSP. Selain story dan gameplay-nya yang seru, juga mungkin kita bisa sedikit mempelajari (cieelah!!) mitologi Fabula Nova Crystallis. Ada pelajaran juga yang dapat kita ambil dari game ini, yaitu (mungkin) perjuangan itu membutuhkan perngorbanan, sesuai tema dari game ini. Berhubung Square Enix belum ada niat untuk mentranslasikan Type-0 atau bahkan tidak sama sekali, jadi harap bersabar... (Walaupun udah ada patch-nya, dan hanya sekedar menu-menu utama yang ditranslasikan). Kemungkinan tetap ada, tetapi sepertinya sangat kecil.

-------------------------------------------------------------

Sekian review dari saya. Mudah-mudahan bisa dijadikan referensi atau sebagai tambahan ilmu per-gaming-an (cuiih~). Thanks for reading~


Sumber utama : Final Fantasy Wikia. Sisanya pengalaman sendiri.:D

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment