(Review) Metal Gear Solid Peace Walker - PSP


Setelah sekian amat sangat lama sekali hiatus (?), sekarang akan saya hidupkan lagi blog ini yang isinya udah terlanjur keren *plak*. Dan dengan template yang baru, mudah-mudahan blog ini lebih nyaman untuk dibaca.

OK, kali ini saya akan me-review game yang lagi saya mainkan sekarang (28042013), yaitu METAL GEAR SOLID PEACE WALKER. Saya suka banget game ini karena gameplay-nya yang memang saya suka, yaitu stealth-action.




- STORY

Metal Gear Solid Peace Walker adalah prekuel dari seri Metal Gear Solid, tepatnya 31 tahun sebelum event di Metal Gear Solid. Berlatar di negara Costa Rica, game ini bercerita tentang Naked Snake yang telah keluar dari The Patriot dan membuat grup prajurit bayarannya sendiri. Pada saat itu, terdapat sebuah grup bernama Peace Sentinels (PS) yang memiliki senjata dengan teknologi canggih. Akan tetapi keberadaan grup tersebut justru membahayakan dunia karena mereka menggunakan nuklir untuk meraih ambisinya. Untuk itulah, Snake memutuskan untuk mencari tahu keberadaan grup tersebut dan menghentikan ambisi mereka.

- GAMEPLAY

Jika kalian sudah memainkan seri Metal Gear sebelumnya atau Tenchu, pasti sudah tidak asing lagi dengan gameplay Metal Gear yang satu ini. Genre game ini adalah Stealth-action alias action tapi dengan sembunyi-sembunyi, bukan action brutal kayak God of War lol. Menyerang musuh dari belakang secara diam-diam lebih disarankan di game ini, pengecualian untuk beberapa misi dan boss battle.

Menggunakan sudut pandang orang ketiga (Third-person). Gerakan karakter dikontrol dengan analog dan arah kamera menggunakan tombol arah (Directional Pad) secara bebas ke segala arah. Pada saat permainan berlangsung, terdapat sebuah indikator bernama Camo Index (dalam bentuk angka persen) yang memberitahu hawa keberadaan kita pada musuh. Semakin besar angka Camo Index, maka makin sulit kita dideteksi keberadaannya oleh musuh. Pakaian yang kita gunakan juga berpengaruh terhadap keefektifan Camo Index. Pada beberapa cutscene, terdapat juga Cinematic Action yang menyuruh kita untuk menekan tombol tertentu sesuai yang terlihat di layar dengan timing yang cukup cepat.

"Persiapan sebelum misi"
Kita juga memiliki semacam headquarter (biasa disebut Mother Base), dan kita dapat melakukan berbagai hal, misalnya saja mengatur tugas-tugas prajurit di base seperti ditugaskan di R&D Team untuk membuat senjata, item, atau meng-upgradenya. Ada juga Mess Hall yang mengatur ketersediaan makanan di base, Medical Team, Intel Team, dan yang lainnya. Kita juga bisa mengirimkan prajurit ke medan perang, dan akan mendapat sesuatu tentunya jika berhasil. Semakin jauh progress permainan, kita juga akan bisa membuat Metal Gear sendiri!

"Mother Base"

"Staff yang bekerja di R&D Team (Research & Development)"
"Bisa buat Metal Gear sendiri loh..."
Yang spesial dari seri ini adalah kita bisa bermain secara Multiplayer (max. 4 orang) untuk misi-misi tertentu. Tidak hanya Co-op, kita bisa saling trade prajurit atau hanya sekedar memberikan gift kepada pemain lain.

- GRAFIK

"Jangan sampai ketahuan..."
Untuk grafik, sudah tidak usah ditanyakan lagi. Game besutan Hideo Kojima ini sudah pasti punya grafik yang keren untuk ukuran game PSP. Detail lingkungan terlihat jelas, setting camera saat cutscene juga benar-benar terasa seperti film-film action (kameranya goyang-goyang gimana~ gitu). Dan untuk beberapa cutscene menggunakan animasi 2D yang khas, terlihat berantakan tapi punya kesan yang tebal dan keras (?).

- MUSIK

Tidak terlalu spesial, tapi tetap berperan penting pada permainan. Saat permainan berlangsung, biasanya kita hanya bisa mendengarkan suara-suara lingkungan sekitar. Tapi untuk beberapa bagian, BGM pada game ini benar-benar sangat mendukung sesuai dengan situasi saat bermain. Dubbing-nya menurut saya juga sudah sangat perfect.

- REPLAY VALUE

Karena punya fitur multiplayer, tentunya setelah menyelesaikan story, pastinya kita tetap bisa melanjutkan permainan, entah itu untuk memperkuat prajurit untuk digunakan saat melakukan Co-op, memperbaiki rank pada misi-misi tertentu, atau menyelesaikan achievement lainnya. Achievement yang sangat banyak mungkin akan membuat para gamer hardcore lebih betah memainkan game ini sampai benar-benar perfect (sayangnya bukan saya XD)

- OVERALL

Bagi yang suka game-game action, tentu harus mencoba game yang satu ini yang memiliki taste action yang berbeda lol. Selain grafiknya yang superb, story-nya juga sangat bagus untuk diikuti, berhubung Metal Gear series benar-benar saling berhubungan walaupun berbeda konsol.


--------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin hanya segitu review dari saya. Kebetulan saya nulis ini tengah malam, malahan udah pagi, sekitar jam 2 pagi, otak tinggal beberapa watt. Karena mood-nya lagi benar-benar bagus, paksain aja buat nulis XD. Thanks for reading~

"Hasil potret. Yay~"

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment