(Tugas) Inovasi di Dunia Bisnis

(Tugas) Inovasi di Dunia Bisnis - Masih lanjutan dari tulisan saya sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang inovasi di dunia bisnis saat ini.

Kita pastinya sudah mengetahui bahwa perkembangan bisnis di dunia saat ini sudah sangat berkembang. Berkat adanya teknologi, dunia bisnis dapat menggenjot kekuatan mereka dalam melakukan bisnis. Terutama dengan adanya internet, inovasi bisnis pun makin lama makin kreatif dan memiliki jangkauan baru dalam berbisnis. 

Beberapa contoh inovasi yang bisa kita lihat langsung misalnya adalah Matahari Mall. Sebelumnya Matahari hanya berbentuk fisik, mendirikan mall di beberapa kota besar dengan berbagai barang yang dijual ada disana. Tapi dengan teknologi yang sudah ada sekarang, Matahari mulai merambah ke dunia maya dengan bantuan website/aplikasi mobile bernama Mataharimall.com. Tanpa harus datang ke mall, konsumen bisa langsung memilih barang yang mereka inginkan dengan cepat dan mudah. Hal ini juga dilakukan oleh beberapa usaha lainnnya seperti Alfamart yang membuat Alfaonline.com dan beberapa perusahaan bisnis besar lainnya yang akhirnya merambat ke dunia maya.

Jadi, seberapa penting sebenarnya inovasi dalam berbisnis? Mengutip tulisan Yoris Sebastian di majalah Femina, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa inovasi penting bagi bisnis Anda.

Inovasi dibutuhkan agar bisnis Anda selalu relevan  bagi konsumen. Semakin hari konsumen semakin memiliki karakter yang senang menggunakan produk-produk praktis. Alasannya tentu saja karena mereka semakin memiliki sedikit banyak waktu. Jika dahulu obat jerawat berbentuk bubuk dan harus dicampur air untuk menggunakannya, sekarang orang cenderung lebih suka dalam bentuk cair di dalam tube.

Mengganti produk yang masa hidupnya pendek. Beberapa tahun lalu Anda mungkin masih menggunakan alat pemutar kaset atau CD untuk mendengarkan musik. Sekarang cukup dengan MP3 player yang mungil Anda sudah bisa mendengarkan musik.

Memberikan untung lebih besar. Peluncuran produk terbaru Apple selalu ditunggu oleh konsumennya. Sebenarnya yang mereka tunggu adalah inovasi terbaru yang akan digunakan Apple dalam produk terbarunya tersebut. Konsumen bersedia membayar lebih tinggi untuk sebuah inovasi. Dalam bisnis hal itu akan meningkatkan profit margin.

Sumber : 
https://rilotri94.wordpress.com/2016/10/17/inovasi-di-bidang-bisnis/
http://www.readersdigest.co.id/investasi-dan-bisnis/pentingnya+inovasi+dalam+bisnis

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment