(Tugas) Ilmu Sosial Dasar "ISD" dan Ilmu Pengetahuan Sosial "IPS"

Yak, kali ini tentang tugas (lagi) lol. Sama seperti sebelumnya, tugas kali ini adalah tentang Ilmu Sosial Dasar (selanjutnya disingkat ISD). Tapi bukan hanya ISD yang kali ini saya bahas, melainkan membandingkan ISD dengan IPS yang pastinya saat masih sekolah masih kita pelajari. Apa sih bedanya ISD dengan IPS? Padahal sama-sama membahas sosial. Mari kita bahas satu per satu.

1. Jelaskan pengertian dan tujuan dari Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial!


Sekilas, memang tidak ada yang berbeda dengan kedua ilmu sosial tersebut. Tapi berdasarkan beberapa sumber, ternyata justru berbeda.

- Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Yaitu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.

- Ilmu Pengetahuan Sosal (IPS)

Yaitu sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya

Dari kedua pengertian diatas, saya mengambil kesimpulan bahwa IPS lebih ke pengembangan diri seorang manusia dengan lingkungannya, sedangkan ISD lebih ke analisis tentang permasalahan yang ada di masyarakat. IPS yang kita kenal memiliki berbagai cabang, diantaranya Sejarah, Geografi, Sosiologi, dan lainnya. Sedangkan ISD hanya memiliki satu disiplin ilmu.

Tujuan dari kedua ilmu tersebut pastinya berbeda pula. Menurut Gross (1978), IPS bertujuan untuk mempersiapkan seseorang agar menjadi warga negara yang baik dalam kehidupannya di masyarakat dan membentuk intelektual dalam dunia sosial. Sedangkan ISD bertujuan agar seseorang menyadari kenyataan dan masalah yang terjadi di dalam ruang lingkup sosial dan masalah-masalah yang timbul di masyarakat selalu bersifat kompleks sehingga kita dapat berupaya untuk menanggulangi masalah sosial yang timbul di masyarakat.

2. Sebutkan perbedaan dan persamaan antara ISD dan IPS!

Saya sudah menjelaskan pengertian dan tujuan dari kedua ilmu diatas. Lalu apa perbedaan dan persamaannya?

Perbedaan :
- ISD dipelajari di perguruan tinggi, sedangkan IPS dipelajari saat masih sekolah (SD, SMP, SMA/SMK).
- Materi ISD tidak bercabang seperti IPS yang dibagi menjadi berbagai cabang seperti Sejarah, Geografi, dan lainnya.

Persamaan :
- Sama-sama membahas tentang ilmu sosial.
- Merupakan bahan studi untuk program pendidikan/pembelajaran

3. Jelaskan hakekat dan fungsi ISD dalam perguruan tinggi!


Kita sudah mengenal IPS saat sekolah, tetapi kenapa ISD baru diberikan di perguruan tinggi? Tentu ada tujuannya. Fungsi dari pembelajaran ISD adalah memberikan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial kebudayaan agar dia tanggap, persepsi, dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial budaya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa kepada lingkungan lebih besar.

--------------------------------------------------------

Sumber : 
- nfransisca.blogspot.com
- ariefsz.blogspot.com
- akhmadsudrajat.wordpress.com

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment