[Tugas] Agama dan Masyarakat

Lagi-lagi tugas~ Sekarang tentang Agama dan Masyarakat. Yuk dilihat~

Agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada Tuhan, atau juga disebut dengan nama Dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebaktian dan kewajiban-kewajiban yang berkaitan dengan kepercayaan tersebut. Di Indonesia ada 6 agama yang resmi diakui yaitu agama Islam, Kristen, Katolik, Hindhu, Budha dan Khong Hu Cu.

Dalam UUD 1945 dinyatakan bahwa “tiap-tiap penduduk diberikan kebebasan untuk memilih dan mempraktikkan kepercayaannya” dan “menjamin semuanya akan kebebasan untuk menyembah, menurut agama atau kepercayaannya” atau  dalam Penetapan Presiden No 1  tahun 1965 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama pasal 1 juga disebutkan bahwa “Agama-agama yang dipeluk oleh penduduk di Indonesia ialah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Khong Hu Cu (Confusius)”.

Bicara soal agama banyak sekali fungsi dari agama, berikut adalah Fungsi Agama menurut Prof.Dr.H. Jalaluddin ada 8 yaitu:

1. Fungsi Edukatif
Agama memberi penganjaran dan bimbingan kepada kita tentang sejarah agama.

2. Fungsi Penyelamat
Agama memberi kita pedoman agar kita melakukan perbuatan yang terpuji. yang membuat hidup kita selamat didunia dan diahkirat.

3. Fungsi Perdamaian
Agama menuntun seorang/sekelompok orang yang bersalah atau berdosa mencapai kedamaian batin dan perdamaian dengan diri sendiri, sesama, semesta dan Alloh. Tentu dia/mereka harus bertaubat dan mengubah cara hidup.

4. Fungsi Kontrol Sosial
Agama membentuk penganutnya makin peka terhadap masalah-masalah sosial seperti, kemaksiatan, kemiskinan, keadilan, kesejahteraan dan kemanusiaan.

5. Fungsi mumupuk Persaudaraan
Agama mengajarkan untuk  hidup saling tolong-menolong maka akan membangun hubungan persaudaraan yang kokoh.

6. Fungsi Pembaharuan
Agama dapat mengubah kehidupan pribadi seseorang atau kelompok menjadi kehidupan baru.

7. Fungsi Kreatif
Agama mengajarkan untuk bekerja produktif dan inovatif bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain.

8. Fungsi Sumbimatif (bersifat perubahan emosi)
Agama mengajarkan untuk mensucikan segala usaha manusia, bukan saja yang bersifat agamawi, melainkan juga bersifat duniawi.

---

Kesimpulannya adalah di zaman yang modern ini, peran agama sangat dibutuhkan. Peran agama disini sebagai pedoman manusia atau bahkan masyarakat agar tidak tersesat kepada aliran-aliran yang tidak jelas asal muasalnya dan tetap kepada jalan yang benar. Jika di dunia ini tidak ada agama, justru bisa hancur dengan sekejap saja. Jadi agama itu sangat penting untuk manusia baik dalam hidup didunia ataupun hidup di akhirat nanti.


---

Sumber : 
farhan2995.blogspot.com/

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment