(Impression) Shingeki no Kyojin [Attack on Titan] - Anime

OK, mencoba berbeda dari yang sebelum-sebelumnya, kali ini saya akan me-review anime yang kali ini benar-benar jadi favorit saya dari semua anime musiman sampai saat ini, bahkan diperkirakan ketenarannya sudah melampaui Sword Art Online (mungkin). Anime ini berjudul "Shingeki no Kyojin" atau mungkin kalau diartikan ke bahasa Indonesia jadinya "Menyerang Raksasa" XD.

"Ciluk... Baaaa~ XD"

- STORY

Story anime ini digarap oleh Hajime Isayama dan merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama. Dikisahkan pada suatu dunia dimana peradaban manusia mulai terancam oleh segerombolan raksasa yang suka memakan manusia. Pada saat itu, tidak ada satu manusia pun yang bisa melawan mereka. Untuk tetap bertahan hidup, dibuatlah tembok super besar yang mengelilingi suatu kota besar dan memiliki beberapa lapis. Tembok itu sudah bertahan selama ratusan tahun, tapi kali ini berbeda. Datang raksasa besar yang tingginya melebihi tembok itu, dan akhirnya tembok lapisan pertama jebol. Tentunya hal tersebut membuat raksasa lain bisa memasuki lapisan pertama kota tersebut dengan mudah. Eren Jeager, seorang anak laki-laki yang berimpian untuk bisa menjelajahi dunia luar dan kakaknya, Mikasa Ackerman harus mengalami kejadian yang sangat tragis, yaitu melihat ibunya sendiri dimakan oleh raksasa. Dengan penuh dendam, Eren memutuskan untuk bergabung dengan Recon Corps dengan tujuan bisa menghilangkan eksistensi raksasa dan membalaskan dendamnya.



- ARTWORK


Artwork dalam anime ini menggunakan lineart yang agak tebal, sehingga terlihat lebih serius dan badass (mungkin). Desain karakternya pun juga bagus, sedikit mengingatkan saya dengan anime-anime produksi Ghibli. Pada beberapa bagian joke, entah ekspresi yang ditampilkan justru terlihat agak serius, berbeda dengan anime lain yang selalu menggunakan ekspresi aneh tapi lucu, sehingga kesan joke nya lebih bisa dirasakan dari percakapannya. Yang mungkin terlihat annoying adalah desain raksasanya yang bener-bener... duh... ga serem sebenernya, tapi ya, mengganggu sekali XD Senyuman manisnya dengan gigi yang berseri-seri, ditambah tubuhnya yang telanjang dan beberapa buncit, itu benar-benar... hahaha, lucu tapi serem :v. Scenery nya juga terlihat sangat bagus, dan untuk bagian actionnya juga benar-benar dibuat dengan sangat sempurna. Saya sendiri benar-benar terasa hype ketika orang-orang bergelantungan menggunakan 3D Maneuver Gear.

- MUSIK

Yeeaaaaah~ Musik di anime ini adalah salah satu yang paling saya suka, terutama bagian BGM-nya. Benar-benar sangat menyatu dengan setiap scene. Yang paling saya suka adalah bagian saat raksasa menyerang, musik orkestra ditambah choir dan alunan musik rock seperti lagu One Winged Angel di Final Fantasy VII, benar-benar genre saya XD. Terkadang di beberapa scene juga menggunakan soundtrack dari band lain (di mimpi saya, di akhir-akhir episode 3 itu soundtrack-nya BACK ON, entah benar atau tidak lol). OP dan ED di anime ini berjudul "Feuerroter Pfeil und Bogen" yang diambil dari bahasa jerman ("Guren no Yumiya" dalam bahasa Jepang, dan "Crimson Bow and Arrow" dalam bahasa Inggris.) yang dibawakan oleh Linked Horizon dan "Utsukushi Zankoku na Sekai" ("This Beautiful Cruel World" dalam bahasa Inggris) yang dibawakan oleh Hikasa Yoko (Seiyuu Akiyama Mio?! Oh shiet, gw baru tahu orz).



- OVERALL

"SUBUUUUUUUUUR~"


SANGAT RECOMMENDED! Bahkan saking recommended-nya, anime ini sudah dikonfirmasi akan dibuat live action-nya! Dan tentunya sudah sangat mainstream di dunia maya. Beberapa scene banyak yang diparodikan oleh fans, bahkan OP nya yang paling sering dibuat parodinya ("Shingeki no Indomie" salah satunya yang paling saya inget. Slakan cek di Youtube). Intro cerita di episode pertama benar-benar menyentuh hati, terutama saat bagian Eren dan Mikasa melihat ibunya dimakan raksasa. Settingnya benar-benar ditata dengan baik (mungkin). Benar-benar memiliki kekuatan di story-nya. Yang pasti, anime yang satu ini tidak akan mengecewakan.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin ada banyak kekurangan atau kesalahan dari review ini, jadi saran dan kritik dibuka selebar-lebarnya. Thanks for Reading~ :D

NB : gambar sementara nyolong dari google XD

"Cocok buat iklan sikat gigi... lol"

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar:

  1. horraa.. another SnK fans :D
    series ini emang sesuatu banget, bener2 bisa ngaduk2 emosi pembaca/penontonnya :o

    ReplyDelete