Minerva Defeated! (Crisis Core FFVII)

OK, kali ini saya mau sharing "sensasi" saya melawan Minerva, Boss Terkuat di game Crisis Core Final Fantasy VII. Awal termotivasinya lawan boss ini gara-gara pernah di-SMS sama temen forum, katanya "Genesis (last boss) ga gw anggep last boss, tapi Minerva".




Begitu tau, langsung googling kemana-mana. Akhirnya nyasar ke video ini :


Setelah saya lihat video ini, saya bilang "Buset, minerva kalahnya disawer... Mentang-mentang minerva cewek". Karena ga yakin, saya ga pake cara yang di video itu pake. Dan akhirnya berakhirlah pada Eksperimen.

Setelah berjam-jam bereksperimen, inilah materia dan equipment yang saya pake buat lawan Minerva.


Seperti yang bisa dilihat di atas, materia dan equipment yang saya pake :

  1. Costly Punch : Attacker utama, satu-satunya skill yang bisa menghasilkan damage 99999.
  2. Curaga : THE MOST IMPORTANT THING!!! No this thing = DEAD.
  3. Wall : Buat nge-jaga HP biar ga bocor.
  4. SP Master : Ini juga penting banget. Bisa mengurangi damage musuh cukup banyak.
  5. Aerial Drain : Sebenernya ini... *maap* sampah. Ga bisa di-fusion jadi materia yang saya inginkan.
  6. Quake : Ini cuma buat ecounter biasa, buat musuh yang main keroyokan.
  7. Genji Glove : Menggantikan Brutal, lumayan bias critical terus.
  8. Adaman Bangle : Biar HP bisa mentok 99999
  9. Ziedrich : *quote diatas* THE MOST IMPORTANT THING!!! No thist thing = DEAD
  10. Genji Helm : Cuma buat Curaga, biar ga usah pake ether lagi.

Lumayan, gara-gara rajin eksperimen, stat saya jadi 255 semua XD *maaf ya LCK*.
OK, lanjut ke battle~ Cukup menguras pikiran, karena harus bener-bener main otak, kayak nentuin timing buat menghindar, kapan harus nge-heal, dan lain-lainnya.


Lihat screenshot diatas. Attack 99999 (Critical lagi) udah sama sekali ga special. Liat di Gamefaqs, HP Minerva itu 10 Juta, jadi kurang lebih mesti ngegebuk 100 kali buat ngalahin Minerva. Ga bakal ada yang namanya DMW, jadi jangan berharap bisa dapet heal gratis ==". Trik saya saat melawan Minerva :
  1. Pake Phoenix Down
  2. Cast Wall
  3. Serang terus pake Costly Punch
  4. Rajin-rajin menghindar dan guard
  5. Kalo sekarat, ambil jarak, cast Curaga


Lanjut ke attack-nya si Minerva. Yang pertama, Thor's Hammer. Ga terlalu berbahaya kalo udah pake Wall. Damagenya ga sampe 10 ribu, kalo di guard bisa lebih kecil lagi. Tepi lebih baik menghindar karena masih gampang dihindarin.


Nah, ini dia yang cukup ngeselin, Flash Slash. Serangannya lebih sakit dari magic-magic yang dia pake. Kalo ga dihindarin atau di-guard, damage-nya bisa sampe 40 ribu. Cukup berbahaya (mungkin "sangat").


Selanjutnya, Krysta. Damage-nya hampir sama kayak Thor's Hammer, tapi yang bikin ngeselin, magic satu ini agak susah buat dihindarin, jadi butuh timing buat ngehindarinnya. Jujur, Saya sendiri belum pernah nyoba nge-guard magic yang satu ini XD.


Sekarang, Crimson Flame. Emang bentuknya sama kayak Fire biasa, tapi hati-hati, yang satu ini homing, alias bisa ngejar. Salah satu magic yang bisa dibilang lumayan sakit, karena bisa menghasilkan damage kurang lebih 3 ribu. Satu-satunya cara, Guard, karena bisa meng-compress damage sampai 1/10, jadi damage kurang lebih cuma 3 ribu. Daripada ngindar, nanti malah dikejar-kejar kayak lagi main polisi maling (?).


Lanjut~ #phew. Photon Feather. Ga terlalu bermasalah sama yang satu ini. Damage-nya ga gede. Cukup pantengin pas didepan Minerva, Kalau beruntung, ga bakal kena damage XD Bisa dihindarin atau di-guard.
Kemudian, Absolute Barrier. Maaf, ga sempet ngasih screenshot, soalnya lupa di-SS XD. Yang ini cukup menguras waktu, karena bisa bikin Minerva invicible selama beberapa menit. Selama minerva invicible, kita ga bisa ngapa-ngapain kecual nge-heal sambil kabur-kaburan.


Nah, ini dia yang paling ngeselin. Judgement Arrow, Power Surge-nya sih Minerva. Damage-nya sih ga jauh beda sama Crimson Flame, tapi effect-nya itu... Menghilangkan status tambahan kita (kayak barrier, Mbarrier, raise, dll). Jadi setelah ini, harus cepet-cepet nge-cast ulang Wall sama pake Phoenix Down. Biasanya habis serangan ini, dia langsung lanjut pake Flash Slash. Jadi langsung ambil jarak secepet-cepetnya.

Dan yang terakhir, ULTIMA. Maap ga ngasih screenshot juga #nunduk. Ini yang JAUH lebih ngeselin dari serangan-serangan diatas yang saya bilang ngeselin juga. Kalo ga di-guard, tanpa kecuali, 99999... jadi harus cepet-cepet guard kalo dia pake Ultima. Siapin status Raise buat jaga-jaga. Biasanya kalo Minerva udah ngeluarin Ultima, berarti dia udah sekarat.

Capek ya... #phew Sebenernya masih ada lagi skill-skillnya Minerva, tapi yang lain ga terlalu jadi masalah. Yah, tips dari saya cuma tetep standby, jangan sampai lengah karena bisa sangat berbahaya...
(ngomong-ngomong ini curcol atau Walkthrough ???)
Setelah (mungkin) kurang lebih 15 menit,


Akhirnya saya bisa ngalahin nih boss. Saya ngalahin nih boss pas saya sendiri lagi di dapur sambil makan gorengan XD *Jangan Ditiru*. Setelah jingkrak-jingkrakan, akhirnya hasil dari melawan Minerva pun dapat.


Yohoooooo~ lumayan lah buat jadi main equipment saya yang baru #oohh dan setelah berhasil mengalahkan Minerva, maka saya melakukan Reshuffle (emang pemerintah?) terhadap semua materia dan equipment yang saya pake.


Ga beda jauh sih dari yang sebelumnya. Cuma stat SP Master saya ganti jadi LCK yang terabaikan sebelumnya. Dan untuk equipment, saya langsung pake Divine Slayer buat gantiin Genji Glove dan Adamant Bangle + Good-luck Charm buat nambahin LCK. Dengan hasil Reshuffle ini, maka semua Stat saya mentok 255 #iyay

Tapi ada satu yang SANGAT disayangkan, karena lebih mementingkan Story daripada Mission, jadi sebagian misi ada yang udah ga bisa didapetin lagi. So, saya ga bakal bisa nyelesein misi sampai 100% #nooo Tapi niatnya mau lanjut ke New Game +, jadi mungkin saya bisa memperbaiki kesalahan saya sebelumnya.

----------------------------------------------------------

Hanya itu yang bisa saya sampaikan (formal amat XD). Setelah 1,5 jam, akhirnya curhatan saya selesai... #phew Mudah-mudahan buat yang baca artikel ini (terutama yang lagi main Crisis Core juga) bisa sedikit terbantu.

(Thanks buat Ian & Mog yang udah memotivasi saya buat main CCFFVII karena sebelumnya males maininnya karena sistemnya Mission-based.)

Sumber : Saya sendiri. Gambar dari PSP saya sendiri.
(02-12-2011)

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

4 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. gan cara naikin levelnya zack gimana supaya jadi 81? & slot accesoriesnya ada 4 ? ane mau lawan boss terakhir di story (genesis) tapi level masih 40... maaf ane newbie

    ReplyDelete
  3. Selesein mission aja gan. di misi tertentu ada yang buat ngebuka accessories. itu level 81 karna misinya udah hampir selesai semua. ane juga dah rada2 lupa >.<

    ReplyDelete
  4. tips nya bantu banget...gan

    ReplyDelete