(Review) Granblue Fantasy - Mobile/Browser


Yak, kembali ke Review. Sejauh ini masih keasikan main Terra Battle lol. Kali ini saya akan me-review game yang saya mainkan sekarang, Granblue Fantasy. Saya nemu game ini secara tidak sengaja dari iklan di Pixiv. Tertarik dengan banner iklan-nya, saya coba lihat website-nya, dan sepertinya saya agak familiar dengan desain karakternya. Ternyata artist-nya adalah Hideo Minaba yang terkenal dari Final Fantasy Tactics! Dan saya makin kaget setelah tahu komposernya adalah Nobuo Uematsu! Lagi-lagi game buatan veteran FF lol. Seperti apa game-nya? Yuk lihat review-nya~


- STORY (?/5)

Belum bisa ngasih nilai untuk cerita, wong bahasanya juga susah dicerna lol. Tapi dilihat dari progress game-nya, kelihatannya untuk story bakal bagus banget. Bahkan untuk setiap quest (baik story quest atau quest biasa) maupun tiap karakter memiliki ceritanya sendiri. Sangat menarik untuk diikuti sebenarnya, hanya saja kendala bahasa yang... begitulah lol.



- GAMEPLAY (4/5)



Sama seperti game RPG umumnya, kita akan berpetualang dengan menyelesaikan quest, baik itu Story Quest, ataupun Free Quest. Ada juga semacam quest khusus untuk mendapatkan item tertentu dengan mudah, dan misi mengalahkan boss dengan berbagai tingkat kesulitan yang tentunya akan mendapat reward yang setimpal. Untuk menjalankan quest, dibutuhkan AP (Action Point?) dengan jumlah tertentu, semakin jauh cerita maka makin besar AP yang dibutuhkan tentunya. Bisa juga melakukan March Battle, yaitu melawan boss tertentu (dengan tingkat kesulitan tertentu) sambil dibantu para player lain yang sedang online dan ikut membantu. Untuk bisa melakukannya dibutuhkan BP (Battle Point) dengan jumlah tertentu pula.

Di bagian kostumisasi, cukup banyak yang bisa kamu lakukan. Untuk karakter utama, kamu bisa dengan bebas mengganti job yang kamu inginkan seperti Final Fantasy Tactics. Untuk menaikkan job ke tingkat selanjutnya, kamu membutuhkan JP (Job Point) yang bisa didapatkan saat Rank karakter utama bertambah. Saat ini ada 3 tingkatan level, dan setiap tingkatan dibutuhkan syarat Job Level yang berbeda. Kamu bisa mengatur party yang akan digunakan untuk bertarung. Maksimal party yang bisa dibawa yaitu 4 orang (termasuk karakter utama) plus 2 orang pengganti jika ada salah satu karakter kamu yang mati di tengah pertarungan. Ada dua cara untuk menaikkan level karakter, bisa dengan menyelesaikan quest dan dengan meng-upgrade menggunakan senjata yang tidak dipakai. Batas level juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan beberapa item yang dibutuhkan, dan tiap karakter mempunyai syarat yang berbeda-beda. Skill baru pada setiap karakter bisa didapatkan dengan menaikkan level, tentunya level yang dibutuhkan untuk skill tiap karakter berbeda-beda. 

Profil karakter saya (14122014)

Karakter utama juga dapat menggunakan senjata yang sesuai dengan job-nya. Level senjata pun juga bisa di-upgrade dengan menggabungkan senjata yang tidak terpakai. Selain itu juga kostumisasi yang bisa dilakukan adalah Summon Monster. Kamu bisa membawa 6 monster plus 1 jika kamu mengguakan bantuan teman sebelum melakukan quest. Untuk menaikkan level summon monster yaitu dengan menggabungkan monster-monster lain yang mungkin tidak akan dipakai lagi. 

Tidak jauh seperti Trading Card Game, karakter/senjata/summon bisa didapatkan lewat Gacha yang membutuhkan Ruby (mata uang di game ini) maupun pecahan Rainbow Crystal. Karakter langka dapat mudah (ga mudah juga sih) didapatkan dengan Rainbow Crystal. Yak, hal yang ga saya suka dari game TCG, kamu harus berurusan dengan keberuntungan untuk mendapatkan sesuatu yang langka, dengan nama lain RNG. Yah, faktor keberuntungan memang tidak bisa ditebak...
Saat-saat mendebarkan saat berurusan dengan RNGod lol

Untuk sistem bertarung, sangat klasik. Murni turn-based, hanya party kita selalu diberi kesempatan untuk menyerang pertama. Yang menguntungkan juga, skill bisa digunakan diluar turn kamu. Jadi sebelum menyerang, kamu bisa menggunakan semua skill yang dimiliki party, baik itu skill menyerang, buff, debuff, dll. Summon Monster juga bisa digunakan sebelum seluruh party menyerang. Kamu sama sekali tidak membutuhkan MP seperti RPG pada umumnya untuk menggunakan skill/magic/summon, skill bebas digunakan tetapi bisa digunakan kembali setelah beberapa turn.

Saat battle. Tetap terlihat keren lol

- GRAFIK (10/5)

Nah ini dia yang saya suka dari game ini. Dari saat pertama kali saya menemukan game ini, artwork-nya benar-benar appealing banget sampai saya tertarik untuk meng-klik iklan banner lol. Konsep yang bertema langit biru sangatlah indah lewat sentuhan Hideo Minaba. Ilustrasi karakter yang dibuat benar-benar memiliki ciri khas dan amat sangat mendetail. Tidak ada desain karakter yang tidak saya suka, terutama karakter yang menggunakan armor. Minaba-san benar-benar bisa memberikan sentuhan yang tepat dan sangat detail. Animasi pertarungan juga sangat dinamis, animasi skill dan saat menggunakan summon sangatlah diluar perkiraan untuk sebuah game mobile. Pernah lihat bagaimana cinematic scene saat Squall menggunakan GF di Final Fantasy VIII? Yak, tidak jauh berbeda. Sangat memukau dan menarik untuk dilihat, hanya saja ini versi 2D-nya. Tanpa terkecuali saya memberikan nilai maksimal untuk grafik, bahkan over lol.

Huehuehue...

- MUSIK (4/5)

Musik khas Nobuo Uematsu akan sangat kental disini. Ternyata tidak hanya Nobuo Uematsu yang terlibat dalam penggarapan musik, Itsuki Iwasa dan Tsutomu Narita juga ikut berkontribusi membuat musik di game ini. Dua komposer tersebut sudah cukup berpengalaman, terutama Narita-san yang sudah berkecimpung di dunia musik Anime. Benar-benar memberikan nostalgia jka kamu sering bermain Final Fantasy Series sebelumnya, terutama saat bertarung. Kelebihan lainnya juga di game ini juga menggunakan voice-actor yang hampir full di setiap dialognya, dan rata-rata diisi oleh pengisi suara terkenal di beberapa Anime dan Game lain. Mungkin secara teknis ada yang sedikit kurang, transisi BGM saat battle tidak semulus yang dikira, seakan-akan seperti sedang mendengarkan lagu setengah kemudian diganti ke lagu yang lain secara mendadak. Mudah-mudahan hal itu bisa diperbaiki untuk kedepannya. Untuk yang lainnya, almost perfect!

- OVERALL (4.5/5)

Rasanya belum bisa memberikan nilai keseluruhan maksimal karena secara teknis masih terasa kurang. Masalah BGM yang saya sudah jelaskan di bagian Musik, dan data yang hampir sepenuhnya server-side. Yang saya maksud dari server-side adalah setiap konten yang kita gunakan di dalam game harus selalu di-download. Entah hanya kemungkinan saya saja atau konten-konten yang sudah kita buka sebelumnya tidak tersimpan kedalam cache sehingga setiap membuka menu tertentu, kontennya harus selalu di-download ulang, tentunya akan menghabiskan kuota lebih buat yang menggunakan paket internet kuota lol. Memang resource yang tersimpan di memori PC/smartphone lebih sedikit, hanya saja internet di Indonesia masih... ya sudahlah.

Tapi selain masalah teknis diatas, Overall bagus banget secara presentasi. Selamat bagi kamu yang punya basic Bahasa Jepang, bagi yang tidak ya kamu mesti tanya sana-sini untuk mengerti tiap pilihan menu-nya. Tenang, banyak komunitas dan forum untuk bertanya-tanya. Untuk forum dengan bahasa inggris dan info yang jauh lebih lengkap, bisa lihat di forum Granblue Fantasy English Community, sedangkan untuk bahasa Indonesia bisa gabung di thread Granblue Fantasy Kaskus, Game ini bisa dimainkan di Smartphone maupun PC Browser (hanya tersedia di Google Chrome). 
"I believe that my fans may feel a sense of nostalgia from this." - Nobuo Uematsu
Yak, begitulah rasanya jika kamu memainkan game ini lol.

Paling kiri : Hideo Minaba - Paling kanan : Nobuo Uematsu. Sisanya mungkin voice-actor nya.

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar:

  1. bikin review juga game final fantasy XIII - 2 donk gan

    ReplyDelete