(Tugas) Sikap Menghargai Waktu

Untuk tugas kali ini, saya akan memberi pendapat saya tentang "Sikap Menghargai Waktu".

Waktu tidak bisa lepas dari kehidupan kita. Waktu adalah bagian dari kehidupan yang tidak bisa kita hindari. Menurut orang bijak, waktu adalah ulang. Menurut ajaran agama, waktu adalah anugrah dan kesempatan. Segala kegiatan yang kita lakukan semasa hidup memiliki waktu, baik yang sudah lalu, saat ini, maupun yang akan datang. Waktu tidak bisa kita ulang, percepat, maupun perlambat. Untuk itulah, menghargai waktu adalah bagian dari menghargai kehidupan kita yang hanya sebentar ini.

Saya sendiri, jujur saja bukanlah orang yang benar-benar bijak dalam memanfaatkan waktu. Saya lebih suka menghabiskan waktu kosong saya untuk duduk di depan laptop maupun mengobrol dengan teman. Tapi bukan berarti apa yang saya lakukan adalah hal yang sia-sia. Tidak jarang saat waktu kosong saya suka mempelajari hal-hal yang saya suka seperti pemrograman, editing, dan musik. Di rumah pun bisa dibilang saya sering membantu orang tua untuk melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci piring dan sebagainya. Selama waktu kita gunakan untuk melakukan kegiatan tertentu, menurut saya itu sama sekali tidak sia-sia.

Soal menghargai waktu, sebenarnya banyak hal simpel yang bisa kita terapkan sehari-hari. Yang paling simpel saja, bangun tepat waktu. Kita pasti pernah mengalami yang namanya ketiduran. Saat kita masih sekolah, kita dituntut untuk bangun pagi dan berangkat sekolah tepat waktu. Jika kita memiliki kesadaran akan waktu, pasti kita akan berpikir untuk bagaimana caranya agar tidak terlambat datang ke sekolah, salah satunya adalah dengan memasang alarm pada jam maupun handphone. Contoh lainnya adalah tidak ngaret. Istilah jam karet rasanya sudah menjadi hal yang biasanya bagi sebagian besar orang Indonesia. Misalkan ketika kita memiliki janji untuk bertemu dengan seseorang pada jam tertentu, tapi kita sering meremehkannya dengan datang sedikit terlambat dari seharusnya dengan alasan yang bermacam-macam. Kenyataannya hal itu sangat tidak baik. Mungkin kita hanya telat beberapa menit, tapi waktu tetaplah waktu yang tidak bisa kembali. Walaupun hanya beberapa menit, waktu produktif pun terbuang. Selain tidak menghargai diri sendiri, tetapi juga orang lain. 

Untuk itu, mungkin ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya : 

1. Bangun tepat waktu

Bangunlah jika alarm sudah bordering. Jangan mematikan alarm yang telah bordering dan kemudian tidur kembali, kebanyakan orang cenderung melakukan hal tersebut. Ketika kita bangun tepat waktu, kita akan memiliki cukup waktu untuk menyiapkan hal yang akan dilakukan tanpa terburu-buru. Kita juga dapat melakukan hal lain, seperti berjalan-jalan pagi. Jangan biasakan tidur terlalu larut!

2. Mulai pekerjaan lain jika sudah menyelesaikan pekerjaan sebelumnya

Jangan mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu yang bersamaan. Untuk menghemat waktu, fokuslah pada satu pekerjaan yang sedang kita lakukan, setelah selesai, baru kita mengerjakan yang lainnya. Jangan pula berpikir untuk memecahkan masalah lain saat sedang mengerjakan satu hal.

3. Kurangi waktu browsing internet tanpa tujuan atau chatting

Banyak dari kita yang tergoda dengan berbagai situs di internet sehingga kita membuka, melihat, dan membacanya. Hal ini dapat dilakukan di ponsel atau komputer kita. Tak jarang juga kita menghabiskan waktu untuk sekadar chatting atau bermain game. Jika kita bisa menolak diri untuk tidak menghabiskan waktu pada gadget kita, kita dapat menyimpan banyak waktu untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat.

4. Menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan sebelum bekerja

Misalnya saja kita akan menggantung bingkat di dinding, sebaiknya kita menyiapkan bangku, paku, dan palu sebelumnya. Hal ini agar kita tidak menghabisakan waktu untuk bolak-balik mengambil barang yang diperlukan di tempat yang bisa jadi terpisah.

5. Meletakkan segala peralatan pada tempatnya

Kita harus meletakkan barang-barang milik kita sesuai pada tempatnya dan sama setiap harinya. Hal ini akan memudahkan kita, sehingga kita tidak membuang waktu untuk mencari-cari barang yang kita butuhkan.

SHARE ON:



Legaiabay is a random people who loves playing video games so much and (maybe) an hardcore console gamer. Just writing what I like in good mood, except college work lol. Enjoy, nothing here will interest you :D

    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment