(Review) Ragnarok Tactics

Setelah sekian lama hiatus gara-gara netbook rusak, sekarang lanjut lagi~
Now, i'll gonna review my last-played game (24112012), Ragnarok Tactics.

Mungkin sebagian orang kenal dengan game online legendaris (wih~) bernama Ragnarok Online (RO). Yup, Ragnarok Tactics (selanjutnya akan disingkat RT) yang versi Jepang-nya bernama "Ragnarok - Hikari to Yami no Koujo" memang mengambil setting hampir seluruhnya dari Ragnarok Online. Tapi bukan berarti RT sama dengan RO, yang membedakan hanya segi Story, Gameplay, dan beberapa efek dari item (terutama Card dan Equipment). Sedangkan untuk elemen-elemen lain, sama persis dengan RO. RT dirilis untuk PSP dan PS Vita.


- STORY

Ragnarok Tactics menggunakan stand-alone story, alias story di luar Ragnarok Online.

Pada zaman dahulu, terjadi perang yang sangat besar antara Dewa dengan para Iblis yang dikenal dengan Holy War. Setelah perang itu berakhir, dunia kembali menjadi damai. Tapi kedamaian itu tidak bertahan lama, tetapi justru manusia memulai kembali perang untuk memperebutkan suatu negara.

RT bercerita tentang 2 Negara bernama Branshaldo Empire dan Aura Republic. Kedua negara tersebut saling memperebutkan daerah bernama Grantria Peninsula. Hubungan kedua negara yang tidak harmonis tersebut menyebabkan perang berkepanjangan. Ada juga Toren Militia, yang bisa dibilang negara "penengah" yang berusaha mendamaikan kedua negara yang saling berperang tersebut (cmiiw).


Disini, kita akan membuat karakter dengan job yang sudah tidak asing lagi dengan para player RO, diantaranya ada Lord Knight, Assassin, Paladin, High Wizard, dll (Job 3) + 3 job tambahan yang tidak ada di RO, yaitu Dark Knight, Shaman, dan Kafra (!). Peran kita adalah sebagai Mercenary (Tentara bayaran) yang akan membantu salah satu dari ketiga negara tersebut sesuai keinginan kita sendiri. Kita juga akan berteman dengan 3 orang dari setiap negara, yaitu Cynthia dari Branshaldo (kiri), Yuri dari Aura (kanan, tampang cewek, tapi ternyata COWOK!!!), dan Toren dari Toren Militia (tengah). Setiap pilihan yang kita ambil, akan mempengaruhi ending dari RT sendiri. Ada 5 ending di RT, 3 normal ending, 1 bad ending, dan 1 true ending.


Nah, untuk membantu memilih ending yang kita inginkan, ada namanya sistem "Flowchart". Dengan Flowchart, kita bisa memilih jalur mana yang ingin kita jalankan. Kalian bisa saja fokus ke satu negara, dengan begitu kalian akan mendapatkan salah satu ending dari 3 normal ending tadi, tergantung negara mana yang kalian pilih. Tidak harus hanya memilih satu rute, kalian bisa coba dengan memilih acak rute yang kalian inginkan, dan tentunya itu akan mempengaruhi endingnya.

Di Playthrough kedua dan seterusnya, akan ada sistem yang bernama A.I.Z (tidak dijelaskan apa singkatannya). Dengan A.I.Z, kita kembali ke rute yang sebelumnya sudah kita lewati, dan mengambil rute baru.

- GAMEPLAY


 Gameplay RT tidak jauh beda dengan Final Fantasy Tactics, memindahkan karakter sesuai jarak yang bisa dijangkau, menyerang atau menunggu, kemudian menunggu turn berikutnya. Maksimal karakter yang bisa dibawa saat bertarung adalah 8 orang (termasuk karakter guest). Kita dapat menyewa dan memecat tentara bayaran lain, yang akan terus mengikuti kita sampai akhir cerita. Karakter juga bisa diganti job-nya sesuai keinginan kita. Sama seperti RO, karakter memiliki 2 level, yaitu Base level dan Job level.


Saat di world map, kita dapat memilih untuk langsung ke Main Event untuk lanjut ke chapter berikutnya, atau Free Battle jika kita ingin leveling/grinding/farming terlebih dahulu sebelum ke Main Event. Ada juga Sub Event, yaitu event yang bisa kita ambil pada chapter tertentu, dan rute yang kita pilih. Sub Event tidak akan mempengaruhi Main Event. Ada juga Mirage Tower (di RO bernama Endless Tower), yang mungkin akan menjadi tantangan tersendiri saat bermain. Semakin ke puncak, maka akan semakin kuat pula musuhnya.


RT memiliki 2 cara menyerang yang unik. Yang pertama adalah "Burst Strike", yaitu menyerang musuh dengan mengajak karakter lain. Maksimal karakter yang bisa diajak adalah 2 orang, dan bisa menyerang banyak musuh sekaligus tergantung seberapa besar area serangan dan banyak musuh di dalam daerah tersebut. Yang kedua adalah "Overdrive". Dengan Overdrive, karakter dapat menggunakan banyak skill sekaligus (maksimal 4), tergantung dari berapa banyak bar pada Overdrive Gauge yang terpenuhi pada saat itu juga. Dan dengan Overdrive juga, karakter bisa mengeluarkan skill rahasia, yang dapat digunakan jika kita menggunakan skill sesuai urutan yang ditentukan. Urutan skill tersebut bisa didapatkan dengan bertanya kepada orang-orang di kota.

Jika karakter menganggur, biasanya kita akan memilih "Wait", tetapi di RT kita bisa memilih "Relax". Dengan begitu, HP dan SP akan pulih, walaupun sedikit. Tetapi resikonya adalah damage yang kita terima saat diserang oleh musuh akan jauh lebih besar ketimbang saat kita memilih Wait. Arah posisi kita saat Wait juga mempengaruhi damage musuh. Contoh, karakter kita berada di posisi menghadap tepat di depan musuh, maka damage yang kita terima tidak terlalu besar dibandingkan musuh menyerang dari belakang atau samping.

Untuk skill, tidak jauh berbeda dengan aslinya di RO, baik dari segi nama maupun efeknya. Hanya saja ada yang sedikit lebih unik, yaitu adanya kombinasi skill dari job-job tertentu yang dapat membuat skill baru yang unik (dan tidak ada di RO). Dengan mempelajari skill tertentu di job pertama dan belajar skill tertentu di job kedua, kita bisa mendapatkan skill kombinasi yang unik. Cara mendapatkannya pun juga didapatkan dengan bertanya pada orang-orang di kota.


Untuk Equipment, tidak jauh beda pula dengan RO. Banyak kesamaan nama untuk setiap equipment. Hanya saja efeknya berbeda, dan banyak equipment yang kuat di RO, ternyata malah lemah di RT. Dan jika di RO kita mendapatkan Card dan dipasang di equipment tertentu, di RT hal tersebut tidak berlaku. Card akan dianggap sebagai accessory (maksimal hanya bisa memakai 3 card) yang akan memberikan efek-efek tertentu pada karakter.

- GRAFIK



Untuk grafik, bisa dibilang lumayan. Saat battle, RT menggunakan grafik 3D. Saat event/dialog, menggunakan Visual Novel Style (#plak). Tidak begitu mengecewakan, hanya saja pergerakan karakternya agak lambat, yang terkadang membuat battle terasa agak lama. Bagian yang seru saat melihat grafiknya mungkin saat Burst Strike dan Overdrive XD.

- MUSIK

Entah kenapa musik di Ragnarok Tactics benar-benar mengingatkan saya dengan Final Fantasy Tactics. Rasanya ada sedikit kemiripan, mungkin karena sama-sama bertemakan perang. Akan tetapi, musiknya cukup eargasm (#plak).

- REPLAY VALUE

Menurut info yang saya dapat, untuk mendapatkan true ending, tidak mungkin didapatkan di 1st Play karena (katanya) kita harus menyelesaikan semua flowchart untuk mendapatkan true ending. Nah, mungkin ini akan menjadi salah satu hal yang membuat RT cocok untuk dimainkan berulang-ulang. Dengan 5 ending yang berbeda-beda, tentunya kita tidak cukup hanya menamatkannya sekali. So, Ragnarok Tactics cukup worth untuk dimainkan berulang-ulang.

- OVERALL

Untuk pencinta game TRPG dan fans Ragnarok Online (termasuk saya sendiri), tidak ada salahnya untuk memainkan game ini. Mungkin yang sudah bermain RO akan sedikit bernostalgia dengan game ini :D


--------------------------------------------------------------------------------------------

Yup, demikian review dari saya. Berhubung saya sendiri lagi sakit pas nulis review ini, mungkin kata-kata diatas ada yang sedikit kacau, jadi mohon maklum dan koreksinya. :D Thanks for Reading~

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment