(Diary) Terra Battle - Part 1 Done!


Fuih! Akhirnya setelah kurang lebih satu bulan, Terra Battle berhasil gue tamatin (untuk part 1). Ga terasa kurang lebih satu bulan gue mainin game ini semenjak gue nulis Review Terra Battle, SETIAP HARI, kurang lebih 6 jam sehari. Sampe setiap hari pasti nge-spam progress Terra Battle di Facebook lol. Yak, kali ini gue ga pake bahasa semi-formal seperti biasa. Dan karena lagi seneng, gue bakal nulis pengalaman gue mainin game ini.

Gue ga pernah ngabisin waktu banyak buat mainin game mobile sebelumnya.

Ya, gue adalah Console Gamer, dan hampir ga pernah mainin game mobile dengan serius sebelumnya. Berbagai game di playstore yang keliatannya sesuai dengan selera gue, ternyata ga pernah bertahan selama seminggu. Pernah, gue coba game online mobile, Iruna Online. Bisa bertahan sampe 1-2 minggu, dan akhirnya gue bosen. Bahkan Chaos Rings yang bisa dibilang RPG keren di mobile, gue mesti nunggu mood buat maininnya.

Dan entah kenapa, Terra Battle adalah pengecualian. Mungkin karena punya banyak daya tarik tersendiri di mata gue. Dari developernya yang orang-orang intinya adalah sang pendiri Final Fantasy, musik Uematsu-sensei yang emang salah satu komposer pujaan gue, artwork-nya yang sesuai selera dan balanced antara cewek moe dan badass-nya cowok (apapun rasnya), gameplay-nya yang bener-bener tactic dan menarik walaupun beberapa orang nyamain cara battle-nya dengan Puzzle and Dragon, Download Starter (achievement yang dihitung dari jumlah download) yang bener-bener ditunggu, dan banyak hal lain yang gue suka banget dari game ini. 

Apa hal lain yang bikin gue betah? Secara tidak sengaja gue nemuin forum internasional yang ngebahas khusus soal Terra Battle, Terra Battle Forum. Kebetulan forum itu juga (mungkin) baru dibuat, dan membernya masih sekitar 20 orang doang. Dan kalo ga salah cuma gue dan satu orang yang dari Indonesia. Untuk pertama kalinya, gue sering ngomong sama orang pake bahasa inggris, yang walopun grammar rada ngaco, untungnya membernya ga terlalu peduli. Kenal sama banyak orang, terutama yang main dari Open Beta, dan udah tamat sebelum gue masuk ke forum itu wtf. Di forum itu gue banyak dapet tips dan guide, kayak soal SS Mage yang terlalu OP (OverPowered. baca : kelewat dewa), trik S/L (Save/Load) yang super duper amat sangat berguna buat ngehemat stamina dan ngebantu pas farming, trik Re-roll pas recruit biar dapet modal karakter dewa, tips lawan beberapa boss, rekomendasi squad, bahkan sampe tuker-tukeran akun lol. Gue cukup aktif waktu itu, dan sekarang masih tetep aktif walopun lebih sekedar crawling. Dan ada salah satu orang yang bikin fanart yang sketch-nya dewa bener, dan cuma butuh waktu 10-15 menit buat gambar. Muncullah motivasi baru gue buat ningkatin skill gambar gue, dan cukup berhasil! (Hasil gambar gue upload kesini nanti, nunggu ke rumah temen buat nge-scan lol)

Oke, itu sedikit kelebihan Terra Battle menurut gue. Sekarang gue mau ceritain pengalaman gue selama progress mainin game ini. 

Diawali dengan keberuntungan!

Masih inget gue dengan akun pertama yang gue buat. Kenapa beruntung? Karena gue berhasil dapetin karakter SS tiga kali berturut-turut! Yak, itu hal yang paling beruntung karena untuk dapetin satu SS sebenarnya susahnya minta ampun. Kalo kata orang-orang forum, RNG (Random Number Generator) berpihak pada gue lol. Dan semua adalah karakter dalam kategori waifu lol, yaitu Rikken, Amina, dan Amimari. Gue seneng banget, bahkan gue same pake gambar Rikken buat dijadiin Profile Picture di FB huehuehue... 

3 SS sekaligus, dan semua waifu lol
Ya, balik lagi ke progress. Dari awal gue buat akun ini, gue cuma bermodal Bahl, si ganteng Kuscah, dan dua Knight. Gue coba recruit lewat Pact of Truth, dapetlah Amimari. Loh, healer gue ada dua? Itu pertanyaan pertama gue. Dan setelah gue tau Job 2 Amimari itu sword, akhirnya gue mulai narik kata-kata gue sebelumnya. Lewat beberapa chapter, gue tarik lagi Pact of Truth, dapetlah lagi SS, dan ternyata... Amina. Healer lagi? Waduh. Dia pure healer, dan si ganteng pun gue tuker sama Amina yang bisa dibilang the best healer in this game, terutama karena punya skill Revive Party, yang hampir semua karakter ga punya. 

Setelah beberapa lama gue main, bertemulah gue dengan tempat yang namanya Metal Zone dan Hunting Zone. Impresi pertama gue? Itu tempat buat event-event tertentu doang. Dan setelah gue sadar, itu tempat ternyata buat leveling dan farming item dan duit. Ini juga salah satu yang bikin gue betah, karena gue ga harus repot-repot leveling kalo dapet karakter baru dan pengen dimasukin squad inti 

Tapi akhir-akhir ini gue menyesali, kenapa gue ga dapet SS Mage? Sejak awal gue ga terlalu peduli, tapi sekarang gue tau dan ngerasain sendiri perbedaan antara squad yang punya minimal satu SS Mage dengan yang ga ada sama sekali. Kontras banget, terutama dalam hal difficulty. Memang, ga ada pengaturan difficulty sama sekali, hanya saja pengalaman yang didapet beda banget. Orang forum juga bilang, akun yang punya SS Mage itu berarti main dalam Easy Mode lol. Salah satu keunggulan SS Mage dari mage lainnya, yaitu magic-nya yang punya AOE (Area of Effect. baca : skill area) ga wajar. Satu layar. Ya, satu layar penuh yang berarti semua musuh kena tanpa kecuali (dengan posisi yang benar tentunya). Stat SS Mage juga jauh lebih baik dari mage lainnnya.

Beberapa hari kemudian, insiden tak diinginkan pun terjadi...

Akun yang kamu mainkan sebenarnya hanya untuk satu HP, dan jika kamu mau pindah HP atau uninstall sementara, kamu DIWAJIBKAN menyimpan kode yang dibuat di pengaturan Change Device, yaitu Transfer ID dan Password. Kamu juga diwajibkan untuk menyimpan Inquiry ID jika sewaktu-waktu kamu ingin komplain ke pihak Mistwalker.

Apa yang terjadi pada gue? Gue lupa buat Transfer ID! Tapi kok jadi insiden? Ya, secara ga terduga Terra Battle di HP gue ga bisa dimainin. Layar blank hitam, ga bisa masuk sama sekali ke game. Hal itu memaksa gue untuk install ulang game. Yak berhasil, gue kembali bersemangat. Ada dua pilihan saat masuk ke game, New Game atau Transfer Game Data. Tentu gue pilih pilihan kedua. Apa yang gue lihat? TRANSFER ID! Gue coba masukin pake Inquiry ID karena gue kira itu kode yang mesti dimasukin. Berkali-kali gue coba dan fail, mulai panik dan keringet dingin. Gue teriak dalem hati, "RIKKEN GUE!" lol.

Menyerah, akhirnya gue coba googling dan cari cara biar akun keberuntungan gue ini bisa balik. Akhirnya ketemulah link yang nunjukin gue ke FB Official Fanpage Terra Battle. Ada orang yang nanya, dan yang ditanyakan sama seperti yang gue alami. Pihak fanpage pun menjawab, solusinya adalah dengan buat akun baru dan hubungi Contact Support lewat pengaturan di dalam game. Tanpa basa-basi gue buat akun baru dan langsung gue kontak ke support lewat email. Gue waktu itu cuma minta balikin akun gue sekalian lampirin Inquiry ID sama Account ID. Butuh waktu memang, sekitar satu minggu gue tanya-jawab sama support Mistwalker.

Dan, keberuntungan lain pun datang...

Cukup kesel dan stres gue waktu itu. Sambil menunggu jawaban soal akun yang hilang, gue mainin akun yang baru gue buat dan awalnya cuma buat ngehubungin bagian support. Ga jauh dari yang sebelumnya, tetep bermodal Bahl, si ganteng, dan beberapa Knight. Beberapa chapter gue mainin, dan nothing special. Sampai akhirnya, gue coba tarik Pact of Truth. And see what I've got? Jennish! HE'S FU**ING SS MAGE DUDE! Ya ampun... Ada apa ini? Dewa RNG berpihak sekali lagi kepada gue. Seketika gue bilang, "Nah loh, malah lebih bagus dari akun lama gue...". Ya, SS Mage memang imba dan amat sangat diharapkan hampir semua player Terra Battle. 

JENNISH~ You're my hero huehuehue...
Konsekuensinya? Ya, cuma itu karakter SS yang gue punya di akun ini sampe sekarang. Ga seberuntung akun gue sebelumnya yang dapet 3 SS berturut-turut. Tapi gue cukup beruntung, gue dapet A'merpact dan Mantledrake yang juga mage dibawah SS. Ga kalah kuat kok, karena pada dasarnya mage emang diperlukan. Di mid-game, Mantledrake gue tuker sama Bahamut yang kebetulan gue dapetin pas event Bahamut. Stat nya lebih baik dari Mantledrake yang sama-sama punya elemen api. Tiga mage dengan elemen berbeda, itu udah lebih dari cukup. 

Balik ke progress. Ga disangka, hanya dalam satu hari penuh gue berhasil ngebalap akun lama gue! Mungkin karena gue udah tau kondisi tiap chapter kayak gimana, jadi ya ga terlalu sulit. Hanya dalam seminggu, akun ini lebih maju sekitar 5 chapter dari akun Rikken gue. Makasih buat Jennish yang bikin hidup lebih mudah (?). Dan mulai saat itu, gue kaget sama magic pincer Jennish yang AoE nya ga karuan lol. Tapi tetep terkadang juga mage rada useless kalo udah ketemu musuh yang punya elemen sama. Jennish itu mage elemen petir, dan kadang suka kewalahan di chapter tertentu.

Akhirnya yang gue tunggu, akun lama gue balik!

Selama kurang lebih seminggu, apa yang gue khawatirkan akhirnya sirna. Pihak support ngasih gue Transfer ID dan Password baru, yang berarti gue bisa mainin akun "lucky" gue. Yay!

Seneng ga ketulungan setelah dapet email ini...
Ya, gue langsung mainin akun lama gue lagi. Tapi setelah sekian lama mainin akun Jennish, ada yang berbeda. Kok rasanya lebih susah ya? Selama seminggu gue ga khawatir sama musuh keroyokan, sekarang gue rada bingung kalo udah dikeroyok. Rasanya kayak ga bisa ngalahin semua musuh lebih cepet. Mulailah gue sedikit down dengan akun keberuntungan gue ini. Dengan sedikit berat hati, gue memilih untuk fokus ke akun Jennish.

Ah, dan satu hal yang gue sadari dari Jennish.


Yak, first impression gue setelah liat Jennish, Albert Einstein. Sadar setelah liat illustrasi di Job 2 nya, Jennish lagi melet, dan seketika gue inget Einstein lol. Dan hipotesis gue semakin diperkuat dengan quote gambar diatas. Punya kemiripan sama seseorang? Siapa lagi? Hahaha... Ini gambar gue pake di forum, dan banyak yang heran lol.

Mainin 2 akun? No problem!

Fokus ke satu akun bukan berarti akun lain ga dimainin lagi. Setiap stamina gue abis dan ga punya energy buat menuhin stamina lagi, gue selalu ganti ke akun yang satunya. Belajar dari kesalahan sebelumnya, sekarang gue selalu screenshot Transfer ID yang gue buat, bahkan gue punya catatan sendiri setiap ganti akun lol. Dua akun yang gue punya sekarang berharga banget. Terlalu berharga, bahkan banyak yang minta di forum.

Tim Einstein sebelum Final Boss.
Tetap, akun Jennish udah kelewat jauh dibanding Rikken. Tim Einsten (mulai dari sini gue ganti jadi Einstein lol) udah fix dengan squad Jennish, A'merpact, Bahamut, Bahl, Kuscah, dan Sam'upi, plus pengganti Pahrl untuk kondisi tertentu. Semakin jauh progress, tiap karakter yang gue punya udah mulai ganti job, yang berarti leveling lagi dari level 1. Makasih buat Metal Zone, ngebantu banget~ 

Perjalanan Tim Einstein pun baru saja dimulai...

Mid-game, dan permainan mulai terasa sulit. Disinilah gue bener-bener ngerasain susahnya setiap chapter dan boss yang gue lawan. Mulai dari Chapter 18 yang gue sebut "Taman Paku" karena spike-nya yang banyak dan luar biasa mengganggu, susahnya nyari item-item terutama Legendary Weapon buat ganti job, Chapter 20 yang sampe 20 kali battle dan hampir mati di battle terakhir, musuh yang ninggalin banyak bom ngeselin klo lagi jalan, boss Toxoid yang ngelempar 3 karakter gue keluar layar plus skill-nya yang sakit banget, ketemu empat Guardian of Crystal kalo di FF (Lich, Marilith, Kraken, Tiamat) yang bikin gue hampir ga bisa tidur karena ga menang-menang, kerepotan lawan musuh yang bisa nyerap magic yang elemennya sama, dan terakhir final boss yang dua kali berubah dan main keroyokan. 

4 Guardians (dari kiri : Kraken, Marilith, Tiamat). Lupa screenshot yang Lich, pas lagi ngantuk berat lol
Ga terasa itu semua gue lewatin kurang lebih sebulan, dan rasanya puas banget. Dari segi story, The Maker pun sudah terungkap di ending Part 1 ini. Sekarang, tinggal nunggu update buat part selanjutnya. Dan seperti yang gue jelasin diatas, ini baru Epilog, berarti petualangan sebenernya baru dimulai di part 2 orz. Yah, setidaknya kali ini gue bisa sedikit lebih santai, mau di kampus ato di rumah pasti main mulu lol. 

Tim Ricchan juga masih tetap berlanjut kok.

Squad waifu. Huehuehue...
Terus gimana dengan kabar Tim Ricchan? Masih dilanjutin kok, cuma progress-nya mungkin ga secepat Tim Einstein karena mesti sering-sering leveling + lagi proses naikin job semua karakter di squad inti. Kayak yang gue bilang sebelumnya, terasa lebih susah kalo buat ngejar chapter. Butuh penyesusaian level. Untungnya, Tim Ricchan cukup balanced. Sword, Bow, Archer, dan Mage porsinya seimbang, jadi karakter pengganti gue juga cukup banyak. Slowly but sure. Squad yang gue pake sekarang : Bahl, Grace, U'nasag, Amina, Daiana, dan Amimari, plus pengganti Sabertooth King, Mantledrake, Lunato, dan Zan. Mungkin bakal ditambah Beastfolk/Stonefolk/Lizardfolk Mage karena gue kekurangan mage buat elemen tertentu.
 

Dan tambahan sedikit review karakter yang gue pake sekarang. Mungkin bisa jadi rekomendasi kamu buat yang main juga. 

1. Jennish (SS - Mage - Lightning)
Ga usah ditanya lagi, udah gue jelasin soal SS Mage diatas. Magic-nya yang cukup deadly, gampang didapet, dan AoE nya yang bikin mob mudah dikalahin dengan cepat. Punya skill Ally Revival, Mega Heal (self), dan Regen yang artinya dia bisa survive sendirian. Stat fisikny memang ga terlalu bagus, cuma HP dan stat magic-nya udah diatas rata-rata. Dan yang paling ngenes, EXP gap-nya... Ga karuan. Karakter SS emang makan EXP banyak orz.

2. A'merpact (A - Mage - Ice)
Mage juga, walopun ga sekuat SS dari segi stat tapi udah lebih dari cukup. AoE nya juga ga sebesar SS, cuma sekedar pincer doang. Agak ribet juga buat dapetin skill magic-nya karena beberapa dapet di level 65.


3. Bahamut (S - Mage - Fire)
Bisa dibilang Mage Hybrid, karena di Job 2 stat fisik dan magic seimbang dan sama-sama gede. Didapet pas event Bahamut, dan item buat upgrade job juga rada susah, terutama Caladbolg yang juga mesti didapetin lewat event. Satu-satunya monster yang punya 3 job. EXP gap-nya juga ga kalah gede sama karakter SS, dan itu ngeselin.

4. Kuscah (B - Mage - Healer)
Si ganteng... Yak, healer. Tujuan utama ini karakter udah jelas banget. Stat-nya mungkin ga terlalu bagus, tapi enaknya skill healing-nya gampang didapet. Punya skill Restorative Counter yang bikin dia bisa survive kalo dikeroyok. Skill Control Time nya juga cukup berguna buat nyusun posisi.

5. Bahl (B - Sword)
Queen of Counterattack and Damage Powerhouse Dealer. Gue sempet ngeremehin karakter ini karena ranknya B dan rata-rata karakter starter itu ga bagus. Asumsi gue dipatahkan setelah gue dapetin semua job dan naikin ke level maksimum. Seriously, she is seriously deadly. Sesuai title yang gue kasih ke cewek satu ini, dia punya skill Counterattack di setiap job, dan skill Physical Attack x1.5 itu bikin Bahl makin OP. "Attack is the best defense" berlaku buat dia. Satu-satunya karakter gue yang bisa tembus 10k damage :D.

6. Sam'upi (A - Spear/Bow/Sword)
Stonefolk keluaraga Upi ini cukup fleksibel karena jobnya yang bisa ganti-ganti sesuai kondisi musuh. Di awal permainan memang keliatan biasa-biasa aja, tapi setelah mendekati end-game (Chapter 20 keatas), He is fu**ing useful as sh*t. Control Time nya berguna banget buat nyusun posisi + Defense -20% buat Machine yang efektif banget karena rata-rata musuh diatas Chapter 20 itu Oxecian yang hampir semuanya itu semacam battleship dan robot. Final Boss ga kerasa gara-gara dia lol.

7. Rikken (SS - Bow)
Kembarannya Yukken. Stat nya lumayan, terutama buat defense. Mungkin ga terlalu spesial di awal karena keliatan kayak karakter bow biasa. Tapi kalo udah dapet Job 2, Rikken bisa merangkap jadi healer karena skill Heal All. Dan di Job 3, skill Negotiator Pro itu keren banget~ Chance buat dapetin musuh (bahkan boss sekalipun) jauh lebih besar dari biasanya. Pengalaman temen yang nangkep Bahamut pake Negotiator Pro, 20 kali jalan, 20 kali pula dapetnya. Artinya, chance rate nya hampir 100%...

8. Daiana (A - Mage/Bow - Fire)
Ga terlalu spesial, kecuali Job 2 nya yang malah jadi Bow, dan rada useless. Gue pake karena gue butuh mage. Stat-nya standar, dan bakal bener-bener jadi mage kalo udah dapet Job 3 karena rata-rata skill magicnya ada disitu. Pengen gue ganti sama Bahamut, tapi karena EXP gap nya parah, gue tetep pake Daiana. Not bad kok...

9. Grace (B - Bow)
Karakter starter juga, sama kayak Bahl. Karakter paling cakep menurut gue, dan di deskripsi juga katanya masih sekitar 15 tahun lol. Ga se-OP Bahl memang, tapi skill-nya mudah didapet. Ga spesial banget sih... Cuma dia waifu gue (?).


10. Amina (SS - Mage - Healer)
Pure healer, dan mungkin the strongest healer menurut gue. Skill healing dewa-nya yang gampang didapet macem Giga-heal dan Heal all. Skill Revive Party nya juga eksklusif buat Amina doang. Emang fokus buat healing doang + defense bagus, sisanya biasa aja.


11. Amimari (SS - Mage/Sword - Healer)
Ga jauh beda dari Amina, healer juga. Cuma Amimari juga merangkap Sword di Job 2 yang berarti dia bisa maju ke garis depan sebagai DPS maupun Support. Healer paling useful kata orang-orang. Skill Revive 1/2 HP juga sangat eksklusif.

---------------------------

Yak, mungkin segitu aja curhatan gue lol. Udah tamat, tapi bukan berarti gue berhenti dulu sampe update selanjutnya. Tim Einstein mesti terus leveling sampe mentok, namatin Tim Rikken, dan lain-lain. Gue pengen banget gunain IAP di game ini, karena gue pikir cukup worth lah buat gue yang aktif main Terra Battle, juga nge-support developernya. Sayangnya, gue belum punya credit card... Yah mungkin nunggu gue kerja dulu lol Gara-gara nih game, Grand Knight History gue di PSP ga gue lanjutin. Well done~

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar: