[Tugas] IPTEK dan Kemiskinan

 Lanjut tugas~ Kali ini akan membahas tentang IPTEK dan Kemiskinan. Seperti apa? Mari kita lihat.


A. IPTEK


IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah hal yang sangat penting untuk kita yang sudah tinggal di zaman globalisasi ini. IPTEK akan membantu kita bagaimana cara untuk memecahkan suatu masalah dengan alat-alat yang sesuai dengan kebudayaan dan skala nilai yang ada.

Tentu IPTEK yang kita miliki setidaknya harus memiliki manfaat. Dan agar bisa bermanfaat, ada tiga syarat yang setidaknya harus dipenuhi

1. Persyaratan Teknis, seperti memperhatikan kelestarian lingkungan, bahan baku sesedikit mungkin menggunakan bahan impor, dan lainnya.

2. Persyaratan Sosial, seperti memanfaatkan keterampilan yang ada, dapat memperluas lapangan kerja, dan masih banyak lagi.

3. Persyaratan Ekonomik, seperti membatasisedikit mungkin kebutuhan modal, dapat mengarahkan lebih banyak produsen ke arah perhitungan ekonomis yang sehat, dan lainnya.

B. Kemiskinan


Kemiskinan sudah menjadi suatu masalah di Indonesia, bahkan di negara-negara berkembang lainnya. Kemiskinan pada umumnya adalah kemiskinan di bidang ekonomi. Mereka tidak memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya pokoknya sehari-hari.

Ada 3 kategori penyebab kemiskinan :

1. Aspek Badaniah dan Mental Seseorang

Aspek badanian yang dimaksud adalah orang tersebut tidak bisa melakukan hal semaksimal mungkin sebagaimana orang-orang lain yang sehat secara jasmani. Sedangkan aspek mental contohnya seperti malas bekerja.

2. Bencana alam
Biasanya pihak pemerintah menempuh dua cara, yaitu memberi pertolongan sementara dengan bantuan secukupnya dan mentransmigrasikan ke tempat hidup yang lebih layak.

3. Kemiskinan buatan/struktural

Hal ini disebabkan karena orang tersebut pasrah dengan kemiskinan yang dilandanya.

---

Lalu, apa hubungannya IPTEK dengan kemiskinan? Secara sekilas mungkin tidak ada hubungannya, tapi justru IPTEK memiliki dampak terhadap kemiskinan, baik itu dampak baik ataupun buruk. Dampak buruk yang paling jelas adalah tentunya mengurangi lapangan kerja karena penggunaan teknologi, terutama pada industri yang lebih menggunakan mesin-mesin dan robot untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

Dan dari dua hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa IPTEK berpengaruh terhadap kemiskinan. Teknologi ada baiknya digunakan untuk membantu kehidupan sehari-hari, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain, sehingga teknologi yang diterapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan menimbulkan dampak yang baik dan tidak berbahaya.

-----

Sumber :
-http://jasmerah-historia.blogspot.com/2010/01/pengaruh-iptek-terhadap-kemiskinan.html
-http://farhan2995.blogspot.com/

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment