(Visual Basic 6.0) Number Generator


Back to Programming Journal~ Kali ini bakal ada yang baru, Visual Basic 6.0. Baru mulai belajar semenjak ada praktek di kampus. Ternyata ga terlalu susah (tergantung sih). Jadi, kali ini saya akan membuat program sederhana "Number Generator" dengan cara looping yang berbeda-beda, dan ini adalah tugas laporan praktek ke-2 saya. Bagaimana cara membuatnya? Check it out.

Note : *Semua kode dibawah dibuat oleh saya sendiri* :D
 
Langkah-langkah : 

1. Pertama, buat program "Standard EXE", kemudian taruh objek-objek seperti dibawah (tergantung selera sih maunya kayak gimana) : 

 
Keterangan :
Label1             : Judul Program
Label2             : Mulai dari angka
Label3             : Sampai ke angka
Text1               : Memasukkan angka pertama
Text2               : Memasukkan angka terakhir
Command1     : Button perulangan dengan Do…While
Command2     : Button perulangan dengan Do…Until
Command3     : Button perulangan dengan While…Wend
Command4     : Button perulangan dengan For…Next

2. Klik 2x pada form, kemudian masukan kode berikut (ini cara ribetnya XD full koding, sebenernya bisa pake bantuan toolbar di sebelah kanan macem ganti caption dll. Sekali lagi, tergantung selera).  :


3. Kalau sudah, tekan tombol Start (icon play) atau kalo di toolbar pilih Run > Start (langsung teken F5 juga bisa). Kalau tidak ada masalah, maka selesai~ Tinggal buat executeable-nya di toolbar File > Make namaprojek.exe.

Output :   



SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment