(Review) Crimson Gem Saga - PSP


(Review) Crimson Gem Saga - Balik lagi ke review~ Liburan kali ini lagi banyak namatin game RPG, produktif sekali (pret). Kali ini saya akan me-review game Korean RPG, Crimson Gem Saga. Jarang-jarang nemu Korean RPG di PSP, dan rasanya game-game Korea emang punya ciri khas deh, terutama soal artwork. Untuk review jelasnya, let's check it out.

- STORY (4/5)


Menceritakan kisah seorang laki-laki bernama Killian von Rohcoff yang baru saja lulus dari Chavalier Academy dan kemudian direkomendasikan oleh pemimpin akademi untuk ikut pasukan Order of Light. Tapi tidak disangka, nasibnya berubah ketika ia mengetahui tentang keberadaan batu yang aneh, The Wicked Stone. Sepanjang perjalanan Killian akan bertemu dengan banyak orang yang kebetulan punya tujuan yang sama. Bagaimanakah petualangan mereka? Silakan mainkan sendiri :3.

Oh ya, ada yang lupa dari review-review sebelumnya yang hanya menceritakan kurang lebih prolog cerita, kali ini dan seterusnya saya akan coba menilai story sesuai standar kualitas saya sendiri (?).

Crimson Gem Saga atau kalau versi Jepangnya bernama Garnet Chronicles sebenarnya adalah Astonishia Story 2 dan juga sekuel dari seri sebelumnya, yang setelah dilokalisasi justru diubah namanya dan ditambah beberapa pengembangan tentunya.


Sejauh saya memainkan game ini, story cukup bagus. Sayang pada beberapa bagian rasanya penjelasannya terlalu cepat dan kurang mendetail. Dan yang paling terasa adalah pada bagian pengembangan setiap karakter yang seakan-akan hanya difokuskan pada Killian, sedangkan karakter lain hampir tidak pernah dijelaskan sepanjang cerita, dan terlihat (sedikit) di akhir cerita. Mungkin itu salah satu kekurangan yang paling jelas terlihat, tapi sisanya tetap menarik untuk diikuti. Nilai plus lainnya, percakapan dengan NPC terasa sangat menarik, beberapa malah memberikan joke yang cukup bikin ngakak dan memorable lol walaupun keterlibatan NPC dengan storyline sangat sedikit.

- GAMEPLAY (3/5)


Gameplay menurut saya juga agak sedikit kurang dan minim inovasi, karena benar-benar mempertahankan ciri khas JRPG klasik. Battle system menggunakan turn-based klasik. Hampir tidak ada yang menonjol dari gameplay game ini, kecuali cara Escape saat battle. Berbeda dengan game RPG standar lainnya, cara untuk Escape di game ini sangat berbeda, dan mungkin baru saya temui di game ini. Saat memilih untuk escape, maka akan muncul semacam Magic Circle yang punya 6 sisi, beberapa sisi akan menyala, kemudian lingkaran ini akan berputar, dan kita harus menghentikan lingkaran ini pada sisi yang menyala tadi. Lebih tepatnya semacam roullete gitu. Unik, tapi juga bisa dibilang agak sulit lol. Kamu juga bisa melakukan kombo pada serangan normal kamu, tentunya butuh sedikit keberuntungan, dan kemungkinan untuk melakukan kombo bergantung pada jumlah stat Will yang tiap karakter miliki.


Saat di luar kota atau di dalam dungeon, musuh dapat dilihat sepanjang jalan, bukan dengan random ecounter seperti Final Fantasy atau game RPG lainnya. Kamu bisa menghindar dari musuh, tapi jika keberadaanmu diketahui, tentu dia akan mengejar.


Salah satu yang menarik juga mungkin sistem skill building-nya. Di dalam menu skill, kamu dapat mempelajari skill baru dari Skill Tree yang sudah ada, dan tentu berbeda-beda setiap karakternya. Untuk mempelajari skill tersebut, kamu butuh sejumlah SP yang didapat setelah battle berakhir. Level skill pun juga bisa ditingkatkan menggunakan berbagai jenis Medallion, tergantung dari level skill yang akan kamu tingkatkan. Beberapa skill juga ada yang menjadi skill kombinasi untuk karakter tertentu, dan ada juga yang butuh seluruh party untuk menggunakan satu skill tersebut.


Di Crimson Gem Saga, sepertinya memang menjunjung tinggi status effect seperti Poison, Sleep, Paralyse, dan berbagai jenis negative status lainnya. Sangat terasa bahwa efek seperti itu amat sangat berguna untuk melawan musuh yang sulit. Contohnya Confuse yang benar-benar 100% menyerang teman sendiri dalam waktu yang cukup lama, Sleep yang mengkali lipatkan damage serangan sekitar 3-4 kali, Poison yang mengurangi HP cukup besar setiap turn-nya, dan lainnya. Jauh lebih berguna ketimbang game-game RPG yang sudah saya mainkan selama ini.

Untuk leveling dan farming, sepertinya kamu harus benar-benar rajin dan menghabiskan waktu yang cukup lama, karena ExP yang diberikan bisa dibilang sedikit jika level gap party kita dengan musuh tidak jauh berbeda. Dan untuk masalah uang, sangat bermasalah. Mendekati akhir cerita, senjata atau armor yang dijual amat sangat mahal. Kalau boleh saya sebutkan, harga salah satu senjata tiap chara bisa mencapai 500k, sedangkan setiap ecounter hanya dapat sekitar 5k. 100x battle (bisa dikurangi dengan menjual item drop-an musuh) untuk satu macam senjata, belum dengan armor-nya :').


Kamu juga akan menemukan beberapa Superboss, walaupun dengan persiapan yang benar akan terasa sangat gampang nantinya. Dan rewardnya juga tidak tanggung-tanggung. Jadi ada baiknya sebelum menamatkan game, kamu kalahkan dulu beberapa superboss tersebut.

Dan terakhir, salah satu keunggulannya adalah kamu bisa save dimana saja~ Tidak perlu ke Inn atau mencari Save Point, kamu tetap bisa melakukan save data dimanapun dan kapanpun. Sangat menguntungkan untuk melakukan persiapan sebelum melawan boss.

- GRAFIK (4/5)


Sangat baik untuk ukuran game 2D menurut saya, walaupun rasanya ada yang kurang sedikit (banget). Seperti yang saya bilang sebelumnya, gaya art game Korea seperti punya ciri khas tersendiri, entah mengapa mengingingatkan saya dengan Ragnarok Online lol. Artwork yang hampir realistis, kaya akan sprite yang terlihat jelas setiap mimik ekspresinya pada setiap event dan animasinya juga menarik, ditambah Opening yang terasa anime-style nya.

- MUSIC (3/5)

Yang masih teringat di otak saya mungkin cuma Battle BGM nya, karena terlalu sering lawan musuh lol. Untuk musik rasanya agak kurang menurut saya. Kurang menonjol dan kurang memorable di telinga saya. Hanya saja nilai plus-nya game ini punya dub juga. Kualitasnya dub Englishnya sudah bagus, suara setiap karakter cukup cocok, tapi sayangnya untuk beberapa event penting malah tidak sepenuhnya di-dubbing.

- REPLAY VALUE (2/5)

Memang masih bisa bermain ulang dengan save data yang sudah clear dan bisa membawa item/equip di playthrough sebelumnya, hanya saja seperti tidak punya tujuan lain untuk mengulang game kecuali untuk menamatkannya lagi dan lagi. Mungkin seharusnya untuk New Game+ lebih ditingkatkan lagi tingkat kesulitannya, walaupun playthrough pertama sudah cukup sulit lol.

- OVERALL (3.5/5)


Tidak terlalu menarik untuk segi gameplay, tapi story-nya tetap cukup menarik untuk diikuti. Kamu yang gemar ngabisin waktu buat grinding/leveling, kamu pasti suka game ini lol. Mempertahankan ciri khas utama JRPG, grafik yang bagus, dan beberapa hal yang terasa 'out-of-the-box' juga bisa kamu temukan di game ini. Saya sendiri belum pernah main Astonishia Story yang pertama, tapi langsung memainkan yang ini juga sepertinya tidak masalah, dan saya menuntut untuk ada sekuel selanjutnya! Entah crimson Gem Saga 2 atau Astonishia Story 3 atau yang lainnya tidak masalah, karena *SPOILER ALERT* Endingnya ngegantung :v. Untuk kamu yang ga suka berlama-lama atau masih awam soal RPG, saya tidak terlalu menyarankan untuk main game ini karena mungkin akan bikin naik darah lol.

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar: