(Review + Download) Sonic R - PC


Yeah, balik lagi bersama Abay. Kali ini saya mau sedikit nostalgila *plak*. Salah satu game terepic (menurut saya) pas masih kecil, yaitu Sonic R. Dari judulnya sebenernya udah ketahuan. R = Racing. Yak, Sonic Racing. Udah ga usah ditanya lagi genre game nya apa XD


- STORY

Kayaknya ga perlu story lagi deh, buat apaan game Racing pake story? lol. Tapi ya secara singkatnya sama kayak seri Sonic yang lain, Sonic dan kawan-kawan berusaha untuk menghalangi niat jahat Doctor Robotnik yang ingin mencuri Chaos Emerald dan menggunakannya untuk menguasai dunia.

- GAMEPLAY
 
Yang ini juga sudah tidak perlu dijelaskan lagi, sudah pasti tahu XD. Lebih baik kita lihat fitur-fitur yang ada di game ini. Ada 3 mode balapan, yaitu Grand Prix, Time Trial, dan Multiplayer. Time Trial dan Multiplayer pasti sudah jelas. Mode Grand Prix tidak hanya mengharuskan kita untuk menang dan juara 1, tapi dari mode ini kita bisa dapat track baru dan karakter baru.


Tidak hanya balapan biasa, jika mau mendapatkan karakter baru, cukup dengan mencari koin emas yang ada di arena track. Susah-susah gampang, tempatnya juga lumayan luas, banyak jalan pintas pula XD. Tidak hanya koin emas, kita juga bisa mencari Emerald, biasanya 1 track ada 2 Emerald. Itu juga untuk mendapatkan karakter baru. Di setiap track biasanya ada semacam pintu yang cara membukanya harus menggunakan ring yang bisa kita ambil di sepanjang track.

Untuk karakter, setiap karakter punya kemampuan yang berbeda, seperti Sonic bisa melompat 2 kali sekaligus, Tails yang bisa terbang walaupun sebentar (ini yang paling licik XD), Robotnik yang bisa melempar bom, dan kemampuan lain yang aneh nan ajaib. Yang paling susah disini adalah, mengendalikan karakternya... Kontrolnya rasanya licin banget, harus jago ngedrift wkwkwk.

- GRAFIK
 
Mungkin game ini bisa dibilang bagus pada zamannya. Arena yang colorful, cuaca dan waktu bisa berubah-ubah, track-nya cukup luas dengan segudang rahasia, dan hal-hal menarik lainnya. Sebelum memulai permainan, kita juga bisa memilih DirectDraw atau Direct3D untuk render engine-nya. Kalau punya VGA yang cukup bagus, disarankan menggunakan Direct3D.


- MUSIK

Sangat disayangkan, game ini ga ada BGM sama sekali, cuma bisa mendengarkan SFX. Kekurangan yang cukup signifikan menurut saya yang penikmat musik ini *plak*. Jadi saya tidak berkomentar banyak tentang musik.

- OVERALL

 Game racing kayaknya emang dibuat untuk dimainin berkali-kali deh. Apalagi ada mode multiplayer-nya, kita bisa main bareng temen. Mendapatkan arena dan karakter juga lumayan susah kalau baru pertama kali main, tapi justru disinilah serunya. Mengeksplorasi track di game ini merupakan hal yang menyenangkan.

------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------

Akhir-akhir ini saya malah lagi sering-seringnya nostalgia sama game-game lama. Yah, beginilah kendala ga punya PC bagus atau konsol bagus XD. Thanks for reading~

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

9 komentar:

  1. bahah game ini XD
    dulu suka maen bareng adek sepupu

    ntar dapetin sonic emas laebih IMBA lagi lol

    ReplyDelete
  2. walah emang apaan aku dapat semua chatacterz dan super sonic

    ReplyDelete
  3. Tadi iseng googling tentang Sonic R di "lama berbahasa Indonesia", masuk ke blog lu Bay ..! XD

    Nggak nyangka ternyata lu main ini juga.
    Sama deh ! :D

    ReplyDelete
  4. dan akhirnya gw donlod game ini setelah terakhir maen pas masih SD

    ReplyDelete
  5. huaa cita cita ku melajutkan game ini tidak tercapai

    ReplyDelete
  6. sudah lama bgt pengen main ini game, sejak sd pas komputer masih jadul dulu. skrg mo main lagi tp kok ga bisa install ya... :( apa di windows 10 ga bisa hwhw :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku bisa kok main sonic R di windows 10, tapi dengan cara yg agak sedikit berbeda

      Delete
  7. gimana sih cara nya kok gabisa ya :(

    ReplyDelete