[Blender] Membuat Karakter 3D Sederhana

[Blender] Membuat Karakter 3D Sederhana - Kali ini saya akan memberikan cara bagaimana membuat karakter 3D sederhana dengan software Blender. 

Referensi (kelompok) : Mestgryder Blog

Anggota : 
- Abdul Khobir Fauzi
- Raka Dharmalaksana Jati
- Rafli Putra
- Rilo Tri Atmojo
- Yoga Bagasakti



Langkah-langkah :

  1. Buka aplikasi Blender 3D, maka akaan tampil jendela utama blender 3D dengan 1 object cube (kubus). Untuk membuat karakter kita akan membuat dari cube tersebut.

  2. Selanjutnya cube itu akan dibagi menjadi cube yang lebih kecil menggunakan perintah subdivide. subdivide ada dalam jendela tool atau dengan menekan w pada keyboard lalu pilih subdivide.
  3. Cube yang kita bagi tadi akan digunakan untuk membuat kepala. dsini menggunakan tombol Alt+Shift+S untuk merubah bentuk dari yg tadinya cube menjadi seperti lingkaran tapi masih kasar atau masih memiliki sudut. Lalu bentuk hingga menyerupai bentuk kepala manusia seperti dibawah ini. 
  4. Selanjutnya kita akan membuat badannya, pertama kita hapus face bagian bawah dari kepala tadi lalu kita extrude dan size kecilkan sehingga ada lubang kecil yang akan kita gunakan sebagai leher. Lalu dari leher tadi kita extrude kebawah lagi untuk menjadi badannya karena ukurannya masih kecil mengikuti lubah leher tadi, kita perbesar sizenya sehingga menjadi sebuah badan.
  5. Ketika badan tersebut sudah jadi untuk mempemudah membuatnya kita akan memakai modifier "Mirror" sehingga ketika merubah bagian kanannya makanya bagian kirinya akan mengikuti perubahan tersebut. tetapi kita harus menghapus setengah dari kepala hingga badan tersebut. lalu pilih modifier si sebelah kanan jendela blender dan pilih "Mirror". 
  6. Selanjutnya kita akan membuat kaki dan tangan disini kita menggunakan teknik extrude, lalu bentuk sedemikian ruma untuk kaki dan tangan.
  7. Terakhir pewarnaan untuk karakter tersebut dengan menggunakan material, disini saya memiliki beberapa warna untuk setiap bagian. 

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment