(Tips Trick) Valkyria Chronicles 3 Extra Edition (Updated 18052014)

 
Back to gaming~ Sekarang lagi suka banget main VC3 karena udah ada yang translate (Thanks for vc3translationproject!). Tadinya lagi main Brave Story New Traveler, dan pas coba-coba mainin VC3, keterusan lol. Yak, sekarang saya mau bagi-bagi tips sedikit aja. Entah berguna untuk kalian yang baca atau ga, tapi yang pasti ini catatan pribadi saya hehe... I'll keep updating this post, when I find something good to share :D.

----------------------------------------------------------------------------
Update log :
- 04052014 : Easy EXP & DCT (Chapter 5 - Gun-site Snow Raid)

- 11052014 : Easy EXP & DCT (Chapter 11 - Merchant Brigade)
- 13052014 : Easy EXP & DCT (Chapter 13 - OP GA Logistics
- 18052014 : Easy EXP & DCT (Chapter 18 - OP Com-Site Disruption)
----------------------------------------------------------------------------
 
1. EASY EXP & DCT (maybe)

A). Chapter 5 - (Free Mission) Gun-site Snow Raid

Sejauh saya main, yang paling mudah cari EXP dan DCT itu ada di Chapter 5, di Free Mission Gun-site Snow Raid. Objective-nya gampang, cuma rebut enemy base doang. Kenapa saya bilang gampang? Karena dengan cara yang tepat, cuma butuh satu turn untuk menyelesaikan misi ini. Sekali menang, dapet kurang lebih 13000 EXP dan 20000 DCT :D. Lumayan lah buat di awal-awal.



Nah, ini triknya (lebih tepat tips sih). Sebelum mulai misi, member yang ditaruh cuma 4, tiga buat nyerang, satu buat jaga base aja. Sebelumnya, siapkan member yang pakai class Scout, Sniper, dan Lancer buat nanti. Untuk area 2, yang wajib ikut, Kurt. WAJIB, karena Direct Command nya sangat berguna buat bawa 2 orang sekaligus. Sisanya, terserah. Tapi recommended dari saya sih bawa Gunner, karna gampang bunuh musuh yang lagi crouch. Kalo ga ada pake yang lain juga ga masalah, cuma rata-rata butuh 2 CP buat bunuh musuh yang lagi crouch. Nah, untuk area 4, ini juga terserah cuma buat jaga base doang. Recommended sih Armor-tech, buat nahan orang yang nembak.

Kurang lebih seperti ini lah...
Nah, kalau sudah mulai, langsung pake si Kurt. Tunggu, jangan lupa pake Direct Command, dan bawa member yang lain ke bendera di tengah map. Jalan lewat kiri map, dan end turn di tengah-tengah. Next, pake Gunner (atau yang lain), langsung hajar bendera di pojok kiri atas map. 

Jangan lupa Direct Command.

End Turn di tengah-tengah map. Kalau bisa ambil sekalian benderanya lol.

Pake Gunner (atau yang lainnya), langsung lari ke bendera di pojok kiri atas.
Pindah ke area 1. Disini baru pake Scout, Sniper, dan Lancer. Pertama, pake Lancer, hancurin APC yang ada di tengah map, terus tembak musuh di base musuh (kanan atas) DARI SAMPING, biar keluar dari area base. Next, pake Sniper, bunuh musuh yang ada di tengah map. Yang terakhir, pake Scout, minimal butuh 2 CP untuk sampai ke base musuh. Langsung ngibrit ke base musuh. HATI-HATI ranjau, dan ga usah peduliin mortar, kena juga ga seberapa. Langsung ambil bendera (kalau musuh sudah di luar area base). Kalau sempet bunuh musuh yang ada di tengah-tengah map (kalau masih ada) dan kalau musuh di base masih hidup, bunuh aja kalau perlu. 

Ada 1 APC dan 1-2 musuh di tengah (antara Scout, Medic, Shocktropper).
Kalau ga ada yang miss satupun, voila~ Completed dalam 1 turn, bahkan sisa 1 CP. Ga butuh 5 menit buat menang. Lumayan buat diulang-ulang karena mission selanjutnya lumayan susah.

B). Chapter 11 - (Free Mission) Merchant Brigade

Another one-turn mission~ Objective-nya masih sama kayak diatas, ngerebut satu base musuh. Cuma yang ini sedikit tricky dan juga butuh sedikit keberuntungan karena posisi/keberadaan musuh susah ditebak. Setiap ngulang misi pasti selalu berubah-ubah musuhnya. Paling mentok ya paling sekitar dua turn. Kalau menang, dapet kurang lebih 22000 EXP dan 29000 DCT.


Langsung ke strategi. Sebelum mulai misi, pastikan ada minimal 3 Scout (2 Scout Veteran/Elite, sisanya biasa juga gapapa), 1 tank dengan AP tinggi + Constructor Arm, dan 1 Armored-tech (Veteran/Elite). Nah pas Mission Briefing, di area 1 taruh 1 Scout Veteran/Elite dan Tank. Di area 2, taruh 1 Scout biasa. Kalau sudah, Mission begin~


Mulai dari area 1. Pakai tank lebih dulu, buat jembatan pakai constructor arm di deket base. Kalau ada shocktropper/scout di sekitar jembatan, pastiin dibunuh dulu biar Scout kita pas lari ga ditembakin. JANGAN LUPA balik lagi ke base buat stand-by, karena bakal dipake lagi buat nanti. Lanjut ke Scout, lari sampai bendera musuh di pojok kanan atas. HATI-HATI RANJAU! (lokasi ranjau liat dibawah).

Yang dilingkarin merah itu area ranjau. Bisa ada bisa ga, tergantung luck (loh?)

Pas sampai di bendera, bakal nemu musuh lagi crouch. Beruntung kalau dapet Scout/Sniper, tinggal lempar bom juga mati. Kalau dapetnya Shocktrooper, mesti pake sedikit trik lempar bom. Bisa lihat dibawah, dan kalau berhasi musuh bakal keluar dari area bendera, lari dikit rebut deh. Kenapa pake trik? Karena untuk shocktropper ga bisa mati cuma dilempar bom sekali, dan kalo dilempar bom dengan arah yang kurang tepat pun musuh ga bakal mental keluar area bendera, jadi mau ga mau harus pakai 2 turn untuk rebut bendera doang.

Ga jamin 100% berhasil, tapi ini sering saya coba hampir di semua misi, dan overall berhasil :D

Kalau bendera sudah direbut, stand by Scout-nya, pindah ke area 2. Pakai scout yang sudah ditaruh tadi, lari ke button di tengah-tengah map. HATI-HATI RANJAU! (Lokasi ranjau liat dibawah).

Yang dilingkarin merah itu lokasi ranjau. Sama kayak diatas, tergantung luck lol.

Kalau button-nya sudah ditekan, gunakan scout veteran/elite yang baru dari bendera di pojok kiri atas. Lari ke bendera pojok kanan atas, dan lagi-lagi butuh trik lempar bom kalau ketemu Shocktrooper. Yang kali ini ga sesusah yang sebelumnya. Cukup lempar bom di samping kiri musuh, dan musuh langsung terlempar keluar daerah bendera. Langsung lari lagi, rebut benderanya, stand-by, selesai.


Lanjut lagi ke area 3. Pakai tank lagi, jalanin tank-nya ke atas, buat jembatan, selesai. Nah disini CP bakal sisa 2, pakai Armored-tech, lari sampai ke bendera di sebelah kanan map.


Kenapa pakai Armored-tech? Karena setelah lewat jembatan, bakal ketemu tank musuh, dan kalau pake class lain bisa mati seketika, dan AP Armored-tech juga ga terlalu jelek. Dan lagi-lagi, ketemu musuh yang lagi crouch. Ada 3 kemungkinan : Scout, Sniper, Shocktrooper. Dan lagi-lagi, sama kayak diatas. Disinilah keberuntungan untuk dapet 1 turn diuji lol. Beruntung kalau dapet Scout/Sniper, kalau Shocktrooper, errr... saya belum punya trik buat ngelempar ke luar area bendera, karena daerahnya sempit, mau ga mau ya harus 2 turn. Dan kalau beruntung, tinggal lempar bom, ambil bendera, selesai~  One-turn win~

C). Chapter 13 - (Free Mission) OP GA Logistics

Dan ketemu lagi one-turn mission~ Tapi yang kali ini paling gampang dari yang udah disebutin diatas. Mungkin karena emang sengaja untuk grinding, karena jujur mulai dari chapter 12 musuhnya udah elite semua. 


Karena gampang, kayaknya ga perlu dikasih tahu lagi cara one-turn win kayak gimana. Misinya cukup ambil 4 kotak di seluruh map. Luckily, lokasi kotaknya statis, alias ga pindah kalau misi diulang-ulang. Jadi saya akan kasih lokasi fix kotaknya aja. Strategi? Yang pasti sediain Scoute Elite, dan saran tambahan Armored-tech Elite. Sisanya terserah :D.

Area 2. Ada di sekitar bendera di bawah map.

Area 2. Mojok di pojok kiri bawah map.

Area 1. Pas di tengah-tengah map, di dalam bangunan.
Area 1. Di paling atas map, di belakang rumah.
D). Chapter 18 - (Free Mission) OP Com-Site Disruption

Yak, dapet lagi one-turn mission~ Kali ini di Chapter 18, lumayan jauh (udah mau tamat mungkin?). Seperti biasa, ambil base utama musuh >.<. EXP/DCT nya lumayan sih, kurang lebih 30000 EXP dan 80000 DCT. Paling hemat CP daripada yang lain. Saya nyelesein nih misi masih sisa CP 5 lol.


OK, langsung ke briefing. Mulai dari Area 5, taruh Tank dengan Constructor Arm, sisanya lebih banyak pake Scout. Untuk di briefing ini, cukup Tank aja yang di-deploy.

Mulai~ Pertama, pakai tank, langsung buat tangga di kiri base, dan JANGAN LUPA STAND-BY!. Wajib, karena bakal dipakai lagi. Kalau sudah, pakai Scout Elite, lari ambil 2 bendera di bawah, satu scout aja cukup (sebenernya).


Sudah? Pindah ke Area 4. Pakai Tank lagi, buat jembatan pas dibawah base. Lanjut lagi pake Scout, tekan tombol di dekat jembatan, selesai.


Yak, tinggal yang terakhir. Di Area 3, pakai Imca, Open Fire, tembak musuh/APC di turunan deket bendera di sebelah kiri. Yang terakhir, lari pakai Scout (lagi), ambil bendera di sebelah kiri, lanjut lari sampai base utama musuh di pojok kanan bawah. Ada beberapa musuh di jalan ke arah base utama musuh. Kalau ga mau nekat, tembak lagi pakai Open Fire si Imca, atau pakai Sniper juga ga masalah. Ambil base, dan selesai~ Lebih mudah dari misi ambil base musuh lain diatas.


*will be updated, maybe XD*

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment