(Review) Cladun X2 - PSP


(Review) Cladun X2 - PSP - Oke, sekian lama udah ga nulis review lagi. Mumpung lagi mood, jadi kerjain aja sekarang haha. Kali ini saya ingin review game "Cladun X2". Karena buatan Nippon Ichi, pasti ada yang ga normal macem Disgaea lol. Mau tau apa aja? Yuk simak review dibawah.

- STORY (2/5)


Cladun X2 adalah sekuel dari seri sebelumnya. Soal story, simpel. Kita sebagai MC terjebak di dunia yang bernama Arcanus Cella. Karena "terjebak", mau ga mau kita harus cari jalan untuk keluar dari dunia tersebut. Salah satu orang di Arcanus Cella memberitahu kalau satu-satunya cara keluar adalah dengan menyelami dungeon. Banyak yang bisa kamu ketahui sepanjang cerita. Apakah sang MC bisa keluar dari dunia antah berantah? Silakan mainkan game-nya :D.

- GAMEPLAY (5/5)


Disinilah letak ketertarikan game ini. Kalo soal battle system, simpel juga. Masuk ke dungeon, ketemu musuh langsung serang aja pake senjata yang kamu punya, action lah istilahnya. Cuma yang menarik bukan disitu, justru customization-nya yang paling seru dan ga cukup 5-10 menit. Diberi nama "Magic Circle", satu-satunya cara untuk meningkatkan stat kamu ke tingkat semaksimal mungkin. Tapi kamu ga bisa menggunakan Magic Cirle sendiri, kamu butuh minimal 1 orang yang kamu buat sendiri untuk meningkatkan stat di Magic Cirle. Untuk meningkatkan stat di Magic Circle, kamu membutuhkan Artifact yang kegunaannya bermacam-macam sesuai jenisnya seperti menambah HP, ATK, DEF, dan lainnya. Tapi bukan berarti kamu bisa meletakkan Artifact seenaknya, "Mana" pada setiap karakter yang kamu pasang di Magic Circle membatasi kamu untuk menggunakan Artifact. Jadi ya mesti pintar-pintar ngatur Magic Circle, dan disini serunya lol.


Selain kostumisasinya, Kamu bisa membuat karakter sebanyak yang kamu mau dengan Job yang lumayan banyak, sekitar 10 lebih job dengan keunggulan masing-masing. Karakter tersebut akan membantu untuk melakukan kostumisasi Magic Circle. Equipnya pun sangat banyak, dan ada yang disebut Title pada equip. Title akan menambah kemampuan/stat pada equip.


Dan yang paling hebat dari game ini, kamu diberi kebebasan untuk mengedit sprite karakter kamu sendiri! Dan bukan hanya karakter, bahkan equip bisa kamu buat sendiri sprite-nya! Layaknya image editor seperti paint, kamu bebas membuat sendiri kreasi sprite kamu. Mau membuat karakter favorit dari game lain, atau karakter buatan kamu sendiri, terserah. Tidak hanya membuat, tapi kamu juga bisa membuat semacam diagram relationship lol, walaupun ga terlalu berguna, cuma buat seru-seruan aja.


Selain dungeon, kamu juga bisa menjelajah dungeon yang berbeda, yaitu Neo-Geon dan Ran-Geon. Dua dungeon memiliki sekitar 100 lantai, dan setiap lantai kamu akan menaiki tangga dengan jenis tangga yang berbeda-beda. Ada yang meningkatkan/menurunkan drop rate dan title rate, dan menaikkan/menurunkan level monster. Recommended buat kamu yang cari tempat leveling dan cari equip/artifact langka.


Ada juga Tavern, tempat dimana semua karakter yang kamu buat berkumpul. Kamu juga bisa mengunjungi Tavern orang lain dengan melakukan koneksi Ad-hoc ke PSP teman kamu yang main Cladun X2 juga. Kamu juga bisa memberi nama tavern milikmu loh.

Dan satu lagi, Fame. Fame bisa didapatkan dengan memecahkan rekor waktu standar pada setiap dungeon. Apa kegunaannya? Kamu bisa menukarkannya dengan informasi pada Hiyori di Arcanus Cella untuk membuka sesuatu yang baru atau mendapatkan item.

- GRAFIK (2/5)


Jangan bandingkan game ini dengan Watch Dog lol. pixelate 2D membuat kamu seperti bermain game retro. Soal grafik tidak terlalu spesil sebenarnya, cuma keunggulannya seperti yang saya jelaskan di bagian gameplay, kamu diberi kemudahan dan kebebasan untuk mengedit sprite buatan kamu sendiri.

- MUSIC (4/5)

Earcatchy banget~ BGM nya rata-rata asik dan khas. Dan di game ini kamu bisa memilih untuk memakai BGM retro 8-bit atau dengan aransemen modern. Dua-duanya sama-sama asik kok, tergantung selera kamu. Title OP nya yang berjudul "Call of the Dungeon" juga enak :3.



- REPLAY VALUE (5/5)


Cladun X2 memang bukan game yang sekali tamat selesai. Kamu bisa tetap melanjutkan game walaupun sudah menamatkan game ini. Masih ada dungeon baru, dan mungkin kamu belum menyelesaikan Ran-geon atau Neo-geon, sekarang lah saatnya. Seperti yang pertama kali saya bilang, game ini seperti Disgaea, kamu bisa leveling sampai level diatas rata-rata, bikin chara kamu overpowered, dan hal-hal lain yang rada ga normal lol. Intinya, kamu bisa terus main sampai kamu bener-bener bosan dengan karakter kamu yang sudah dewa haha.

- OVERALL (4/5)

Game ini buat kamu yang ingin berlama-lama dengan game yang sama. Banyak yang bisa kamu lakukan di game ini. Kamu diberikan kebebasan untuk melakukan berbagai macam hal yang mungkin tidak ada di game RPg lain. Bagi kamu yang suka game retro, ini recommended banget. Saat ini tidak hanya ada di PSP, Cladun X2 juga tersedia dan bisa kamu beli di Steam. Dan kayaknya untuk versi Steam, kamu bisa main secara Multiplayer. Yang pasti Cladun X2 worth untuk dicoba :D.

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

1 komentar: