(Tugas) Komputasi Modern dan Penerapannya pada suatu Website

Pada tugas kali ini saya akan membahas tentang komputasi modern dan penerapannya dalam sebuah website.



  • Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern terbagi menjadi 2 kata yaitu komputasi dan modern, komputasi sendiri memiliki arti sebuah algoritma yang digunakan unuk memecahkan masalah dari sebuah data yang ingin diolah menjadi informasi. Komputasi sendiri merupakan cabang ilmu matematika dan ilmu komputasi. Pada dasarnya ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang menfokuskan pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta pengguna computer untuk menganalisis serta memecahkan masalah-masalah. Bidang ilmu komputasi berbeda dengan bidang ilmu computer yang mengkaji komputasi computer dan pemoresesan informasi. Pedekatan ilmu komputasi dapat memberikan banyak pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematik dalam computer berdasarkan landasan teori yang sudah ada untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut. Modern sendiri memiliki terbarukan

  • Jenis-jenis Komputasi Modern

  1. Mobile Computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
  1. Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
  1. Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

  • Penerapan Komputasi Modern

Untuk penerapan komputasi modern di dunia nyata, saya akan membahas salah satu website perusahaan yang sudah sering didengar dan digunakan jasanya, yaitu JNE (http://www.jne.co.id)

JNE merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengiriman dan logistik yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Nama resminya adalah Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (Tiki JNE). Perusahaan ini dirintis sebagai sebuah divisi dari PT Citra van Titipan Kilat (TiKi) untuk mengurusi jaringan kurir internasional. Karena persaingannya di pasar domestik, JNE juga memusatkan memperluas jaringan domestik. Dengan jaringan domestiknya TiKi dan namanya, JNE mendapat keuntungan persaingan dalam pasar domestik. JNE juga memperluas pelayanannya dengan logistik dan distribusi. Saat ini kantor pusat PT TikiJNE berada di Tomang Raya No 9 & 11 Jakarta Barat.

Gambar 1. Tampilan depan website JNE.


Pada halaman depan terdapat fitur Lacak Kiriman, Tarif Kiriman, dan Titik Layanan. Menurut saya, ketiga fitur tersebut sudah termasuk penerapan komputasi modern pada suatu website. 

"Lacak Kiriman" merupakan fitur yang dapat digunakan konsumen untuk melacak pengiriman barang, sehingga konsumen dapat mengetahui kondisi dan lokasi barang mereka. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan nomor resi yang didapat saat melakukan proses pendaftaran pengiriman di kantor JNE.

Gambar 2. Fitur Lacak Kiriman pada website JNE.

Jika sudah memasukkan nomor resi, klik pada tombol Tracking untuk melihat detil barang yang dikirim. Website tersebut akan memproses nomor resi dan mecocokkan dengan data yang ada di pusat. 

Gambar 3. Tampilan Tracking Details pada website JNE.


Jika nomor resi yang dimasukkan cocok, maka akan tampil halaman "Tracking Details" yang menampilkan beberapa data yang dimiliki nomor resi tersebut seperti lokasi awal, lokasi tujuan, nama pengirim, nama penerima, dan history perjalanan barang yang dikirim.

Selain fitur Lacak Kiriman, terdapat fitur lainnya yaitu "Tarif Kiriman". Fitur ini akan memberikan estimasi harga pengiriman berdasarkan jarak dan berat barang.

Gambar 4. Fitur "Tarif Kiriman" pada website JNE.

Cara penggunaannya adalah dengan memasukkan alamat awal, alamat tujuan, dan berat barang. Jika tombol check di-klik, maka website akan melakukan perhitungan harga berdasarkan jarak dan berat barang. 

Gambar 5. Tampilan hasil dari perhitungan tarif kiriman pada website JNE.

Gambar diatas adalah hasil dari perhitungan tarif kiriman yang berdasarkan informasi yang sudah dimasukkan sebelumnya. Terlihat terdapat beberapa informasi seperti jenis layanan, jenis kiriman, tarif, dan perkiraan lama pengiriman. Hasil perhitungan ini dapat menentukan keputusan konsumen untuk memilih jenis layanan.

Fitur terakhir pada website JNE yang menerapkan komputasi modern adalah "Titik Layanan". Fitur ini akan memberikan informasi pada konsumen tentang lokasi kantor JNE terdekat berdasarkan lokasi yang dimasukkan. 

Gambar 6. Fitur "Titik Layanan" pada website JNE.

Fitur ini dapat memproses dengan lokasi sampai tingkat kelurahan. Tekan tombol search, maka website akan memproses lokasi yang dimasukkan dan menampilkannya dengan Google Maps.

Gambar 7. Tampilan hasil pencarian titik layanan pada website JNE.

Sayangnya saat saya menggunakan fitur ini terdapat kekurangan karena sama sekali tidak menampilkan lokasi kantor JNE terdekat pada tampilan Google Maps. Akan sangat baik jika pihak JNE dapat memperbaiki kekurangan ini. 

Kesimpulannya, JNE telah menggunakan komputasi modern pada website-nya sehingga dapat meningkatkan layanan dan memudahkan konsumen dalam memantau dan menggunakan layanan JNE. Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pada website ini :

Kelebihan : 
  1. Tampilan website yang menarik, responsif, dan user-friendly.
  2. Fitur-fitur yang sangat memudahkan konsumen.
  3. Informasi website yang cukup baik.
Kekurangan : 
  1. Terdapat beberapa masalah pada fitur tertentu.

Begitulah bahasan saya tentang Komputasi Modern dan penerapannya dalam suatu website. Semoga pembaca dapat menambah wawasan baru dari artikel ini. Terima Kasih.



Referensi :

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment