(TUGAS) Menganalisa Web

(TUGAS) Menganalisa Web - Pada kesempatan kali ini penulis ingin menganalisis web tentang pendidikan, instansi pemerintahan dan sosial media, yang di dasari karena tugas softskill (mata kuliah). 

1. Web Pendidikan (w3schools.com)


Pertama-tama saya akan menganalisis web pendidikan. Web yang saya analisis dari web pendidikan adalah w3schools.com.

Pengenalan

w3schools.com adalah web pendidian yang bertujuan untuk mengajarkan seorang yang ingin mempelajari pemrograman web. Web tersebut memuat banyak tutorial mengenai bahasa pemrograman yang berkaitan dengan pemrograman web, hampir semua bahasa pemrograman web terdapat di dalam web pendidikan tersebut, diantaranya adalah:
  1.     HTML
  2.     CSS
  3.     XML
  4.     JAVASCRIPT
  5.     ASP
  6.     PHP
  7.     SQL
Penjelasan w3schools.com mudah di pahami bagi seorang pemula, karena dijelaskan langkah-langkah dari awal dan mendetail. Sehingga para pemula yang baru mempelajari mengenai pemrograman web dapat mudah memahaminya. Selain itu yang menarik dari w3schools adalah kita dapat menjalankan code yang telah disediakan bahkan mengeditnya pada fasilitas Tryit Editor serta melihat hasilnya langsung.

Ukuran

Suatu web pasti memiliki ukuran yang berbeda-beda, oleh sebab itu disini penulis ingin menjelaskan pengukuran web pendidikan w3schools.com dengan situs gtmetrix.com. Pertama dengan situs gtmetrix.com hasilnya seperti dibawah ini.




Page Speed

Untuk melihat hasil lebih lengkap bisa mendownload link ini >> disini.

Dan itulah hasil dari pengukuran ukuran web pendidikan w3schools.com oleh gtmetrix.com.

Search Engine


Setelah saya mengukur web tersebut disini saya kan menjelaskan mengapa w3schools.com berada pada urutan pertama search engine google.com. Mungkin anda sudah mengetahui apa itu search engine secara umum namun saya akan menjelaskan kembali untuk membuat anda lebih mengerti apa itu search engine terlebih dahulu, setelah itu saya akan menjelaskan mengapa w3schools.com berada pada urutan pertama search engine google.com.

Search engine adalah suatu sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Hasil pencarian akan menampilkan serangkaian informasi yang bersumber dari website/blog tertentu, hasil pencarian ini sering disebut Search Engine Result Pages (SERPs). Mungkin itu penjelasan singkat mengenai search engine yang dapat saya jelaskan, dan saya akan menjelaskan apa yang menjadi acuan search engine dalam menampilkan urutan web yaitu SEO atau yang sering kita kenal Search Engine Optimization. SEO adalah adalah sebuah cara/ teknik/ metode yang digunakan untuk meningkatkan traffick/ lalulintas ke sebuah website dari search engine/ mesin pencari. Dari penjelasan diatas sudah jelas bahwa SEO yang dibuat oleh w3schools.com untuk menaikan urutan di search engine google berjalan dengan baik sehingga mereka berada pada urutan pertama search engine google.

Web Archive

Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang. w3shools.com mempunyai pengarsipan tutorial-tutorial pada webnya agar tetap bisa di pelajari pemrograman webnya di masa mendatang.


1. Web Pemerintahan (kpk.go.id)


Yang kedua saya akan menganalisis web pemerintahan. Kali ini web yang saya analisis adalah web milik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), yaitu kpk.go.id.

Pengenalan

Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (biasa disingkat KPK) adalah lembaga negara yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan daya guna dan hasil guna terhadap upaya pemberantasan tindak pidana korupsi. KPK bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. Komisi ini didirikan berdasarkan kepada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2002 mengenai Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dalam pelaksanaan tugasnya, KPK berpedoman kepada lima asas, yaitu: kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proporsionalitas. KPK bertanggung jawab kepada publik dan menyampaikan laporannya secara terbuka dan berkala kepada Presiden, DPR, dan BPK.

Ukuran

Dengan menggunakan GTmetrix, bisa dilihat bahwa ukuran frontpage dari web ini cukup kecil (786 kb) dengan jumlah 17 request. 



Page Speed

Dilihat dari gambar yang sama di bagian ukuran, terlihat Page Speed yang dimiliki web ini cukup cepat, sekitar 5.10 detik sehingga GTmetrix memberikan nilai B pada web ini.

Search Engine



Hasil dari pencarian lewat search engine menggunakan keyword "komisi pemberantasan korupsi" sudah sangat baik. Terlihat dari gambar diatas, web pertama yang muncul pada kolom search engine adalah kpk.go.id dengan keterangan jelas dan lengkap seperti alamat, nomor yang bisa dihubungi, dan beberapa quick link untuk halaman-halaman yang penting.

Web Archive


Pengarsipan website pada web ini juga sudah cukup baik. Bisa dilihat di bagian sitemap pada footer web ini. Didalamnya terdapat hampir semua halaman-halaman yang ada di dalam web.

---------------------------------------------------------------

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/W3Schools
http://japariskandar.blogspot.com/2011/03/analisa-w3schoolscom.html
http://gtmetrix.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web/
http://permenit.com/cara-buat-website-di-urutan-pertama-google-2/
http://clickforgamers.blogspot.com/2013/04/pengukuran-web-crawler-search-engine.html/
https://id.wikipedia.org/wiki/Komisi_Pemberantasan_Korupsi_Republik_Indonesia

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment