(Review) Half Minute Hero - PSP


OK, lanjut ke review berikutnya dari bang Abay yang keren ini *plak*. Review selanjutnya adalah "Half Minute Hero". Half Minute Hero? Pahlawan Setengah Menit (30 detik)? Masuk akal ga sih? Saya juga berpikir begitu pas pertama kali denger judul ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat review saya berikut ini :D

- STORY

Untuk cerita, ga terlalu spesial sebenarnya, tipikal JRPG klasik. Seorang pemuda biasa yang secara tiba-tiba mengemban tugas untuk menyelamatkan dunia. Hanya saja ada yang berbeda, musuh yang kita hadapi nantinya mempunyai sihir yang sangat kuat, yaitu sihir untuk menghancurkan dunia dalam waktu 30 detik! Terdengar impossible memang, tapi berterimakasihlah kepada Time Goddess yang membantu kita dalam perjalanan. Yah, tapi jangan harap bisa semudah itu minta bantuan kepada Time Goddess karena ternyata dia itu mata duitan! Ya ampuuuun~ Semakin jauh cerita, maka akan semakin terkuak siapa dibalik orang yang memiliki sihir berbahaya itu.

Ada 5 mode cerita yang bisa kita ikuti dan semuanya saling berhubungan :
  1. Hero 30 - Pahlawan yang berusaha menyelamatkan dunia bersama Time Goddess.
  2. Evil Lord 30 - Seorang Evil Lord yang mencari cara untuk mengembalikan bentuk seekor kelelawar yang sebelumnya adalah wanita cantik.
  3. Princess 30 - Seorang putri yang mencari obat untuk menyembukan raja yang merupakan ayahnya.
  4. Knight 30 - Ksatria yang melindungi seorang Sage yang memiliki spell of destruction.
  5. Hero 300 - Sama seperti Hero 30, tetapi semua orang yang ada di mode sebelumnya ikut di mode ini.

 - GAMEPLAY

Kalau ditanya soal gameplay, pastinya benar-benar unik. Dalam permainan, terdapat waktu countdown yang hanya 30 detik, tergantung dari mode yang dimainkan.

Mode Hero 30, sama seperti game 2D RPG lainnya, hanya saja karena dikerjar waktu, battle nya terasa sangat singkat, dan terlihat seperti hanya menabrak musuh yang dilewatinya. Kita hanya diberikan waktu 30 detik untuk menyelesaikan stage-nya. Tapi jangan khawatir, berkat bantuan Time Goddess, kita bisa me-reset waktu countdown menjadi seperti semula, dan karena mata duitan, kita harus memberi sesajen berupa uang.

Mode Evil Lord 30, mungkin akan berbeda. Gameplay yang dipakai lebih ke Real-time Strategy. Kita dapat men-summon monster untuk melawan musuh. Ada 3 jenis monster, dan masing-masing jenis memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri.

Mode Princess 30, lebih ke shooting. Princess diberikan crossbow oleh penghuni istana untuk melawan monster saat berada di luar istana. Princess tidak berjalan, berlari, atau semacamnya, tapi justru diangkat oleh banyak prajurit istana yang sekaligus juga melindunginya lol.

Mode Knight 30, sama seperti action 2D, tapi tugas kita bukan melawan semua musuh di hadapan, tetapi melindungi Sage menggunakan barang apapun yang ada di sekitarnya.

- GRAFIK

Untuk grafik, jangan berharap grafiknya bakal keren karena justru game ini menggunakan pixel art XD Tetapi sebagian artworknya juga bagus, misalnya di Openingnya (Saya suka banget art nya Time Goddess sama Princess lol). Tidak terlalu wah memang, tapi tetap sebanding dengan gameplay yang unik. Tapi saya pernah lihat di salah satu videonya Pewdiepie, ada juga Half Minute Hero yang dimainkan lewat Steam, dan grafiknya diperbaiki menggunakan sprite 2D yang bukan lagi pixel art lol.

- MUSIK

Cukup ear-catching, standar BGM dengan latar fantasy. Tapi untuk bagian Final Boss-nya, eargasm banget XD 

- REPLAY VALUE

Achievement-nya cukup banyak, jadi setelah tamat masih bisa menyelesaikan berbagai hal yang belum dilakukan sebelumnya. Ditambah lagi ada satu mode yang mungkin terlihat jauh lebih impossible, yaitu Hero 3 Mode, alias menyelamatkan dunia dalam waktu 3 DETIK! What the... Yah, tantangan tersendiri (saya sendiri agak sedikit kesal sama mode ini XD)

- OVERALL

Bagi kalian yang suka game bertema old-school alias grafik jadul nan menyedihkan #plak, ga ada salahnya mencoba game ini. Jangan salah, game ini sudah mendapat berbagai pengharaan, malah masuk list game RPG terbaik di PSP lol. So, jangan remehkan grafik jelek, mainkan menggunakan imaginasi kalian sendiri, pasti akan jauh lebih baik. Awalnya saya kira game ini dibuat oleh Nippon Ichi (yang membuat Disgaea) karena biasanya developer itu punya ide-ide aneh nan ajaib XD.

-------------------------------------------------------------------------------------------

Enough from me, thanks for reading~ ^^

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment