(Review) Terra Battle - Mobile



(Review) Terra Battle - Mobile - Back to review~ Setelah sekian lama hiatus karena sibuk kuliah, akhirnya kembali menyempatkan diri nulis lagi (kecuali tugas). Kali ini saya akan me-review game mobile yang bener-bener bikin saya hype, dan untuk pertama kali saya hype nungguin game mobile lol. Kenapa hype? Karena yang buat adalah para developer veteran Final Fantasy, yaitu Mistwalker. Se-hype apakah game ini? Yuk lihat review saya dibawah. 

- STORY (3/5)

Terra Battle bercerita tentang dunia yang hampir diambang kehancuran. Di dunia Terra Battle terdapat tiga ras, yang masing-masingnya mencari The Maker atau Sang Pencipta. Dalam cerita ini kita membuat sebuah grup yang akan mencari tahu misteri dibalik ancaman kehancuran dunia tersebut dan mencari secercah harapan untuk mencapai kedamaian ke sedia kala.

Cerita di Terra Battle ini simpel, dan diceritakan secara terpisah di setiap chapter dan sub-chapter. Cukup menarik dan terkesan serius, walaupun ada beberapa dialog yang mengandung joke tapi tidak terlalu terasa bagi saya. Profil setiap karakter yang kamu dapatkan juga cukup lengkap dan menarik.

- GAMEPLAY (5/5)

Kenapa saya memberi nilai tertinggi? Karena gameplay pada Terra Battle sangat menarik untuk saya dan mungkin sangat jarang, atau bahkan belum ada. Punya konsep yang kurang lebih sama seperti Trading Card Game (TCG) pada umumnya, hanya saja saya tidak merasakan kalau Terra Battle itu sebuah TCG, melainkan game RPG pada umumnya. 

Yang membuat Terra Battle memiliki konsep TCG adalah cara mendapatkan karakter, sistem stamina, dan energy. Sama seperti TCG pada umumnya, karakter bisa didapat dengan membayar menggunakan coin yang kamu dapat saat battle atau menggunakan energy yang memiliki presentase mendapatkan kartu rare lebih besar. Karakter juga bisa didapat selama pertarungan berlangsung, dengan mengalahkan musuh yang kamu lawan. Pertarungan kamu juga dibatasi dengan stamina, yang jika stamina kamu habis maka harus menunggu beberapa lama untuk terisi kembali, atau bisa menggunakan energy untuk mengembalikan stamina secara instan. Energy bisa didapat dari daily mail, menyelesaikan chapter, gift code, maupun dengan membeli secara online dengan uang asli tentunya.


Nah, ini yang menarik, sistem battle pada Terra Battle. Inilah yang membedakan Terra Battle dengan TCG lainnya. Kamu tidak melawan musuh hanya dengan mengklik battle dan grup kalian bertarung secara otomatis, melainkan kamu harus menggerakkan sendiri grup yang kamu punya. Maksimal dalam satu grup adalah 6 karakter. Kalau kata developer-nya sendiri, gameplay Terra Battle terinspirasi dari permainan Shogi. Kamu harus menggerakkan satu karakter dengan waktu yang terbatas, mengatur posisi, dan serang. Dalam sekali battle biasanya bisa 2-5 kali pertarungan, tergantug sub-chapter yang kamu pilih. Musuh tidak dapat diserang seorang diri, melainkan harus diserang dengan dua karakter atau lebih dalam satu garis lurus dan mengelilingi satu musuh, bahkan lebih. Posisi karakter sangat mempengaruhi seberapa banyak teman kamu yang akan membantu menyerang. Bingung? Tenang saja, ada tutorial di awal permainan yang akan membantu kamu untuk mengerti mekanisme cara bertarung di Terra Battle secara bertahap. Hampir sama sekali tidak ada keberuntungan, yang kamu butuhkan adalah strategi. Bahkan jika level karaktermu rendah sekalipun bisa saja mengalahkan musuh yang level-nya jauh diatas kamu. Dan dengan strategi yang benar bahkan bisa mengalahkan semua musuh dalam satu turn sekaligus! Inilah kelebihannya yang membuat battle terasa cukup lama seperti game tactics RPG. Sejauh ini rekor waktu terlama saya adalah sekitar 20-30 menit saat melawan boss.


Tiap karakter juga memiliki class masing-masing. Untuk saat ini terdapat 4 class, yaitu Sword, Spear, Archer, dan Mage. Tentunya setiap class seperti pedang bermata dua, memiliki keunggulan dan kelemahan. Seperti game suit/janken, satu class unggul melawan salah satu class lain, dan juga lemah dengan satu class lainnya. Contoh : Sword. Class ini unggul saat melawan Archer, otomatis damage yang diterima Archer lebih besar. Dibalik itu Sword lemah dengan Spear, dan efeknya juga sebaliknya. Pengecualian dengan mage yang (sepertinya) tidak ada kelebihan dan kelemahan terhadap class lain. Sama halnya dengan elemen yang dimiliki karakter. Terdapat 3 elemen, yaitu Fire, Ice, dan Thunder. Salah satu elemen tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan terhadap elemen lain.

Beberapa karakter juga memiliki job, yang umumnya memiliki 3 job. Untuk mengganti job, kamu harus menyiapkan beberapa item yang dibutuhkan dan tentunya coin yang cukup. Skill yang dimiliki karakter pada umumnya bergantung pada class yang dimiliki, dan beberapa karakter yang memiliki elemen memiliki skill beratribut elemen yang karakter itu punya.

Untuk eksplorasi, satu tempat terdapat satu chapter, yang biasanya terdiri dari beberapa sub-chapter (biasanya antara 5-10 sub-chapter). Untuk menyelesaikan satu tempat/chapter, kamu harus melewati semua sub-chapter. Sub-chapter terakhir biasanya adalah boss battle. Terra Battle memiliki sekitar 30 chapter, dan mungkin akan ditambah untuk update kedepannya. Ada beberapa tempat khusus juga, yang sangat cocok untuk leveling maupun farming, yaitu Metal Zone (leveling) dan Hunting Zone (farming). Terkadang jika ada event tertentu juga akan memunculkan tempat yang baru.


- GRAFIK (5/5)

Untuk grafik ga usah ditanya lagi, karena yang berperan dalam membuat ilustrasi dan desain karakter rata-rata adalah veteran artist yang udah kerja di beberapa perusahaan game ternama dan cukup dikenal di beberapa game karena ciri khasnya. Kimihiko Fujisaka (Drakengard), Hideo Minaba (FFXII, Vagrant Story), Yoshitaka Amano (FF series), dan artist lainnya yang cukup terkenal dan sudah tidak diragukan kualitasnya. User Interface yang terlihat minimalis tapi tetap menarik, animasi battle yang cukup flashy dan eyegasm (?), desain karakter yang keren, dan sebagainya. Overall soal grafik emang selera saya banget lol. 

- MUSIC (4/5)

Dan soal musik, ini yang paling bikin saya excited mainin game ini. Siapa yang ga kenal Nobuo Uematsu, komposer sesepuh FF series yang musiknya memang punya ciri khas. Idola saya pas masih suka bikin-bikin musik lol. Untuk musik sudah bagus banget menurut saya. Kalau saja ada voice actor yang mengisi suara karakter mungkin lebih bagus, minimal saat battle saja. Kalau itu terjadi, mungkin size game ini bakal bengkak lol.

- OVERALL (4/5)


Tidak ada replay value seperti biasanya, karena game ini memang akan selalu update dan ga akan tamat sampai developer-nya bosen lol. Terra Battle itu F2P (Free to Play), kurang apa coba? Kamu juga ga harus bergantung dengan uang untuk menang, karena game ini memang murni strategi dan seberapa rajin kamu leveling, sama seperti RPG umumnya.  Sayang secara official masih region-lock, cuma untuk Jepang, Amerika, dan beberapa negara Eropa. Sebagian besar region Asia dan Australia ga kebagian. Tapi untungnya masih bisa diakalin (caranya bisa lihat dibawah). Jujur, saya sendiri belum pernah ngabisin banyak waktu untuk game mobile, dan kali ini batre HP saya sering habis karena game ini hahaha. Yang pasti game ini sangat menarik dan sangat recommended untuk kalian yang suka Tactics RPG, dan buat para penggemar FF klasik juga. Pengalamannya akan sangat berbeda dibanding game mobile lain terutama untuk yang bergenre TCG.

Ditambah lagi, Terra Battle juga memiliki semacam Kickstarter, lebih tepatnya Download Starter, dimana semakin banyak yang download sesuai target maka konten yang dibuat dan ditambah akan semakin banyak seperti tambahan ilustrator, musik, cerita, boss, bahkan sampai mengadakan live concert, membuat figure khusus, dan yang paling terakhir (2 juta download) Terra Battle akan dibuat untuk konsol! Bahkan sampai review ini ditulis, baru dua hari secara resmi rilis sudah langsung mencapai 120 ribu download! Wow! Kalau saja tidak ada region-lock, mungkin dalam satu minggu bisa saja menembus 1 juta download hahaha. Berharap saja...

(Download Starter. Klik untuk memperbesar.)

-----------------------------------------------------------------------

- MENGATASI REGION LOCK DI TERRA BATTLE

Untuk yang kena region-lock di Playstore/App Store, bisa coba cara ini : disini.

Atau untuk yang pakai Android, bisa coba cara saya :

1. Download Psiphon VPN (ada di Playstore atau web lain untuk APK)
2. Buka setting > apps. Cari Google Playstore, lalu clear data.
3. Nyalakan Psiphon, jangan lupa untuk memilih Whole Device.
4. Masuk ke Playstore, dan sekarang playstore kamu berada di region Amerika
5. Cari Terra Battle, lalu install. Kamu boleh mematikan Psiphon sekarang jika dirasa koneksi menjadi lambat saat download. Tunggu sampai selesai, sekitar 70mb.
6. Selesai :D

Cara diatas harus dilakukan saat pertama kali download atau saat update. Hanya untuk masuk ke Playstore, selain itu (in-game) bisa dimainkan tanpa VPN.

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

3 komentar:

  1. playstore gw malah gk bisa konek jadinya pas install psipohn ..

    ReplyDelete